Sponsors Link

12 Efek Pesan Iklan Terhadap Penggunaan Produk Pemasaran

Sponsors Link

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi satu arah yang dilakukan oleh produsen atau distributor kepada pembeli atau konsumennya. Iklan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pembelian. Maka dari itu, iklan selalu menjadi salah satu pilihan terbaik bagi pemasaran sebuah produk.

ads

Untuk lebih mengetahui tentang efek dari iklan, berikut ini adalah efek pesan iklan terhadap penggunaan produk pemasaran:

1. Meningkatkan minat beli

Seseorang yang merasa tertarik dan setuju dengan pesan iklan yang ditampilkan tentu akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut. Sebuah iklan dapat membuat seseorang yang tidak ingin menggunakan produk justru bersedia menggunakann produk tersebut.

Kuatnya efek dari pesan iklan yang seperti inilah yang akan mendongkrak penjualan produk. Maka dari itu, sangat penting untuk menemukan pesan yang benar-benar pas dan menarik bagi para konsumen.

Baca juga :

2. Meningkatkan brand awareness

Fungsi dari iklan sebuah produk bukan hanya sebagai peningkat penjualan tapi juga sebagai pemicu munculnya brand awareness pada konsumen. Dengan menggunakan pesan iklan yang tepat, maka konsumen akan lebih mudah mengenali produk dimana pun ia berada.


Pesan iklan yang digunakan sebaiknya singkat, padat, dan mudah diingat sehingga konsumen akan lebih mudah mengingat pesan tersebut sebagai bagian penting dari identifikasi produk.

3. Memudahkan konsumen menggunakan produk

Pesan iklan pada media massa tentu akan sangat mempengaruhi penggunaan barang pada konsumen setelah membeli. Maka dari itu, rangkaian kalimat yang terkandung dalam iklan harus dijabarkan dengan baik, mudah dipahami, dan sesingkat mungkin sehingga masyarakat dapat dengan mudah memahami cara penggunaan produk.

Baca juga:

Cara penggunaan produk dalam iklan tidak harus selalu berupa kalimat, tapi juga bisa langsung disampaikan dalam bentuk tindakan langsung selama iklan. Dengan begini, konsumen akan langsung paham cara penggunaan produk hanya dengan melihat iklan.

4. Membuat konsumen menjadi lebih konsumtif

Pesan dalam sebuah iklan juga sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang yang merupakan salah satu efek pesan iklan terhadap penggunaan produk pemasaran. Sebagian besar konsumen akan menjadi lebih konsumtif ketika menerima iklan yang menurutnya akan membuat hidupnya menjadi lebih baik. Ia bahkan akan melakukan pembelian produk melebihi dari jumlah yang seharusnya ia butuhkan.

5. Menimbulkan kepercayaan pada konsumen

Pesan iklan yang membawa kesan positif tentu akan memberikan kepercayaan pada masyarakat mengenai produk tersebut. Konsumen akan lebih percaya untuk menggunakan produk yang ditawarkan ketika merasakan kesan positif dari iklan yang dihilatnya.

Kepercayaan konsumen adalah hal yang paling penting yang harus dibangun. Maka dari itu, pemilihan pesan iklan yang tepat dan mudah diterima merupakan poin penting dalam sebuah pembuatan iklan produk.

6. Mendapat penjelasan secara langsung

Pesan dalam sebuah iklan juga akan membuat konsumen dengan mudah mendapatkan penjelasan dari sebuah produk tanpa harus bertanya ke tempat khusus. Hal ini tentu akan memudahkan konsumen untuk memilih produk yang ia sukai sebelum mendatangi produk tersebut secara langsung.

7. Menciptakan persepsi khusus

Sebuah iklan akan membawa konsumen pada persepsi khusus atau pribadi mengenai produk yang ditawarkan. Persepsi yang dibangun lewat sebuah iklan adalah penilaian dan kepercayaan yang baik pad aproduk tersebut. Dengan pemilihan iklan yang tepat, maka akan tercipta pula persepsi yang baik di mata konsumen. Jika sudah begini, maka konsumen akan melakukan pembelian karena persepsi yang baik tersebut.

Baca juga:

8. Menjadi lebih peduli lingkungan

Pesan iklan yang menampilkan keramahan produk terhadap lingkungan sekitar juga akan membuat konsumen ikut lebih aktif lagi dalam tindakan peduli lingkungan hidup. Hal ini tentu saja memberikan dampak yang sangat positif, baik pada diri konsumen, maupun bagi lingkungan sekitarnya.

Akhir-akhir ini memang banyak sekali perusahaan yang menggunakan ikaln dengan pesan lingkungan hidup untuk menarik konsumen. Konsumen yang tergerak hatinya pun juga akan ikut berpartisipasi dalam gerakan menyehatkan lingkungan ini.


9. Meningkatkan kesadaran agar lebih selektif

Pesan dalam sebuah iklan juga dapat meningkatkan kesadaran konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk yang baik. Kesadaran ini membuat konsumen lebih bijak dalam meilih produk yang lebih sehat, ramah lingkungan, dan terjangkau.

10. Menurunkan penjualan

Efek pesan iklan terhadap penggunaan produk pemasaran tak hanya memberikan dampak positif pada penggunaan produk, sebuah pesan iklan juga akan memberikan dampak negatif pada produk jika iklan yang ditampilkan mengandung unsur yang tidak menyenangkan seperti SARA. Ketika konsumen menganggap bahwa isi pesan iklan adalah sebuah penghinaan atau bentuk sindiran, maka biasanya konsumen akan enggan menggunakan produk tersebut.

11. Memboikot produk

Bagi konsumen yang menghentikan pembelian produk mungkin hanya akan menurunkan jumlah penjualan produk, namun ada pula konsumen yang bereaksi keras dan melakukan hal yang dapat merugikan perusahaan, yakni bentuk pemboikotan produk.

Jika konsumen hanya menghentikan penggunaan produk, mungkin hanya akan berdampak pada jumlah penjualan yang sangat sedikit. Namun ada pula konsumen yang bereaksi keras dengan melakukan pemboikotan produk. Pemboikotan produk dilakukan tak hanya dengan berhenti membeli, tapi juga menyerukan kepada khalayak ramai agar ikut menghentikan pembelian dan bahkan melarang penjualan.

Baca juga:

12. Menimbulkan kejenuhan

Iklan yang terlalu sering atau berulang-ulang ditampilkan pada konsumen juga akan menyebabkan konsumen menjadi mudah jenuh. Kejenuhan ini juga dapat berdampak buruk pada penggunaan produk sehingga konsumen akan menghentikan pembelian.

Itulah 12 pengaruh efek iklan terhadap penggunaan produk pemasaran. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :