Sponsors Link

12 Faktor Munculnya Komunikasi Antar Budaya

Sponsors Link

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain di dalam hidupnya. Maka dari itu, muncullah komunikasi dimana di dalamnya disampaikan apapun yang menjadi kebutuhan dan tujuan kita.

ads

Ada berbagai jenis komunikasi yang terjadi setiap harinya dan salah satunya adalah komunikasi antar budaya.

Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang terjadi antar budaya yang berbeda, bisa terjadi pada 2 budaya atau lebih. Munculnya komunikasi antar budaya akan memberikan dampak yang baik, mulai dari pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan hingga penyelesaian persengketaan.

Komunikasi antar budaya dapat terjadi karena berbagai faktor. Untuk lebih memahaminya, berikut kami sampaikan beberapa faktor munculnya komunikasi antar budaya sebagai berikut:

1. Persepsi diri

Sebagaimana komunikasi pada umumnya dimana suatu komunikasi akan terjadi ketika terdapat persepsi diri yang cukup layak untuk melakukan komunikasi dengan orang lain, terutama dengan orang yang budayanya berbeda. Ketika seseorang menilai dirinya cukup baik dan layak berkomunikasi dengan orang lain, maka komunikasi antar budaya pun akan terjadi.

Misalnya saja kemampuannya dalam berbahasa asing atau kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi orang baru.

2. Ketertarikan

Perbedaan budaya yang terjadi pada dua personal yang berkomunikasi juga dapat menjadi faktor munculnya komunikasi antar budaya yang diakibatkan adanya rasa tertarik satu sama lain. Rasa saling tertarik satu sama lain menjadi penyebab paling besar terjadinya komunikasi antar budaya.

Hal ini banyak terjadi akhir-akhir ini, misalnya saja ketertarikan pelajar terhadap kebudayan Jepang yang semakin meningkat juga akan meningkatkan jumlah komunikasi antar pelajar Indonesia dengan orang Jepang.

Baca juga:

3. Pembelajaran

Faktor munculnya komunikasi antar budaya lainnya adalah pembelajaran. Banyak orang yang melakukan penelitian terhadap kebudayaan lain untuk dipelajari lebih lanjut, baik untuk tujuan ilmu pengetahuan maupun tujuan lainnya.

Dengan kebutuhan akan informasi yang lebih tentang kebudayaan yang dipelajari inilah yang menyebabkan timbulnya komunikasi antar budaya.

4. Sikap menghormati kebudayaan lain

Selain rasa ketertarikan yang besar, rasa menghormati kebudayaan orang lain juga menjadi pemicu timbulnya komunikasi antar budaya. Rasa menghargai dan menghormati kebudayaan bangsa lain membuat seseorang menjadi tertarik untuk menjadi bagian dari kebudayaan tersebut.

Sponsors Link

5. Kepentingan ekonomi

Komunikasi antar budaya juga bisa terjadi akibat adanya kepentingan ekonomi. Hal ini banyak terjadi pada hampir semua negara di seluruh dunia.

Setiap negara pastinya akan saling membutuhkan satu sama lain, terutama dalam hal perekonomian. Misalnya saja Indonesia yang banyak memiliki investor dari Jepang. Kepentingan ekonomi yang terjadi antara pihak Indonesia dan Jepang tentunya akan menimbulkan adanya komunikasi anatar budaya.

Komunikasi antar budaya yang terjadi harus dipertahankan dan dijaga dengan baik oleh kedua belah pihak demi kepentingan ekonomi masing-masing.

Dengan komunikasi antar budaya yang baik, maka kepentingan ekonomi yang terjadi antara kedua belah pihak juga akan dapat berjalan dengan baik pula.

Baca Juga :

ads

6. Kepentingan politik

Setiap negara bukan hanya memiliki kepentingan ekonomi, namun juga ada kepentingan politik antar negara. Dari adanya kepentingan politik antar negara inilah muncul komunikasi antar budaya.

Sama halnya dengan komunikasi antar budaya yang terjadi karena adanya kepentingan ekonomi, komunikasi yang efektif juga akan berimbas baik pada kepentingan politik antar negara.

7. Keanggotaan

Saat ini, telah banyak didirikan beberapa komunitas atau kelompok tertentu. Komunitas ini bukan hanya berisikan orang-orang yang ada di satu daerah saja, melainkan bisa di seluruh dunia.

Misalnya saja komunitas pecinta game online. Komunitas pecinta game online biasanya berisikan orang-orang yang menyukai satu game dari seluruh dunia.

Komunitas yang terbentuk karena kecintaan pada game yang sama inilah yang menimbulkan adanya komunikasi antar budaya. Rasa saling membutuhkan informasi dan ketertarikan pada topik yang sama membuat mereka melakukan komunikasi secara intens.

8. Masalah

Bukan hanya karena adanya rasa saling menghormati dan ketertarikan saja yang membuat orang melakukan komunikasi antar budaya, tapi juga karena adanya masalah yang terjadi. Misalnya saja perebutan batas daerah antar suatu negara yang membuat kedua belah pihak mejadi bersengketa.

Untuk menyelesaikan masalah ini secara diplomatis, tentulah akan terjadi komunikasi antar budaya. Komunikasi antar budaya inilah yang nantinya akan menyelesaikan masalah batas daerah yang terjadi.

Namun komunikasi antar budaya yang terjadi akan jauh lebih alot dibandingkan dengan komunikasi pada umumnya. Maka dari itu, sangat diperlukan orang yang benar-benar memiliki kemampuan untuk melakukan negosiasi.

9. Rasa simpati

Beberapa tahun belakangan, banyak terjadi konflik di negara-negara Timur Tengah. Kemerawutan dan peperangan yang terjadi di sana menimbulkan banyak sekali komunikasi antar budaya yang ditujukan untuk menyampaikan rasa simpati dan empati mereka kepada negara yang sedang mengalami konflik.

Rasa simpati dan empati yang ditujukan melalui macam-macam media komunikasi ini akan menimbulkan komunikasi antar budaya yang sangat baik.

Baca juga:

10. Wisata

Hal lain yang dapat menimbulkan adanya komunikasi antar budaya adalah kegiatan wisata. Kegiatan wisata yang dilakukan oleh seorang wisatawan ketika memasuki daerah wisata yang memiliki kebudayaan yang berbeda dari budayanya tentunya juga akan menimbulkan komunikasi.

Ketika seorang turis datang tentunya ia akan melakukan komunikasi baik untuk menanyakan arah tujuan wisata maupun menanyakan perihal sejarah tempat wisata tersebut pada orang di sekitar objek wisata. Komunikasi antar budaya seperti ini biasanya menggunakan bahasa internasional, yakni bahasa Inggris sebagai pengantarnya.

11. Kewajiban

Ketika seseorang memiliki kewajiban atau beban kerja dimana ia harus melakukan kontak dengan pihak luar, maka disitulah terjadi komunikasi antar budaya.

Suatu perusahaan yang besar biasanya akan melakukan beberapa kerjasama dengan pihak luar negeri untuk memperkuat perusahaannya, misalnya dengan melakukan training pada pegawainya di luar negeri. Dengan begitu, para pegawai yang bekerja di perusahaannya akan mendapatkan sumber daya manusia yang jauh lebih berkualitas.

12. Ikatan keluarga

Suatu hubungan asmara yang berujung pada pernikahan juga akan memungkinkan terjadinya komunikasi antar budaya. Misalnya saja seorang yang berasal dari keluarga Jawa menikah dengan seorang yang berasal dari keluarga Batak, maka dalam pernikahan tersebut tentunya akan terjadi komunikasi antar budaya, baik oleh kedua pasangan maupun pihak keluarga masing-masing.

Itulah 12 faktor munculnya komunikasi antar budaya yang perlu Anda ketahui. Komunikasi antar budaya merupakan salah satu bentuk keberagaman dan bukti bahwa manusia memang saling membutuhkan satu sama lain. Komunikasi antar budaya juga akan meningkatkan rasa saling menghargai pada kebudayaan masing-masing.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :