Sponsors Link

12 Faktor Dalam Mewujudkan Komunikasi Pribadi

Sponsors Link

Manusia adalah mahluk sosial yang pastinya akan berinteraksi satu sama lain. Untuk dapat berinteraksi, pastinya diperlukan komunikasi yang baik agar tujuan dan maksud dari komunikasi tersebut tercapai.

ads

Salah satu komunikasi yang biasanya kita lakukan adalah komunikasi pribadi atau komunikasi antar personel. Ada beberapa faktor yang dapat mewujudkan terjadinya komunikasi antar pribadi, berikut adalah faktor-faktor tersebut:

1. Citra diri

Dalam diri seseorang pastinya memiliki citra diri masing-masing. Citra diri adalah penilaian terhadap diri sendiri, baik itu kelebihan maupun kekurangan dalam dirinya sendiri.

Citra diri bisa berupa perasaan bangga terhadap pencapaian karir, kepercayaan diri dalam menghadapi masalah, rasa minder terhadap lingkungan sekitar, dan penilaian lain tentang dirinya sendiri.

Baca juga:

2. Citra orang lain

Hal selanjutnya yang menyebabkan komunikasi pribadi adalah citra diri orang lain. Sama halnya dengan citra diri sendiri, sebuah komunikasi pribadi akan terjalin ketika kita merasa tertarik untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Citra orang lain itulah yang membuat kita berkomunikasi dengan baik secara pribadi.

Citra diri yang dilihat bisa berupa kekaguman terhadap fisik seseorang, cara berbicara orang lain, dan sifat lain yang membuat diri kita tertarik untuk berbicara dengan orang lain tersebut.

3. Lingkungan sosial

Lingkungan sekitar juga menjadi penyebab munculnya komunikasi pribadi. Jika lingkungan sosial mendukung untuk terjadinya komunikasi pribadi maka komunikasi pribadi akan terjadi.

Misalnya saja ketika kita berada di lingkungan sosial yang berisikan orang-orang yang ramah, maka komunikasi pribadi akan terjalin dengan baik.

Namun berbeda halnya jika berada di lingkungan yang tertutup, seperti daerah perkotaan yang rata-rata orangnya sangat cuek dengan lingkungan sekitar, maka akan sangat sulit untuk menjalin komunikasi pribadi.

4. Lingkungan fisik

Selain lingkungan sosial, lingkungan fisik juga memberikan pengaruh pada komunikasi pribadi. Misalnya saja ketika berada di pegunungan yang rumah tiap warganya berjauhan, maka komunikasi pribadi tentunya akan sangat sulit dilakukan.

Mungkin membutuhkan media komunikasi untuk bisa berkomunikasi pribadi antar warganya. Berbeda dengan pribadi yang tinggal di daerah kumuh. Jarak rumah yang berdekatan membuat warga bisa dengan mudah melakukan komunikasi pribadi. Bahkan hanya dengan berbicara lewat dinding rumah, komunikasi pribadi bisa terjalin.

Baca juga:

5. Media komunikasi

Dalam berkomunikasi, baik pribadi maupun non pribadi, media komunikasi memiliki peranan yang sangat penting. Ada banyak faktor dalam memilih media komunikasi.

Media komunikasi berfungsi untuk meneruskan atau melancarkan maksud dan tujuan dari pesan yang disampaikan dalam komunikasi tersebut.

Terdapat berbagai jenis media komunikasi yang bisa digunakan dalam melakukan komunikasi pribadi. Misalnya saja telepon. Telepon dapat menghubungkan satu individu dengan individu lain dalam sebuah percakapan atau pesan suara.

Sponsors Link

Kini semakin banyak media komunikasi modern yang bisa digunakan dalam menunjang komunikasi pribadi. Mulai dari email, video call, dan teknologi lain yang semakin memudahkan komunikasi pribadi. Dibandingkan dengan jaman dulu dimana media komunikasi pribadi biasanya dengan surat, internet sebagai media komunikasi saat ini jauh lebih cepat dan murah.

Baca juga:

6. Kondisi saat berkomunikasi

Hal lain yang menjadi faktor penting dalam munculnya komunikasi pribadi adalah kondisi ketika melakukan komunikasi. Komunikasi pribadi hanya akan muncul jika kedua personel berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Kesehatan disini merupakan kesehatan fisik maupun mental. Jika keduanya dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik maka tujuan dari komunikasi pribadi tersebut akan tersampaikan dengan baik pula. Bayangkan saja jika seorang dengan gangguan mental justru berbicara dengan orang yang mentalnya baik, tentunya tidak akan terjadi komunikasi pribadi yang baik pula.

7. Bahasa tubuh

Komunikasi pribadi tidak hanya menggunakan kalimat atau suara, tapi ada faktor penting lain yang sangat dibutuhkan dalam membangun suatu komunikasi pribadi, yakni bahasa tubuh.

Bahasa tubuh atau lebih dikenal dengan nama body language adalah simbol atau bahasa yang disampaikan oleh gesture tubuh. Ketika seseorang melakukan gerakan mengangguk, maka bahasa tubuh yang ia gunakan menandakan ketegasan persetujuan pada kalimat yang disampaikan.

Namun jika ia justru menggeleng sedangkan ia menyetujui pendapat yang disampaikan tentunya akan menimbulkan kebingungan dalam komunikasi pribadi. Tujuan dari komunikasi pun tidak bisa dicapai.

Baca juga:

8. Hubungan interpersonal

Menjalin komunikasi pribadi tentunya membutuhkan suatu hubungan interpersonal yang baik. Komunikasi pribadi biasanya dilakukan oleh kedua personel yang memiliki ikatan hubungan yang baik sehingga tujuan komunikasi pun dapat tercapai.

9. Kepercayaan diri

Hanya dengan kepercayaan diri yang baik yang bisa menghidupkan komunikasi pribadi yang baik pula. Jika kedua personel tidak mempunyai kepercayaan diri dalam membangun komunikasi, maka tentunya tidak akan pernah terjadi komunikasi pribadi.

Dengan kepercayaan diri, maka seseorang akan mampu mengendalikan situasi percakapan sehingga jalannya komunikasi akan lancar. Kepercayaan diri dapat dibangun dengan lebih sering melakukan komunikasi dengan orang lain.

Latihan dalam membangun kepercayaan diri sangat penting untuk mendapatkan simpati dan perhatian dari orang yang akan diajak berkomunikasi. Pribadi dengan kepercayaan diri yang tinggi akan dengan mudah melakukan komunikasi baik pribadi maupun komunikasi organisasi atau komunikasi massa. 

Sponsors Link

10. Atraksi antar pribadi

Faktor pembangun komunikasi pribadi lainnya adalah atraksi antar pribadi. Atraksi antar pribadi adalah rasa ketertarikan satu sama lain sehingga menimbulkan satu topik atau tema dalam sebuah komunikasi pribadi.

Atraksi antar pribadi ini juga berhubungan dengan citra orang lain yang akan diajak berkomunikasi. Ketika seseorang merasakan ketertarikan terhadap citra orang lain, hal inilah yang disebut dengan atraksi antar pribadi.

Setiap rasa ketertarikan atau atraksi antar pribadi ini akan menyebabkan terjadinya topik atau tema yang perlu untuk dibicarakan sehingga komunikasi pribadi dapat terjadi.

11. Kepentingan

Tidak melulu hanya karena adanya rasa ketertarikan antar pribadi atau personal. Meskipun seseorang tidak mempunyai kepercayaan diri atau atraksi antar pribadi, jika terdapat satu kepentingan, maka komunikasi pribadi mungkin terjadi.

Komunikasi pribadi seperti ini biasanya terjadi antara pimpinan dan bawahan atau komunikasi bisnis. Meskipun terdapat rasa tidak suka diantara personel, namun karena keduanya  memiliki kepentingan, komunikasi pribadi pun dapatkan terjadi.

12. Kemiripan

Kebanyakan komunikasi pribadi terjadi karena adanya kemiripan antar personel. Kemiripan yang dimiliki oleh kedua individu menyebabkan rasa ketertarikan satu sama lain yang memunculkan adanya komunikasi pribadi. Faktor ini sering menjadi penyebab utama munculnya komunikasi pribadi yang dekat dan intens.

Itulah 12 Faktor yang menyebabkan timbulnya komunikasi pribadi. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :