Sponsors Link

13 Peran Fotografi sebagai Media Komunikasi

Sponsors Link

Fotografi yang menjadi fokus utama dalam pembahasan kali ini memiliki peran penting sebagai media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan peran fotografi sebagai media komunikasi:

ads
  1. Menciptakan karya dalam komunikasi

Peran fotografi yang pertama sebagai media komunikasi adalah dapat menciptakan karya dalam komunikasi. Karya dalam komunikasi maksudnya adalah proses komunikasi yang dilakukan dengan fotografi ini mengandung unsur estetika atau keindahan. Seorang yang menggunakan fotografi dalam proses komunikasi dinilai dapat meningkatkan karya atau kreasinya dalam seni. (Baca juga: Peranan Fotografi dalam Kehidupan)

  1. Meningkatkan kreativitas dalam komunikasi

Peran fotografi sebagai media komunikasi ini dapat meningkatkan kreativitas seseorang agar mudah menyampaikan sebuah pesan dari komunikator kepada komunikan dengan cepat dan mudah dipahami. Keterampilan dan kreativitas seseorang dapat diuji melalui cara berkomunikasi dengan media fotografi. Foto yang dihasilkan akan sesuai dengan bentuk kreativitas komunikator dalam menyampaikan pesan kepada komunikan. (Baca juga: Pengaruh Fotografi dalam Masyarakat)

  1. Memberikan informasi faktual

Fotografi sering digunakan sebagai bukti dalam sebuah informasi.apalagi zaman sekarang yang mudah untuk memberikan informasi kepada siapa saja, tetapi belum tentu nilai berita tersebut fakta. Oleh karena itu, peran fotografi sebagai media komunikasi ini dapat memberikan informasi yang faktual kepada komunikan. Informasi yang faktual ini dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman antara komunikator dan komunikan. (Baca juga: Fotografi Jurnalistik)

  1. Mengungkap sebuah peristiwa

Sebuah peristiwa yang terjadi tentu harus diungkap kebenarannya. Untuk itu fotografi berperan penting dalam mengungkap sebuah peristiwa. Sama halnya dengan memberikan informasi faktual kepada khalayak, tetapi mengungkapkan sebuah peristiwa ini lebih mengutamakan komunikasi yang bernilai berita. Oleh karena itu, komunikasi dalam peran ini dikategorikan sebagai fotografi jurnalistik yang berisi fakta. (Baca juga: Nilai Berita dalam Foto Jurnalistik)

  1. Meningkatkan penjualan produk

Fotografi berperan untuk meningkatkan penjualan produk dalam suatu bisnis. Masyarakat sudah terbiasa dengan dunia bisnis, sehingga tidak jarang masyarakat yang menjual berbagai produk dengan cara online. Hal ini terjadi karena perubahan teknologi yang semakin pesat. Penjualan online ini melibatkan fotografi sebagai media komunikasi untuk meningkatkan penjualan produk tersebut. (Baca juga: Unsur Visual pada Fotografi)

  1. Mempromosikan produk

Mempromosikan produk dianggap sebagai upaya untuk memperkenalkan produk penjualan kepada khalayak. Mempromosikan produk berguna untuk meningkatkan angka penjualan dalam suatu bisnis. Peran fotografi ini dapat promosi sebagai media komunikasi pemasaran yang berfungsi untuk menarik minat konsumen. Hasil foto yang bagus dan kreatif biasanya memperngaruhi penjualan produk tersebut. (Baca juga: Unsur Grafis pada Fotografi)

  1. Menceritakan kehidupan seseorang

Fotografi sebagai media untuk mengabadikan suatu momen yang terjadi di dalam kehidupan seseorang. Fotografi menjadi alat komunikasi yang dapat mengungkap atau menceritakan sejarah masa lalu seseorang. Foto yang dihasilkan memiliki keterangan waktu yang berbeda-beda maka setiap momen memiliki ceritanya masing-masing. Oleh karena itu, fotografi menjadi media atau alat komunikasi dalam menceritakan masa lalu seseorang. (Baca juga: Komunikasi Visual)

Sponsors Link

  1. Membentuk komunitas

Suatu kelompok atau komunitas dapat tercipta melalui media fotografi. Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda, tetapi ada juga yang sama. Untuk itu orang-orang yang hobi dalam dunia fotografi dapat dipertemukan dalam sebuah komunitas fotografi. Komunitas tersebut digunakan sebagai wadah dalam bertukar informasi, sehingga proses komunikasi dapat tercipta. (Baca juga: Media Komunikasi Modern)

  1. Membentuk opini publik

Proses komunikasi yang terjadi secara terus-menerus di kehidupan masyarakat dapat membentuk suatu opini publik. Hal ini dapat terjadi karena adanya pertukaran informasi dalam masyarakat dan dapat mengubah pola pikir seseorang menjadi positif atau cenderung negatif. Fotografi memiliki peran khusus untuk membentuk opini publik karena masyarakat lebih mudah memahami melalui gambar dibandingkan dengan tulisan. (Baca juga: Teori Media Komunikasi)

  1. Membangun komunikasi yang efektif

Peran fotografi menjadi elemen terpenting dalam proses komunikasi karena masyarakat lebih tertarik dengan visual. Fotografi menjadi media yang mempengaruhi komunikasi dalam kehidupan masyarakat. Adanya fotografi ini dapat membangun komunikasi yang efektif. Media online terlibat dalam proses komunikasi seperti menyediakan unggahan foto atau video sebagai sarana komunikasi yang efektif. (Baca juga: Etika dalam Pengaruh Media Komunikasi)

Sponsors Link

  1. Mempermudah proses adaptasi

Fotografi seringkali digunakan sebagai media untuk memperkenalkan diri kepada orang lain. Perkenalan merupakan proses awal terjadinya komunikasi. Fotografi mempermudah seseorang dalam proses adaptasi tersebut. Sebelum mengenal seseorang untuk berkomunikasi biasanya ada tahap adaptasi dari komunikator kepada komunikan. Fotografi ini dapat menunjukkan karakter seseorang melalui bagaimana teknik pengambilan gambarnya atau melalui gambar dirinya sendiri. (Baca juga: Kelemahan Bahasa sebagai Media Komunikasi)

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Seseorang yang terbiasa mengunggah foto aktivitas dirinya sendiri di media sosial akan merasa penuh percaya diri. Pasalnya setiap momen yang ia lakukan dalam kehidupan sehari-hari baik yang positif dan negatif akan diunggah. Hal ini dapat menimbulkan rasa percaya diri pada diri sendiri dan pada saat berkomunikasi dengan orang lain. Ia tidak segan-segan menceritakan kehidupannya dihadapan publik. (Baca juga: Fungsi Media Komunikasi)

  1. Ekspresi diri

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada seseorang yang merasa lebih tenang jika menyatu dengan alam, ada juga seseorang yang tidak menyukai keramaian. Fotografi berperan sebagai media komunikasi dalam ekspresi diri. Seseorang akan dengan mudah mengekpresikan diri melalui teknik pengambilan gambar yang menunjukkan karakter dirinya sendiri. (Baca juga: Macam-macam Media Komunikasi)

Demikian penjelasan terkait apa saja peran fotografi sebagai media komunikasi. Semoga bermanfaat bagi kita semua

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :