Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Kesalahan Persepsi dalam Komunikasi

Sponsors Link

Persepsi adalah salah satu di antara beberapa hal yang sangat mempengaruhi komunikasi seseorang. Kesalahan persepsi bisa membuat komunikasi yang berlangsung tidak bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Tentunya hal ini merupakan salah satu hal yang sudah semestinya dihindari. Dengan demikian, semua orang harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi agar mereka bisa memperbaiki kesalahan persepsi yang muncul saat komunikasi dilakukan.

ads

Apakah kamu sudah mengetahuinya? Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesalahan dalam persepsi komunikasi yang dilakukan baik oleh dirimu ataupun oleh orang lain? Apabila kamu ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kamu harus membaca artikel yang satu ini sampai tuntas. Dengan membaca artikel ini sampai tuntas, kamu pasti akan mengetahui bagaimana saja cara mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi.

Memangnya apa saja caranya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Klarifikasi langsung

Salah satu cara mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi adalah dengan melakukan klarifikasi langsung ketika proses komunikasi tersebut masih berjalan. Hal ini bisa dilakukan apabila kita memiliki kepekaan terhadap adanya kesalahan persepsi yang dimiliki oleh sang komunikan. Dengan kata lain, kita memerlukan suatu kemampuan untuk mengidentifikasi bagaimana suatu komunikan mempersepsi komunikasi yang kita lakukan dengan cepat. Baca juga Penggunaan Komunikasi dalam Hubungan Negara.

2. Klarifikasi paska komunikasi

selain melakukan klarifikasi secara langsung, seorang komunikator juga bisa melakukan klarifikasi paska sebuah komunikasi dilakukan. Hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesalahan persepsi yang baru dideteksi paska komunikasi selesai dilakukan. Tentunya hal ini sangat diperlukan khususnya apabila kesalahan persepsi tersebut memberikan dampak negatif yang besar bagi kepentingan seseorang atau suatu organisasi tertentu.

3. Menjelaskan ulang

Salah satu teknik atau cara yang bisa dilakukan untuk membenarkan persepsi seseorang tentunya adalah dengan cara menjelaskan kembali gagasan komunikasi yang sebelumnya telah disampaikan. Penyampaian kembali ini bisa dilakukan dengan teknik yang berbeda, oleh orang yang berbeda, dan berbagai cara yang lainnya. Dengan melakukan hal ini maka persepsi seorang komunikator bisa diperbaiki dengan lebih tepat. Baca juga tentang Fungsi Gatekeeper dalam Komunikasi Massa

4. Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai

Salah satu cara atau upaya penjelasan kembali ketika berusaha untuk memperbaiki persepsi yang dimiliki oleh komunikator adalah dengan menggunakan bahasa tubuh yang sesuai. Bahasa tubuh yang sesuai atau mendukung maksud dari komunikasi yang kita lakukan, bisa sangat membantu komunikan dalam memahami pesan kita yang sebenarnya. Tentunya hal ini bisa sangat berguna apabila kita melakukan klarifikasi secara langsung.

5. Melakukan jumpa pers

Bagi pihak pemerintah, perusahaan, organisasi ataupun kelompok tertentu, jumpa pers adalah salah satu di antara berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memberikan informasi yang bisa mengatasi kesalahan persepsi yang timbul terhadap suatu peristiwa tertentu yang menyangkut kepentingan dari sang komunikator. Sering kali hal ini dilakukan untuk menyampaikan klarifikasi, penyampaian informasi perkembangan mengenai suatu peristiwa tertentu, atau untuk menyampaikan sebuah fenomena baru yang ditemukan oleh subjek yang sedang berbicara. Baca juga tentang Gangguan Emosional Dalam Komunikasi


6. Memberikan press release

Selain melakukan jumpa pers, kamu juga bisa memberikan press release yang bisa berguna untuk memberikan keterangan terhadap masyarakat melalui media massa seperti koran ataupun yang lainnya. Dengan melakukan press release, maka kita bisa memberikan informasi pada khalayak luas dengan cepat.

7. Empati

Empati adalah salah satu hal penting yang bisa membantu suatu proses komunikasi. Salah satu hal yang bisa dibantu dengan adanya empati adalah dalam hal memahami komunikan ataupun komunikator. Dengan adanya persepsi, kita berusaha untuk menyelami alam pikiran komunikator dan komunikan sehingga kita bisa mengurangi tingkat kesalahan komunikasi yang mungkin terjadi. Walaupun hal ini bisa saja tidak mudah untuk dilakukan, terutama pada mereka yang masih awal dalam melakukan atau berlatih empati, akan tetapi kemampuan untuk melakukan empati adalah suatu hal penting yang bisa membantu dalam mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi. Ketahui tentang Empati dalam Komunikasi Interpersonal

8. Memeriksa persepsi

Salah satu cara yang bisa berperan sebagai cara mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi ataupun dalam mencegah agar persepsi kita tidak salah adalah dengan cara melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap persepsi yang kita miliki. Pemeriksaan persepsi ini bisa dilakukan dengan cara mempertanyakan atau tidak langsung mempercayai persepsi yang saat itu sedang kita miliki. Dengan cara ini, kita bisa menjaga atau setidaknya mengurangi potensi terjadinya kesalahan persepsi. Baca juga tentang Cara Mempersatukan Persepsi dalam Bahasa Komunikasi

9. Tidak mempercayai kesan pertama sebagai kesan final

Senada dengan cara di atas, langkah berikutnya yang bisa kita gunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kesalahan persepsi adalah dengan tidak mempercayai kesan pertama sebagai kesan final. Cara ini adalah penerapan lanjutan mengenai bagaimana cara untuk memeriksa persepsi di atas. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengurangi risiko munculnya persepsi yang salah atas komunikasi yang kamu lakukan. Hal ini terutama sangat berguna untuk komunikan dalam suatu komunikasi satu arah.

10. Mengembangkan strategi untuk mengubah persepsi

Cara berikutnya adalah cara mengatasi persepsi yang keliru dalam komunikasi berikutnya. Cara ini bisa digunakan untuk membuat kita lebih waspada terhadap komunikasi yang mungkin akan kita alami di masa depan dan hal tersebut sering kali membuat kita salah dalam memahami maksud pesan yang hendak disampaikan oleh komunikator. Baca juga tentang  Pengaruh Persepsi dalam Komunikasi Interpersonal


11. Bersedia mengakui dan menerima adanya masalah

Cara berikutnya dalam mengatasi kesalahan persepsi yang mungkin terjadi dalam suatu komunikasi adalah dengan memiliki sikap lapang dada, dalam arti bersedia mengakui bahwa persepsi yang dimiliki keliru dan siap mendapatkan persepsi baru yang lebih sesuai dengan komunikasi yang dilakukan oleh komunikator.

12. Memberi jeda waktu

Selain melakukan beberapa hal di atas, cara lain yang bisa dilakukan sebagai salah satu car untuk mengatasi kesalahan persepsi adalah dengan cara memberikan jeda waktu. Maksudnya adalah, komunikator bisa memberikan jeda waktu selama beberapa saat bagi komunikan untuk bertanya atau menyampaikan pendapat, atau memberikan respons terhadap apa yang disampaikan oleh komunikator. Komunikan juga bisa memberikan jeda waktu bagi komunikator dalam komunikasi yang dilakukan supaya mereka bisa mengetahui lebih pasti terhadap apa yang disampaikan oleh komunikator dengan menunggu kata-kata apa yang akan disampaikan olehnya pada komunikasi yang berjalan.

13. Tidak defensif

Selain beberapa cara di atas, cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi adalah dengan memiliki sikap yang tidak defensif. Sifat ini akan membuat komunikasi yang kita lakukan jadi lebih baik karena kita tidak berupaya untuk mempertahankan pendapat atau persepsi masing-masing secara ekstrem.

Itulah beberapa cara mengatasi kesalahan persepsi dalam komunikasi yang bisa dilakukan. Tentunya berbagai macam cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesalahan persepsi yang kamu alami. Selamat belajar komunikasi!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi