Sponsors Link

8 Fungsi Intonasi dalam Berita

Sponsors Link

Terdapat beberapa fungsi intonasi dalam berita yang penting untuk membuat perbedaan pembacaan berita dengan jenis pembacaan teks atau naskah lainnya. Dengan adanya intonasi, maka akan ada penekanan-penekanan tertentu yang bisa menjadikan berita menjadi lebih menarik dan juga unik dalam penyampaiannya. Karakteristik dari intonasi yang dibawakan pada saat membacakan pun beragam. Variasi tersebut tentunya akan disesuaikan dengan jenis berita apa yang akan dibawakan.

ads

Berikut ini adalah beberapa macam fungsi dari adanya intonasi dalam berita. Intonasi merupakan tinggi rendahnya nada pada kalimat yang akan memberikan penekanan-penekanan tertentu. Biasanya intonasi juga erat kaitannya dengan etika komunikasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, intonasi ini akan memberikan pemberitaan menjadi lebih menarik. Namun demikian, ada beberapa macam fungsi dari intonasi tersebut yang lebih spesifik antara lain:

  1. Menekankan kata kunci

Intonasi bisa berfungsi untuk menekankan kata kunci yang akan disampaikan. Dengan adanya intonasi ini, maka seorang pembaca berita bisa menegaskan beberapa kata yang paling penting sehingga bisa ditangkap sebagai sesuatu yang memang perlu perhatian lebih. Ini juga akan menggambarkan pesan dengan lebih bermakna karena bisa memberikan penjelasan secara bagus, mengingat pembacaan berita tidak terbatas pada komunikasi non verbal saja.

  1. Menekankan pesan paling penting

Pesan yang ada dalam berita tidak akan tersampaikan dengan baik bila tidak menggunakan cara berkomunikasi yang baik. Dengan adanya intonasi yang berbeda antara kata satu dengan yang lainnya, maka akan ada semacam bagian-bagian yang terasa lebih penting atau memiliki bobot yang berbeda apabila dibandingkan dengan kata lainnya. Ini artinya pesan tertentu menjadi lebih penting.

  1. Membedakan makna kalimat

Makna kalimat akan menjadi berbeda saat intonasi pelafalannya juga berbeda. Ini layaknya saat kita membaca tulisan dengan tanda bacanya. Intinasi membuat makna kalimat bisa berbeda antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:

  • SAYA membeli pensil ini. (Saya, bukan orang lain)
  • Saya MEMBELI pensil ini. (Membeli, bukan, menjual)
  • Saya membeli PENSIL ini. (Pensil, bukan buku tulis)
  1. Memperjelas makna pesan

Makna pesan akan lebih jelas saat diucapkan dengan intonasi yang lebih tepat. Sama halnya dengan penjelasan-penjelasan sebelumnya, bila pengucapan kata sifatnya hanya sama saja maka akan ada persamaan atau kemiripan makna dari masing-masing kata tersebut. Oleh karenanya, menggunakan intonasi yang tegas akan sangat membantu untuk memperjelas makna dari pesan atau berita.

  1. Menegaskan berita

Berita akan menjadi lebih tegas dan biasanya juga memiliki sifat formal yang lebih baik. Ini adalah fungsi intonasi dalam berita yang termasuk esensial. Tentu saja berita harus dibedakan dengan jenis komunikasi informal sehingga informasi yang akan disampaikan benar-benar terasa valid. Dengan adanya intonasi, pembacaan berita pun akan menjadi lebih menarik dan tentu saja mendukung untuk dijadikan sebagai bahan rujukan.

Sponsors Link

  1. Menunjukkan sikap netral

Bila tadi kita sudah singgung-singgung mengenai intonasi bisa memberikan penekanan-penekanan pada suatu kata, maka sebenarnya intonasi juga diperlukan dalam rangka membuat sikap netral pada saat pembacaan naskah berita. Kemampuan penyiar untuk menggunakan proporsi yang tepat pada intonasi tersebut akan menjadikan gaya pembacaan berita yang netral dan tidak menimbulkan suatu asumsi tertentu.

  1. Membuat variasi nada pembacaan

Nada bicara yang variatif akan terdengar lebih nyaman untuk didengar dibandingkan nada bicara yang terkesan datar. Tentu saja ini adalah salah satu teknik komunikasi efektif yang baik supaya bisa diterapkan. Intonasi membuat variasi nada pembacaan berita menjadi lebih unik dan berkesan. Dengan demikian, fungsi komunikasi verbal juga bisa terlihat di sini.

  1. Memperindah gaya bicara

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, intonasi memberikan variasi dalam nada pembacaan berita. Ini juga akan memperindah gaya bicara karena terdapat perbedaan penekanan-penekanan pada setiap kata yang akan diucapkan. Tentu saja hal ini akan sangat mendukung untuk digunakan sebagai proses pembacaan naskah berita yang baik.

Berbagai macam fungsi dari intonasi tadi adalah gambaran umum mengenai betapa bermanfaatnya menerapkan intonasi pada komunikasi. Fungsi intonasi dalam berita akan membuat penyampaian berita menjadi lebih bagus dan menarik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :