Sponsors Link

8 Unsur Grafis dalam Fotografi Pemula Harus Paham!

Sponsors Link

Fotografi merupakan sebuah seni melukis gambar dengan menggunakan cahaya. Fotografi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana teknik mengambil sebuah gambar, memahami objek fotografi, unsur-unsur fotografi, dan lain sebagainya.

ads

Fotografi juga termasuk ke dalam suatu alat komunikasi yang memanfaatkan unsur visual sebagai penyampaian pesannya. Fotografi memiliki suatu teknik yang diantaranya adalah mengukur seberapa besar intensitas cahaya yang dapat tertangkap oleh kamera untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Selain mengatur pencahayaan dalam fotografi, pemilihan elemen-elemen dalam fotografi menjadi faktor utama berikutnya untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Perpaduan antara warna, bentuk, tekstur, dan elemen lainnya dapat mendukung keindahan dalam foto yang dihasilkan. Penataan terhadap elemen-elemen yang ada dalam dunia fotografi ini disebut komposisi fotografi. Komposisi fotografi ini meliputi unsur visual dan unsur grafis. (Baca juga: Teknik Dasar Fotografi)

Pakarkomunikasi.com kali ini akan membahas tentang dunia fotografi yang terfokus pada satu pembahasan, yaitu unsur grafis. Sebelumnya, pakarkomunikasi.com telah membahas unsur yang pertama dalam fotografi, yaitu unsur visual. Kedua unsur ini saling berkaitan dengan tujuan yang sama.

Adapun tujuan dalam komposisi fotografi adalah sebagai alat untuk mengekspresikan ide seorang fotografer, mengatur keseimbangan unsur-unsur yang ada dalam fotografi, dan meningkatkan nilai estetik dalam suatu karya seni fotografi. (Baca juga: Fotografi Jurnalistik)

Cara mempelajari ilmu fotografi tidak hanya mengandalkan cahaya saja, tetapi banyak ilmu fotografi lainnya yang dapat memudahkan seorang pemula dalam dunia fotografi memahami materi tersebut.

Selain itu, fotografi juga didukung oleh berbagai alat-alat fotografi seperti kamera yang yang bagus, lensa yang terdiri atas berbagai ukuran lensa sesuai dengan kebutuhan sang fotografer, dan alat pendukung lainnya seperti tripod untuk memberikan keseimbangan dalam teknik pengambilan foto dan peralatan pendukung lainnya. (Baca juga: Macam Tema dalam Fotografi)

Unsur grafis dalam fotografi terbagi menjadi delapan unsur, yaitu:

  1. Garis

Garis merupakan suatu elemen penting dalam dunia fotografi. Garis adalah unsur grafis dalam fotografi. Elemen garis ini digunakan untuk proses pembentukan atau wujud suatu gambar dalam dunia fotografi. Garis terbagi menjadi empat bagian, yaitu garis yang membentuk horizontal, vertikal, diagonal, dan lengkung.

Misalnya, unsur grafis garis adalah pantai, tangga, sungai, sawah, gunung, bus, dan lain sebagainya. (Baca juga:  Macam-macam Komposisi Fotografi)

  1. Bentuk

Bentuk merupakan salah satu unsur grafis dalam fotografi. Bentuk dalam fotografi menjelaskan suatu unsur grafis secara tertata dengan rapih, sehingga gambar yang dihasilkan tidak bersifat abstrak. Setaip gambar terdiri atas bentuk-bentuk yang berinteraksi dalam satu ruang lingkup. Misalnya, rumah yang memiliki bentuk dari balok, kubus, tabung, dan lain sebagainya. (Baca juga: Tujuan Komposisi dalam Fotografi)

  1. Warna

Warna merupakan suatu unsur yang paling mencolok dari unsur-unsur lainnya. Warna dapat dipadukan dengan unsur grafis lainnya untuk memberikan kesan yang indah dan anggun. Unsur grafis ini mudah menarik perhatian mata seseorang karena warna yang ditampilkan berwarna cerah seperti merah, kuning, hijau, dan warna cerah lainnya.

Sedangkan warna gelap biasanya dipadukan dengan kekuatan cahaya dari objek lain seperti keadaan lalu lintas di ibukota pada malam hari dengan dihiasi lampu-lampu kendaraan. (Baca juga: Unsur Visual dalam Fotografi)

Sponsors Link

  1. Skala

Skala merupakan suatu ukuran pada suatu benda baik benda buatan manusia maupun benda yang ada di alam semesta. Skala adalah salah satu unsur grafis yang biasa digunakan untuk membandingkan suatu benda dengan benda lainnya yang memiliki ukuran berbeda. Dunia fotografi membuat skala melalui gunung dengan menunjukkan ukuran seberapa tinggi gunung tersebut. (Baca juga: Nilai Berita dalam Foto Jurnalistik)

  1. Harmoni

Harmoni merupakan tujuan utama dalam fotografi. Salah satu unsur grafis ini berupa kumpulan hasil fotografi yang menciptakan keserasian antara teknik pengambilan gambar dengan objek atau subjek gambar, sehingga tercipta harmoni dalam fotografi.

Harmoni dapat diciptakan melalui perpaduan warna yang indah. Misalnya, warna hitam dipadukan dengan putih yang menghasilkan monokrom. (Baca juga: Macam-macam Lensa Kamera)

  1. Tipografi

Tipografi merupakan sebuah unsur seni yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utamanya. Dalam fotografi seni tipografi ini berhubungan dengan gambar dan huruf. Tipografi dalam dunia fotografi biasanya berupa hasil gambar yang dikemas melalui media berupa media cetak seperti foto dalam majalah, koran, dan lain sebagainya. (Baca juga: Jenis-jenis Kamera Digital)

Sponsors Link

  1. Space

Space atau area kosong dapat menunjukkan kreatifitas seorang fotografer dalam melukiskan seni grafis dalam cara atau teknik pengambilan fotonya. Seorang fotografer dapat memberikan sentuhan yang menarik dengan memanfaatkan ruang kosong sebagai objek dalam fotografinya. Ruang kosong atau area kosong ini termasuk ke dalam unsur wujud, bentuk, tekstur, dan lain sebagainya. (Baca juga: Jenis-jenis Kamera Video)

  1. Wujud

Wujud merupakan suatu perpaduan dari berbagai elemen bentuk. Wujud dapat dilihat melalui objek suatu fotografi. Objek atau subjek dalam fotografi ini menggunakan komposisi cahaya dan bayangan dalam teknik pengambilan gambarnya. Misalnya, pengambilan gambar dalam fotografi seperti bola yang berbentuk tiga dimensi dan majalah yang berbentuk dua dimensi. (Baca juga: Komunikasi Visual)

Demikian penjelasan dari beberapa unsur – unsur grafis dalam fotografi yang harus dipahami bagi fotografer bagi pemula

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Visual