Sponsors Link

6 Fungsi Keterangan Waktu dalam Teks Berita

Sponsors Link

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap individu tidak akan lepas dengan yang namanya berita karena fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari sangatlah signifikan. Terlebih lagi dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi komunikasi yang menjadikan berita mudah didapatkan dan disebarkan.

ads

Namun tahukah anda bahwa tidak semua informasi yang di sampaikan dapat tergolong sebagai berita? Karena sebenarnya apa yang dianggap sebagai satu berita adalah semua informasi yang telah dilaporkan dan disiarkan ke khalayak umum seperti melalui media massa.

Di dalam media massa sendiri nantinya juga terdapat teks berita atau yang juga dikenal sebagai news item. Teks berita merupakan suatu teks yang berasal dari media massa baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun juga dari media internet.

Di dalam teks berita akan terdapat suatu informasi mengenai kejadian-kejadian  ataupun informasi yang layak untuk diberitahukan kepada khalayak umum dalam proses komunikasi massa dalam masyarakat. Dimana terdiri dari unsur-unsur berita seperti when, why, what, dan lainnya yang termasuk dalam 5W+1H.

Salah satu unsur yang harus adalah adalah when atau kapan waktu berlangsungnya kejadian yang diinformasikan. Mengapa keterangan waktu dalam teks berita penting? Berikut ini beberapa fungsi keterangan waktu dalam teks berita:

1 . Menjadi Salah Satu Unsur Berita

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa keterangan waktu atau when merupakan unsur penting dalam teks berita. Oleh sebab itu fungsinya pun juga menjadi bagian unsur -unsur berita agar berita atau informasi yang disampaikan sesuai dengan waktu atau fakta kejadian.

Baca juga :

2. Bagian dari Background Event

Selain sebagai bagian dari unsur teks berita, keterangan waktu juga merupakan bagian dari ciri-ciri teks berita. Dimana salah satu ciri-cirinya adalah terdapat background event.

Background event sendiri merupakan latar belakang dari informasi atau kejadian yang disampaikan, termasuk didalamnya adalah keterangan waktu kejadian, tempat kejadian, individu-individu yang terlibat, dan keterangan lainnya.

3. Memberitahu Waktu Kejadian

Jika dilihat sekilas fungsi keterangan waktu yang paling utama adalah untuk memberikan keterangan ataupun informasi terkait dengan waktu suatu peristiwa terjadi. Beberapa keterangan didalamnya seperti keterangan hari, tanggal, jam, dan lain sebagainya.

Sehingga penerima berita dapat mengetahui secara pasti kapan peristiwa atau berita yang disampaikan terjadi. Ini juga merupakan salah satu bagian dari hal yang harus diperhatikan dalam penyajian berita online maupun cetak.

4. Meyakinkan Pembaca atau Penerima Berita

Fungsi keterangan waktu selanjutnya adalah untuk meyakinkan pembaca atau penerima berita. Hal ini juga berkaitan dengan semakin banyaknya berita hoax atau berita yang kebenarannya masih dipertanyakan.

Dengan adanya keterangan waktu maka penerima berita dapat lebih yakin bahwa memang berita atau informasi yang disampaikan benar adanya, sehingga dalam menjalankan fungsi fakta dalam berita.

Baca juga :

5. Pelengkap Isi Berita

Keterangan waktu juga berfungsi sebagai pelengkap dari isi berita. Tanpa adanya keterangan waktu yang disampaikan maka akan menjadikan berita yang disampaikan menjadi tidak lengkap.

Ketika isi berita tidak lengkap maka dapat mengarahkan keraguan pada penerima berita, atau bahkan juga menurunkan niat baca terhadap teks berita yang disampaikan.

6. Memudahkan Pembaca Mencari Informasi atau Berita yang Relevan

Fungsi keterangan waktu dalam teks berita yang terakhir adalah dapat memudahkan pembaca mencari informasi atau berita yang relevan. Tidak sedikit pembaca berita gemar mencari-cari informasi lain terkait dengan berita yang diterimanya. Oleh sebab itu, dengan adanya keterangan waktu dapat membantu pembaca berita lebih mudah mencari informasi lainnya yang relevan.

Itulah beberapa fungsi keterangan waktu dalam teks berita. Walaupun keterangan waktu penting ada pada setiap teks berita, bukan berarti keterangan maupun unsur lainnya tidak penting. Karena suatu teks berita atau berita akan lengkap dan layak untuk disebarkan pada khalayak umum apabila semua komponen atau unsurnya terkandung didalamnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa