Sponsors Link

12 Faktor Untuk Menentukan Sarana Komunikasi

Sponsors Link

Dalam menyampaikan tujuan atau pesan, terkadang dibutuhkan sarana komunikasi dalam penyampaiannya. Macam-macam media komunikasi atau sarana komunikasi semakin berkembang saat ini.

ads

Mulai dari poster, baliho, radio, internet, dan sarana komunikasi canggih lainnya semakin mempermudah komunikasi saat ini. Namun hal yang paling penting dari sarana komunikasi adalah penentuan dan pemilihannya yang tepat agar pesan yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Berikut adalah beberapa faktor untuk menentukan sarana komunikasi yang tepat:

1. Harga

Memilih sarana komunikasi sebaiknya ditentukan sesuai dengan dana yang dimiliki. Jangan memaksakan diri untuk memilih sarana komunikasi yang harganya justru melebihi dana yang dimiliki.

Ingatlah bahwa komunikasi tidak hanya membutuhkan pengeluaran yang sekali saja dikeluarkan tapi berkali-kali karena komunikasi tidak hanya berlangsung sekali saja. Jadi pastikan uang Anda mencukupi untuk melakukan komunikasi selanjutnya.

2. Kenyamanan

Sarana komunikasi yang dipilih haruslah nyaman digunakan. Penggunaan sarana komunikasi yang efektif adalah sarana komunikasi yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya, baik si pengirim pesan maupun penerima pesan.

Baca juga:

3. Kemampuan pengirim pesan

Meskipun banyak terdapat pilihan sarana komunikasi saat ini, namun ternyata tidak semua orang mampu menggunakan sarana komunikasi yang ada. Kemampuan pengirim pesan haruslah sesuai dengan sarana komunikasi yag dipilih. Jangan sampai pemilihan sarana komunikasi dilakukan tanpa diikuti oleh pengetahuan yang cukup.

4. Kemampuan penerima pesan

Bukan hanya kemampuan si pengirim pesan saja yang diperlukan dalam menentukan sarana komunikasi yang diperlukan, tapi juga kemampuan si penerima pesan.

Si penerima pesan juga harus mempunyai kemampuan dalam menggunakan sarana komunikasi yang ada. Jika salah satunya tidak memiliki pengetahuan mengenai cara berkomunikasi melalui sarana komunikasi yang telah dipilih, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan baik, bahkan mungkin tidak akan terjadi.

5. Usia penerima pesan

Perhatikan pula usia dari penerima pesan yang akan dikirim. Jika ia adalah seorang yang sudah dalam usia lanjut, maka pastikan bahwa sarana komunikasi yang dipilih adalah yang dimengerti olehnya.

Sponsors Link

Misalnya saja pemilihan sarana komunikasi internet. Sedangkan banyak lansia yang tidak mengerti penggunaan internet dalam berkomunikasi tentunya akan menjadi hambatan-hambatan dalam komunikasi.

Pemilihan sarana komunikasi melalui surat atau telepon bagi penerima pesan yang telah lanjut usia mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik.

6. Kondisi fisik 

Pemilihan sarana komunikasi juga harus disesuaikan dengan kondisi fisikm baik di penerima pesan maupun pengirim pesan. Misalnya saja, tidak mungkin Anda mengirimkan pesan berupa pesan singkat melalui ponsel kepada seorang yang tuna netra.

Pesan yang Anda kirimkan pastinya tidak akan dipahami dan diterima dengan baik olehnya. Maka pilihlah sarana komunikasi yang memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan dengan baik, misalnya melalui pesan suara atau telepon.

Jika ingin menyampaikan berupa teks tertulis bisa dengan menggunakan teks dengan huruf braile. Pastikan setiap sarana komunikasi yang dipilih sudah sangat tepat sesuai dengan kondidi fisik penerima pesan sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Baca juga :

ads

7. Lokasi

Pemilihan sarana komunikasi juga bergantung pada lokasi. Misalnya pada penerima pesan yang berada di daerah hutan yang tidak terjangkau sarana atau media komunikasi modern, maka bisa menggunakan merpati sebagai sarana komunikasi. Merpati dulu banyak digunakan sebagai penyampai pesan karena keahliannya dalam menghafal rute.

Begitu pula ketika ingin menyampaikan pesan yang bisa dilihat dari jarak jauh oleh banyak orang, sarana komunikasi yang dipilih haruslah jelas terlihat dari jauh, misalnya billboard.

8. Daya sebar

Sarana komunikasi yang digunakan untuk komunikasi massa sebaiknya adalah sarana komunikasi yang mempunyai daya sebar lebih luas, misalnya internet sebagai media komunikasi. Internet mempunyai daya sebar hingga ke seluruh dunia sehingga sangat tepat digunakan untuk sarana komunikasi massa.

Kemampuan internet dalam menyebarkan informasi secara cepat dan luas akan sangat membantu penyebaran informasi yang penting dan aktual. Bahkan internet juga merupakan sarana komunikasi yang murah bahkan gratis saat ini.

Baca Juga :

9. Isi pesan

Dalam komunikasi, perlu diperhatikan pula isi pesan yang akan disampaikan. Isi pesan sangat mempengaruhi pemilihan sarana komunikasi yang efektif.

Misalnya saja jika isi pesan yang ingin disampaikan adalah pesan yang penting dan darurat, maka gunakan telepon sebagai sarana komunikasi.

Kemampuan telepon dalam menghubungkan orang secara real time sangat membantu dalam menyampaikan pesan penting dan darurat.

Namun jika isi pesannya tidak begitu darurat, maka bisa digunakan surat sebagai sarana komunikasi. Pemilihan sarana komunikasi juga harus mementingkan kecepatan sarana komunikasi dalam menyampaikan pesan.

10. Sifat pesan

Ada banyak sarana komunikasi yang tersedia saat ini, mulai dari yang kecil hingga besar, dan yang formal dan informal. Jika ingin memilih sarana komunikasi yang tepat, maka sebaiknya pastikan juga sarana komunikasi tersebut sesuai dengan sifat pesan.

Jika pesan yang ingin disampaikan bersifat resmi, maka sebaiknya gunakanlah sarana komunikasi yang mempunyai rekam jejak seperti surat atau email sehingga pesan yang disampaikan bisa dilihat kembali ke depannya.

Sedangkan untuk pesan yang bersifat tidak resmi, sarana komunikasi yang digunakan bisa apa saja karena tidak membutuhkan rekam jejak untuk ke depannya.

Hanya saja perlu dilihat apakah komunikasi yang akan dilakukan bersifat pribadi atau tidak. Gunakan sarana komunikasi yang lebih terlindungi untuk berkomunikasi secara pribadi dan gunakan sarana komunikasi massa untuk komunikasi yang lebih bersifat kelompok.

Baca juga:

11. Daya tahan sarana komunikasi

Pemilihan sarana komunikasi juga bergantung pada berapa lama pesan akan disampaikan. Misalnya saja untuk sebuah pengumuman mengenai pemilu kepada masyarakat, maka bisa menggunakan baliho atau billboard.

Sarana komunikasi ini akan lebih tahan lama dibandingkan poster yang gampang rusak terkena hujan. Atau bisa juga menggunakan sarana komunikasi televisi yang lebih tahan lama, namun ongkos yang dibutuhkan juga tentunya akan jauh lebih besar.

12. Sarana komunikasi gratis

Bagi yang tidak memiliki dana yang cukup dalam melakukan komunikasi, terutama komunikasi massa, maka bisa menggunakan internet sebagai media komunikasi. Internet bukan hanya gratis, tapi juga memiliki daya sebar yang luas bahkan hingga ke seluruh dunia.

Kemajuan dalam komunikasi daring seperti ini juga semakin memudahkan siapa saja untuk berkomunikasi dimana saja.

Itulah 12 faktor untuk menentukan sarana komunikasi yang tepat dalam melakukan komunikasi yang efektif dan efisien. Pemilihan sarana komunikasi yang tepat tentunya juga akan membuat komunikasi menjadi lebih lancar dan tepat sasaran.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi