Sponsors Link

10 Tujuan Komposisi dalam Fotografi yang Harus DIketahui

Sponsors Link

Fotografi memang sudah tidak asing lagi didengar oleh berbagai kalangan terutama anak muda. Fotografi menjadi hobi yang banyak diminati oleh generasi muda. Saat berwisata ke tempat-tempat yang indah, wajib membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah.

ads

Fotografi merupakan salah satu seni atau karya jurnalistik yang sering digunakan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Teknik dalam fotografi yaitu mengandalkan cahaya untuk mendapatkan hasil terbaik. Ansel Adams mendefinisikan fotografi lebih dari sekedar sebuah sarana ide komunikasi faktual.

Fotografi adalah sebuah seni kreatif. Hal yang pertama dilakukan untuk memperdalam ilmu mengenai fotografi adalah memahami teknik-teknik dasar fotografi seperti pengaturan pencahayaan karena cahaya merupakan unsur utama yang harus diketahui oleh seorang fotografer agar gambar yang dihasilkan menjadi indah dan menarik. Selain itu, istilah fotografi juga terdapat komposisi. Komposisi fotografi adalah suatu seni membagi foto menjadi beberapa bagian yang digunakan untuk memposisikan objek maupun subjek pada foto. (Baca juga: Teknik Dasar Fotografi)

Berikut ini merupakan 10 tujuan komposisi dalam jurnalistik:

  1. Fokus pada objek

Komposisi dalam fotografi berfungsi sebagai fokus pada hasil gambar. Seorang fotografer akan melatih kepekaan penikmat foto dalam memahami gambar tersebut dengan memberikan fokus-fokus tertentu pada objek. (Baca juga: Macam-macam Komposisi Fotografi)

  1. Memaknai pesan pada objek

Tujuan komposisi dalam fotografi yang kedua adalah memaknai pesan pada objek. Seorang fotografer akan mengambil objek sederhana menjadi luar biasa dengan bantuan objek-objek yang ada di sekitarnya, sehingga objek yang sederhana akan terlibat bercerita dan memberikan pesan yang menarik. (Baca juga: Komposisi dalam Sinematografi)

  1. Mendramatisir objek

Mendramatisir objek berarti mengambil gambar objek dengan kondisi atau situasi yang dilebih-lebihkan dari kondisi yang sebenarnya, sehingga terkesan drama. Hal ini berfungsi untuk memperindah suatu foto dan memiliki isi pesan yang menarik. (Baca juga: Macam Tema dalam Fotografi)

  1. Menambah nilai estetika pada objek

Komposisi fotografi merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan oleh fotografer untuk memposisikan objek agar sesuai dengan ruang pada lensa kamera. Komposisi fotografi berfungsi untuk menempatkan, meletakkan, memposisikan suatu objek agar nilai estetika pada objek terlihat pada foto. (Baca juga: Nilai Berita dalam Foto Jurnalistik)

  1. Memperkuat kesan pada objek

Komposisi dalam fotografi berfungsi untuk memperkuat kesan yang ingin digambarkan pada objek. Fotografi merupakan seni gambar yang dapat bercerita melalui tampilan objek-objek di foto, sehingga objek tersebut terlihat hidup dan mampu menampilkan pesan-pesan dan kesan yang dapat menguji kepekaan manusia melalui gambar. Setiap fotografer memiliki cara masing-masing untuk memperkuat kesan dalam foto sesuai dengan seleranya masing-masing. (Baca juga: Fotografi Jurnalistik)

  1. Membuat perasaan bahagia

Terkadang perasaan manusia dapat berubah-ubah dengan cepat. Tujuan komposisi fotografi kali ini berhubungan dengan perasaan manusia. Fotografi yang berbentuk gambar ini dapat menumbuhkan perasaan positif kepada manusia yang melihatnya seperti warna-warna pada objek, garis atau pola yang berbentuk pada objek, keindahan tempat yang sesuai dengan posisi objek, dan lainnya. Manusia dapat merasa bahagia apabila melihat suatu gambar yang bersifat estetik atau indah. (Baca juga: Macam-macam Lensa Kamera)

  1. Memposisikan objek

Komposisi fotografi yang juga menjadi salah satu teknik dasar dalam ilmu fotografi. Tujuannya adalah untuk memposisikan objek agar sesuai dengan keinginan sang fotografer. Suatu objek harus disesuaikan dengan maknanya. Misalnya, jika kita ingin mengambil objek seorang prajurit yang dikenal tegas, gagah, dan berwibawa. Angle atau sudut yang diambil adalah kamera dari bawah mengarah ke atas (Low Angle) untuk memberikan kesan tegas. Sedangkan, jika menggunakan teknik yang lain pesan yang disampaikan mengenai objek kurang terlihat. (Baca juga: Jenis-jenis Kamera Video)

Sponsors Link

  1. Memahami ilmu fotografi

Seorang pemula yang terjun ke dunia jurnalistik atau fotografi biasanya dibekali berbegai ilmu-Ilmu fotografi dasar. Salah satunya adalah komposisi dalam fotografi. Komposisi fotografi merupakan suatu teknik untuk menempatkan posisi objek agar sesuai dengan bingkai pada foto yang akan disesuaikan dengan kamera. Komposisi fotografi bermanfaat sebagai dasar-dasar ilmu oleh pemula fotografi agar foto yang dihasilkan menjadi bagus. (Baca juga: Jenis-jenis Kamera Digital)

  1. Memperlihatkan detail foto

Seorang fotografer menghasilkan karya fotografi sesuai dengan seleranya masing-masing. Komposisi berfungsi untuk membantu seorang fotografer menjelaskan detail-detail foto yang bercerita. Tidak hanya fokus kepada objek utama, foto yang bercerita juga membutuhkan objek-objek pendukung lainnya dan lokasi yang berbeda. Komposisi fotografi ini dapat memperlihatkan detail-detail objek tersebut. Misalnya, seorang fotografer yang ingin mengambil tema human interest dengan mengambil fokus utama seorang bapak tua yang bekerja sebagai pemulung dan objek-objek pendukungnya seperti lingkungan yang penuh dengan sampah, peralatan untuk bekerja, dan rumah yang kumuh. Sehingga seorang penikmat foto tertarik. (Baca juga: Jurnalistik Online)

  1. Mempermudah pengambilan gambar

Seorang pemula yang ingin mempelajari dunia fotografi tentu akan dipermudah dengan memperlajari teknik-teknik fotografi dan komposisi fotografi. Komposisi fotografi ini bermanfaat bagi pemula karena materinya berupa tata cara mengambil gambar yang baik dengan perpaduan gradasi warna, garis, pola, posisi objek, pencahayaan, dan teknik-teknik lainnya. (Baca juga: Jurnalistik Televisi)

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :