Sponsors Link

12 Faktor Kelancaran Komunikasi Daring

Sponsors Link

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat dan berkembang. Saat ini semakin mudah untuk menghubungi siapa saja dimana saja dan kapan saja. Bahkan hampir tidak ada batas tempat dan waktu lagi. Kemudahan dalam komunikasi ini semakin didukung oleh komunikasi daring.

ads

Komunikasi daring atau internet sebagai media komunikasi membuat kemudahan bagi siapa saja untuk berkomunikasi. Namun layaknya jenis media komunikasi lainnya, kelancaran komunikasi daring dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran komunikasi daring:

1. Media komunikasi daring

Untuk melakukan komunikasi daring, sangat penting untuk menggunakan alat komunikasi yang mendukung komunikasi daring yang juga faktor dalam memilih media komunikasi.

Media komunikasi daring memang berbeda dengan media komunikasi lainnya karena termasuk media komunikasi modern, yakni komputer, laptop, atau smartphone. Bahkan macam-macam media komunikasi daring semakin hari semakin berkembang untuk semakin memudahkan pengguna dalam melakukan komunikasi daring.

2. Kemampuan si pengguna

Faktor kelancaran komunikasi daring lainnya adalah kemampuan si pengguna. Penggunaan teknologi komunikasi daring tidak seperti komunikasi biasa yang bisa digunakan oleh siapa saja. Butuh pengetahuan dan kemampuan khusus untuk menggunakan teknologi komunikasi daring.

Meskipun penggunaan teknologi komunikasi daring cukup sederhana, namun nyatanya masih banyak juga orang yang tidak mengerti penggunaan media komunikasi daring akibat kurangnya pengetahuan.

3. Pengetahuan lawan bicara

Bukan hanya si pengguna saja yang harus bisa menggunakan media komunikasi daring, tapi juga lawan bicara yang akan dihadapinya. Jika lawan bicaranya tidak mengerti penggunaan media komunikasi daring, maka tentunya akan timbul masalah dalam berkomunikasi daring.

4. Konektivitas

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya bahwa media komunikasi daring berbeda dengan media komunikasi lainnya. Media komunikasi daring membutuhkan konektivitas internet yang stabil untuk bisa digunakan dengan baik dalam komunikasi antar pribadi.

Kemampuan menghubungi siapa saja di seluruh dunia ini baru akan berjalan dengan baik jika didukung oleh konektivitas yang baik pula. Maka dari itu, banyak perusahaan komunikasi yang berlomba-lomba dalam mengklaim bahwa tingkat konektivitas mereka adalah yang tercepat dan terbaik.

Baca juga:

5. Web server

Media komunikasi daring meneruskan sinyal ke web server yang menjadi wadah komunikasi. Ketika web server yang dituju dalam kondisi baik, maka komunikasi daring pun akan berjalan dengan lancar pula.

Namun jika web server dalam kondisi error, busy, atau maintenance, maka komunikasi daring yang dilakukan pun akan ikut terhambat. Maka dari itu, sangat penting bagi pemilik web server untuk selalu memantau dan mengevaluasi server mereka agar pengguna tidak mengalami hambatan dalam berkomunikasi.

Baca Juga :

Sponsors Link

6. Kebijakan pemerintah

Suatu web server yang menjadi channel atau saluran komunikasi juga sangat dipengaruhi keberadaannya oleh kebijakan pemerintah.  Ijin untuk menjadi saluran komunikasi dalam sebuah negara sangat diperlukan untuk melindungi kepentingan para pengguna.

Namun ternyata tidak semua web server komunikasi daring memiliki ijin beredar dan penggunaan dalam sebuah negara. Sebut saja ketika kasus sebuah web server komunikasi daring yang bernama ‘Telegram’ diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Banyak pengguna yang jadi kebingungan karena tidak lagi bisa melakukan komunikasi daring, padahal jumlah penggunanya di Indonesia tidak sedikit. Maka dari itu, sangat perlu untuk mengikuti peraturan yang ada di suatu negara untuk bisa mendapatkan ijin dalam penggunaannya, terutama di Indonesia.

7. Cuaca

Komunikasi daring juga sangat dipengaruhi oleh cuaca yang menjadi salah satu hambatan-hambatan komunikasi. Hal ini berhubungan dengan konektivitas yang sangat diperlukan dalam komunikasi daring. Cuaca yang baik tentunya juga akan mendukung kelancaran komunikasi daring.

Namun ketika cuaca berubah menjadi buruk, maka konektivitas pun ikut menjadi buruk. Bahkan sinyal internet bisa hilang sama sekali saat terjadi badai. Namun beberapa perusahaan juga menyediakan beberapa booster untuk menambah kekuatan sinyal internet di saat konektivitas sangat sulit didapat.

8. Lokasi

Meskipun komunikasi daring memberikan manfaat dapat menembus waktu dan tempat, namun ada satu hal yang menarik. Konektivitas yang sangat dibutuhkan dalam komunikasi daring ternyata juga dipengaruhi oleh lokasi. Lokasi yang dimaksud disini adalah lokasi si pemanggil dan si penerima.

Keduanya harus berada dalam lokasi yang masih berada dalam radius sinyal konektivitas jaringan penyedia. Jika salah satu atau keduanya berada di luar jangkauan, maka akan sulit untuk melakukan komunikasi daring.

Misalnya saja ketika seseorang berada di kota, maka ia akan dengan mudah mendapatkan konektivitas untuk berkomunikasi daring. Namun jika seseorang berada di daerah terpencil, seperti hutan atau gunung, maka kecil kemungkinan ia dapat melakukan komunikasi daring. Penentuan lokasi ini bergantung pada area tower pemancar sinyal jaringan penyedia.

9. Sistem operasi

Komunikasi daring membutuhkan banyak sekali komponen pendukung untuk bisa melakukan komunikasi daring dengan lancar. Selain media komunikasi daring yang mendukung, dibutuhkan pula sistem operasi dalam media komunikasi tersebut.

Beberapa sistem operasi dapat berjalan dengan hampir seluruh web server komunikasi daring, namun ada pula sistem operasi yang tidak mendukung beberapa web server. Maka dari itu, pastikan untuk menginstal sistem operasi yang tepat pada media komunikasi daring agar komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Baca juga:

Sponsors Link

10. Bahasa

Beberapa media komunikasi daring memiliki kemampuan untuk menterjemahkan bahasa yang digunakan si pemanggil dan lawan bicaranya, namun ada pula yang tidak memiliki kemampuan bahasa seperti ini. Maka dari itu, kedua personal yang ingin melakukan komunikasi haruslah saling mengerti pada bahasa yang mereka gunakan satu sama lain.

Jika salah satunya menggunakan bahasa Indonesia sedangkan yang lainnya menggunakan bahasa isyarat, tentunya komunikasi yang terjadi tidak akan berjalan dengan baik. Penggunaan media komunikasi daring memang memudahkan banyak hal, namun tidak semua hal. Maka dari itu, pastikan kemampuan bahasa kedua belah pihak memiliki kesamaan dan saling pengertian.

11. Etika

Dalam bentuk komunikasi apapun, sangat dibutuhkan etika dalam berkomunikasi agar komunikasi berjalan dengan lancar sehingga terjadi komunikasi yang efektif, termasuk komunikasi daring.

Etika yang baik sangat diperlukan dalam berkomunikasi daring, sayangnya saat ini komunikasi daring banyak digunakan dengan tidak bijak oleh orang yang tidak beretika sehingga sering menimbulkan kesalahpahaman bahkan keributan. Maka dari itu, penggunaak etika yang baik sangat menentukan ketepatan penyampaian pesan dalam komunikasi daring.

12. Perkembangan

Perkembangan komunikasi daring jauh lebih pesat dibandingkan media komunikasi lainnya. Hal ini juga sangat menentukan kelancaran dalam komunikasi daring. Kedua belah pihak harusnya memiliki perkembangan terbaru yang sama untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

Itulah 12 faktor kelancaran komunikasi daring yang perlu diketahui. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring