Sponsors Link

Jenis-Jenis Media Massa Beserta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sponsors Link

Media massa merupakan media penyampai informasi yang sangat berperan dalam mempengaruhi masyarakat saat ini. Kekuatan media massa dalam memberikan pilihan keputusan pada berbagai masalah melalui informasi yang disajikan membuat banyak orang semakin tertarik untuk menggunakan media massa dalam mencapai tujuan.

ads

Media massa semakin beragam jenisnya di setiap jaman. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah jenis-jenis media massa beserta contohnya yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Media cetak

Media cetak adalah media massa yang menggunakan gambar dan tulisan di atas kertas dalam penyampaian informasinya. Adapun jenis-jenis media massa beserta contohnya dalam media cetak adalah,

1. Koran

Koran atau surat kabar adalah jenis media massa yang pertama ditemukan. Koran memiliki fungsi memberikan informasi atau berita, memberikan hiburan, memberikan kritik terhadap tulisan lain, dan memberikan solusi pada beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Ukuran koran cukup lebar sehingga memuat banyak berita hanya dalam satu lembarnya. Koran biasanya dicetak di kertas daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca juga:

2. Majalah

Majalah merupakan salah satu media massa yang banyak memberikan hiburan bagi para pembacanya. Tampilan majalah jauh lebih menarik dibandingkan dengan koran atau surat kabar. Majalah biasanya dibuat dari kertas licin sehingga lebih menarik. Tampilannya juga jauh lebih berwarna.

Majalah memiliki fungsi sebagai penyampai informasi, penyaluran bakat, media pembelajaran untuk menulis, sumber mode terbaru, media promosi, dan fungsi lainnya.

3. Tabloid

Tabloid merupakan media cetak yang memiliki ukuran seperti surat kabar atau koran, namun tampilannya sama menariknya seperti majalah. Tabloid memiliki harga di atas surat kabar namun masih di bawah harga majalah. Tabloid memberikan informasi mengenai seputar kehidupan, media pembelajaran menulis, memberikan hiburan dan fungsi lainnya.

4. Buletin

Buletin biasanya berupa selebaran yang dicetak pada beberapa waktu tertentu saja. Buletin bersifat lebih lokal dan biasanya hanya disebarkan di kalangan tertentu saja. Buletin terdiri dari selembar atau beberapa lembar kertas ukuran sedang yang berisi topik tertentu. Buletin juga dicetak hanya dalam jumlah tertentu karena tujuan dari buletin bukanlah keuntungan tapi memberikan informasi pada kelompok sendiri.


Baca juga:

5. Buku teks

Media cetak selanjutnya adalah buku teks. Buku teks digunakan untuk memberikan informasi tertentu. Buku teks biasanya digunakan untuk pembelajaran sehingga isinya tidak beraneka macam seperti surat kabar atau majalah.

Jumlah halaman buku teks juga jauh lebih banyak dibandingkan media cetak lainnya. Bahkan beberapa diantaranya dicetak dengan menggunakan hard cover sehingga tampak lebih elegan dan mewah.

Media Elektronik

Berbeda dengan media cetak yang mana dibuat dengan menggunakan media kertas. Media elektronik justru menggunakan berbagai macam peralatan elektronik dalam penyampaian informasinya. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah jenis-jenis media massa beserta contohnya dalam media elektronik:

1. Televisi

Media elektronik yang satu ini sudah dimiliki oleh setiap keluarga di dunia. Televisi merupakan salah satu media elektronik yang menyampaikan informasi melalui sebuah kotak elektronik yang akan menampilkan gambar dan suara berupa video.

Televisi yang dimiliki oleh setiap rumah di Indonesia menjadi salah satu media massa yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat. Televisi mampu memberikan informasi penting dan terbaru, memberikan hiburan, dan mendidik melalui beberapa program tertentu.

Baca juga:

2. Radio

Radio merupakan media massa yang menyampaikan informasi melalui gelombang radio. Radio membutuhkan pemancar sinyal gelombang radio dan perangkat radio agar komunikasi dapat berjalan dengan baik. Radio mampu memberikan berbagai macam informasi, hiburan, serta menjadi media promosi terbaik karena jangkauannya yang luas dan biaya yang murah.

3. Ponsel

Selain televisi, media elektronik lain yang tak kalah populer dan dimiliki hampir seluruh masyarakat adalah ponsel. Bahkan jumlah ponsel saat ini jauh lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk di dunia. Pasalnya satu orang bisa memiliki 2 hingga 3 ponsel sekaligus.

Ponsel merupakan bentuk lain dari telepon yang telah dimutakhirkan. Ponsel kini bukan hanya sebagai alat untuk menelepon. Ponsel saat ini memiliki banyak fitur tambahan seperti jam, kalkulator, kamera, dan mesin pencari.


4. Internet

Internet merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Kepopuleran internet bahkan sudah melebihi televisi yang jaya pada masanya. Internet juga hadir dalam ponsel setiap orang.

Internet mampu menyampaikan informasi secara real time melalui telepon atau video call. Kemampuan internet yang mampu menyampaikan informasi secara cepat serta akurat membuat banyak orang yang tidak bisa berpaling dari media elektronik yang satu ini.

Baca juga:

Selain itu, internet juga tidak mengenal batas ruang dan waktu. Internet mampu menghubungkan seseorang yang berada di satu benua dengan orang yang berada di benua lainnya. Cakupan yang sangat luas dengan biaya yang sangat murah inilah yang membuat internet menjadi pilihan hati setiap orang dalam mendapatkan informasi terbaru.

5. Komputer

Layar monitor yang ukurannya lebih kecil dari televisi ini juga menjadi media elektronik yang banyak digunakan. Komputer yang digunakan untuk menyampaikan informasi biasanya terhubung dengan internet sehingga dapat mengirimkan informasi yang diinginkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis media massa beserta contohnya. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi