Sponsors Link

10 Hambatan Persepsi dalam Komunikasi Interpersonal

Sponsors Link

Mengetahui hambatan persepsi dalam komunikasi interpersonal bisa menjadikan kita lebih paham mengenai cara berkomunikasi yang baik. Komunikasi interpersonal adalah bentuk komunikasi yang biasa kita temui dala kehidupan sehari-hari. Melalui komunikasi ini, kita bisa melakukan interaksi dengan orang lain. Komunikasi interpersonal juga biasa disebut sebagai komunikasi antar pribadi. Di dalamnya akan melibatkan hubungan antara individu satu dengan yang lainnya, demi mencapai sebuah tujuan komunikasi. (Baca juga: Teori atribusi dalam komunikasi interpersonal)

ads

Namun, ada kalanya terjadi kegagalan dalam proses interaksi karena faktor-faktor penghambat tertentu. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja sekiranya yang bisa menjadi faktor penghambat dalam komunikasi interpersonal ini. Salah satu hambatan yang mungkin terjadi yaitu hambatan persepsi. Kita mungkin perlu memahami juga beberapa contoh persepsi dalam komunikasi interpersonal seperti misalnya stereotipe, stigma, memori dan lain-lain. Berikut adalah beberapa macam rangkuman atau ringkasan yang bisa kita pelajari mengenai hambatan-hambatan komunikasi tersebut:

  1. Kesalahan Informasi

Kesalahan informasi merupakan hambatan persepsi yang mungkin terjadi dalam komunikasi interpersonal. Kesalahan informasi ini bisa disebabkan karena seseorang mungkin kurang akurat dalam menyampaikan sesuatu dan tidak berlandaskan dari suatu fakta atau data tertentu. Informasi yang disampaikan dengan tepat bisa menjadi cara meningkatkan komunikasi interpersonal.

  1. Persepsi Sempit

Persepsi yang menyempit juga bisa menjadi hambatan komunikasi antar pribadi. Kondisi panik biasanya paling sering menyebabkan persepsi yang menyempit. Oleh karenanya, kita harus memastikan bahwa kondisi seseorang dalam keadaan yang benar-benar nyaman sehingga kita bisa memberikan informasi yang sesuai dan tepat kepadanya.

  1. Latar Belakang Budaya

Budaya yang berbeda akan menjadi hambatan persepsi tersendiri. Seseorang mungkin tidak terbiasa dengan respon tertentu karena budaya yang dimiliki oleh seseorang. Menambah wawasan dan memahami perbedaan budaya adalah solusi untuk mengatasi hambatan terkait dengan hal ini.

  1. Kepercayaan Nilai yang Berbeda

Nilai-nilai yang ada masyarakat sebenarnya masih ada kaitannya dengan budaya. Seseorang tentu saja memiliki nilai atau kepercayaan tertentu yang seringkali bisa menimbulkan ketidaksesuaian selama ia berinteraksi dengan orang lain. Orang lain akan membuat persepsi lain tentang hal itu sehingga komunikasi menjadi tidak berjalan dengan baik.

  1. Penggunaan Bahasa yang Kurang Sesuai

Perbedaan bahasa bisa saja menjadi sebuah hal yang juga patut diperhatikan. Ini adalah salah satu hambatan persepsi dalam komunikasi interpersonal yang umum terjadi. Seseorang harus bisa memilih penggunaan bahasa sesuai dengan konteks komunikasi yang sedang berlangsung.

  1. Kesalahpahaman

Kesalahpahaman terjadi akibat beberapa poin yang sudah disebutkan sebelumnya. Manakala seseorang mengalami kesalahpahaman, maka persepsi yang didapatkan dari komunikasi tersebut juga akan berbeda sehingga menyebabkan ia cenderung gagal dalam menerima informasi sebenarnya. (Baca juga: Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal)

  1. Pesan yang Tidak Utuh

Pesan yang tidak utuh atau disampaikan setengah-setengah juga akan menimbulkan hambatan persepsi tersendiri. Biasanya ini terjadi bila informasi yang ada tidak disampaikan dengan jelas sehingga penerima pesan melakukan interpretasi dengan memecah-mecah informasi tersebut.

  1. Tidak ada Umpan Balik

Umpan balik merupakan hal yang penting dalam komponen komunikasi. Tanpa adanya umpan balik, ini akan menimbulkan persepsi tersendiri bagi seorang pemberi pesan. Akan ada kesan dihiraukan dan komunikasi yang dilakukan dianggap tidak bermakna.

  1. Media yang Tidak Tepat

Media yang tidak tepat selama melakukan komunikasi juga bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Kita perlu menentukan media yang benar-benar sesuai sehingga informasi bisa disampaikan dengan baik dan juga tepat.

  1. Perdebatan

Perdebatan timbul biasanya bila ada ketidaksesuaian pendapat. Ini akan menimbulkan hambatan persepsi lain dimana seseorang menjadi lebih malas untuk meneruskan komunikasi tersebut. Sikap saling mengerti dibutuhkan untuk menghindari perdebatan ini.

Jadi, itulah beberapa macam hambatan yang mungkin saja terjadi dan menyebabkan masalah persepsi dalam komunikasi yang sedang berlangsung. Kita bisa mengidentifikasi hambatan persepsi dalam komunikasi interpersonal supaya menciptakan proses komunikasi yang lebih bermakna.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :