Sponsors Link

6 Peran Persepsi dalam Hubungan Antar Pribadi (Positif dan Negatif)

Sponsors Link

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan adanya perbedaan persepsi atau pendapat? Didalam sebuah hubungan baik antar kelompok maupun hubungan antar pribadi pasti banyak menimbulkan persepsi-persepsi pada individu yang berbeda-beda. Adanya persepsi di dalam berlangsungnya hubungan antar pribadi sendiri sebenarnya juga memiliki peran yang penting. Lantas apa saja yang peran persepsi dalam hubungan antar pribadi tersebut? mari simak ulasan berikut.

ads

Pengertian Persepsi

Sebelum membahas mengenai peran dari persepsi, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya dipahami sebagai persepsi. Persepsi diartikan sebagai suatu proses yang diawali dari adanya proses penginderaan. Dimana apa yang dilihat, didengar, dan lainnya diterima oleh alat indera kemudian mengarahkan pada adanya kesadaran maupun pemahaman oleh seorang individu. Secara mudah banyak yang mengarahkan persepsi sebagai bagian dari adanya opini individu.

Persepsi sendiri juga akan dipengaruhi oleh dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri individu seperti ingatan, pengalaman, dan lainnya, serta faktor eksternal yang berasal dari luar individu seperti faktor keunikan, lingkungan, dan lain sebagainya. Adanya persepsi juga penting dalam hubungan antar pribadi, karena terkadang dapat membantu dalam pengambilan keputusan maupun juga opini yang sama.

Peran Persepsi

Hubungan antar pribadi atau juga sering disebut sebagai komunikasi interpersonal  merupakan suatu proses hubungan dan komunikasi yang berlangsung antara seorang individu dengan individu yang lainnya maupun dengan kelompok lain. Pengaruh persepsi dalam komunikasi interpersonal perlu untuk diperhatikan, terlebih lagi karena beberapa peran persepsi dalam hubungan antar pribadi, beberapa diantaranya seperti:

Baca juga :

1. Menciptakan sudut pandang lain

Salah satu pera penting dalam persepsi adalah munculnya sudut pandang lainnya didalam berlangsungnya hubungan antar pribadi. Ketika dua individu memiliki persepsi yang berbeda terhadap suatu informasi maka ketika kedua persepsi disatukan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan sudut pandangan lain dari kesimpulan yang diambil bersama. Bahkan dalam mengambil suatu keputusan cenderung akan lebih sulit ketika hanya dilihat dari satu sudut pandang saja.

2. Perubahan terhadap isi i

Adanya perbedaan persepsi terhadap suatu informasi juga memungkinkan terjadinya perubahan terhadap isi informasi yang diterima. Sebagai contoh persepsi dalam komunikasi interpersonal dalam mengubah isi informasi seperti seorang individu menerima informasi yang disampaikan, namun adanya perbedaan persepsi memungkinkan individu tersebut untuk menyampaikan informasi yang diterimanya berbeda dari isi informasi yang diterima. Hal ini akan cenderung disesuaikan pada persepsi masing-masing.

3. Menciptakan sikap saling terbuka

Persepsi juga memiliki peran positif dimana dapat menciptakan sikap saling terbuka antar individu. Ketika suatu informasi disampaikan dan ternyata berbeda dari persepsi yang dimiliki, maka dapat memungkinkan seorang individu tersebut untuk menyatakan persepsinya. Dari kondisi tersebutlah sikap saling terbuka dalam hubungan antar individu akan tercipta. Adanya sikap saling terbuka juga merupakan salah satu cara mengatasi kesalahan persepsi dalam hubungan antar pribadi.

Baca juga :

4. Mengarahkan pada sikap saling menghargai

Terciptanya sikap saling terbuka juga akan menciptakan sikap saling menghargai satu sama lain. Oleh sebab itu, persepsi juga berperan dalam menciptakan sikap saling menghargai antar individu, dimana merupakan salah satu cara mempersatukan persepsi dalam bahasa komunikasi. Terutama dalam menanggapi informasi yang terima.

5. Memicu terjadinya perselisihan

Walaupun memiliki peran positif, namun tidak sedikit pula yang justru menimbulkan dampak negatif saat adanya perbedaan persepsi. Dimana dapat menimbulkan perselisihan atau perdebatan. Hal ini akan lebih mungkin terjadi jika tidak ada sikap saling menerima dan menghargai satu sama lain, sehingga persepsi yang dimiliki akan dinilai paling benar dan memicu terjadinya perdebatan.

6. Mengubah sikap dan perilaku

Peran yang terakhir adalah memungkinkan adanya perubahan sikap dan perilaku. Persepsi seorang individu yang mengandung penilaian terhadap individu lain maupun informasi yang diterimanya dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku dari individu lain atau pemberi informasi, baik perubahan positif maupun negatif. Melalui persepsi inilah juga menjadi cara mempengaruhi orang lain dalam sebuah komunikasi antar pribadi.

Itulah beberapa peran persepsi dalam hubungan antar pribadi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,