Sponsors Link

10 Jenis-jenis Kamera Digital – Karakteristik

Sponsors Link

Bagi pemula yang sedang mempelajari fotografi dan ingin menjadi seorang fotografer handal sebagai salah satu prospek kerja ilmu komunikasi, terdapat beberapa hal yang harus dipahami seperti teknik dasar fotografi, macam-macam komposisi fotografi, macam-macam lensa kamera, berbagai jenis kamera dan seluk beluknya, dan lain sebagainya.  Sebagimana halnya sejarah perkembangan teknologi komunikasi atau sejarah perkembangan teknologi informasi, kamera juga memiliki perjalanan sejarahnya sendiri yang tentunya terkait erat dengan perkembangan dalam teknologi fotografi itu sendiri.

ads

Evolusi kamera dimulai di penghujung abad 19 yang ditandai dengan lahirnya kamera studio yang berdiri di atas tripod dengan menggunakan piringan kaca fotografis. Kamera fotografi kemudian terus berkembang hingga kini. Di era digitalisasi seperti sekarang, sebagian besar kamera yang diproduksi oleh perusahaan ternama adalah kamera digital. Kamera digital atau disebut juga dengan digicam adalah sebuah kamera yang menghasilkan gambar yang dapat disimpan dalam memori digital, ditampilkan pada layar, serta dicetak pada media fisik. Kamera digital sendiri dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat lainnya seperti PDA atau telepon kamera.

Berbagai jenis kamera fotografi seperti kamera digital dan jenis-jenis kamera video lainnya bekerja berdasarkan prinsip-prinsip optik yang ditemukan jauh sebelum fotografi pertama diciptakan. Tidak seperti kamera konvensional yang menggunakan film, kamera digital menggunakan sebuah chip CMOS atau CCD sensitif cahaya elektronik yang mengubah gambar terfokus menjadi sinyak listik dan kemudian diubah menjadi bentuk digital dengan menggunakan kode biner.  Kamera digital hadir dalam berbagai ukuran, harga, dan kemampuan atau keunggulan fitur yang dimiliki. Kamera digital umumnya digunakan dalam bidang militer, kesehatan, ilmiah, dan tujuan khusus lainnya.

Adapun berbagai jenis kamera adalah sebagai berikut :

1. Basic Digital Camera

Basic digital camera

Basic digital camera

Basic digital camera umumnya berukuran sangat kecil atau terpasang pada perangkat yang multifungsi seperti telepon pintar atau camcorder. Kamera telepon dirancang untuk mengirim gambar-gambar thumbnail ke telepon lain atau alamat surat elektronik.

Oleh karena itu, berbagai fitur yang terdapat pada kamera telepon sangat terbatas. Misalnya, basic digital camera memiliki resolusi yang rendah dengan jumlah piksel yang terbatas dan dirancang khususnya untuk memproduksi snapshots pada layar.

Basic digital camera juga memiliki lensa sudut lebar. Beberapa teknik pengambilan gambar seperti zoom dapat dicapai dengan melakukan beberapa modifikasi gambar secara elektronik. Beberapa kamera digital yang beranggaran rendah juga dirancang sebagai webcam untuk gambar tidak bergerak dan gambar film untuk penggunaan internet dimana resolusi yang rendah serta kecilnya ukuran berkas sangat penting.

Baca juga :

2. Compact Camera

Compact camera

Compact camera

Kita biasa menyebutnya dengan kamera saku yaitu kamera yang dirancang agar mudah untuk digunakan dan mudah dibawa kemanapun. Pada compact digital camera biasanya terdapat kontrol kreatif yang lebih besar dibandingkan dengan kontrol kreatif yang ditemukan pada kamera film serupa.

Sebagian besar compact digital camera memiliki lensa zoom yang telah terpasang pada kamera dan memiliki rentang bervariasi tergantung pada masing-masing model.

Selain itu, compact digital camera juga memiliki jumlah piksel serta resolusi maksimum yang bervariasi. Pada kamera digital seringkali terdapat beberapa kontrol terhadap kecepatan rana, aperture, keseimbangan warna, dan focus.

Namun, berbagai fitur tersebut terlihat kurang bila dibandingkan dengan model SLR atau hibrid. Kamera digital juga memiliki monitor LCD lebih akurat dan lebar. Jendela bidik atau viewfinder pada kamera digital menyuguhkan pandangan yang sedikit berbeda dari apa yang dilihat oleh lensa.

Baca juga :

Sponsors Link

3. Rugged Camera

Rugged camera

Rugged camera

Kamera saku digital yang satu ini merupakan kamera saku yang tangguh dalam memberikan perlindungan terhadap perendaman, kondisi panas dan dingin, guncangan, dan tekanan. Istilah rugged digunakan untuk menggambarkan berbagai karakteristik yang dimiliki oleh kamera ini seperti tahan air, tahan dingin, tahan panas, tahan guncangan, dan benturan. Hampir sebagian besar produsen kamera memiliki produk kamera jenis ini.

Kekurangan kamera jenis ini terletak pada fitur yang dimiliki oleh kamera jenis ini yang tidak seperti fitur yang dimiliki oleh kamera saku biasa. Kelebihannya adalah kamera jenis ini memiliki fitur video yang mampu merekam suara.

Selain itu, fitur lainnya adalah stabilisator gambar, lampu flash yang telah terpasang, LCD layar sentuh, serta GPS yang tidak bekerja di bawah air.

Baca juga :

4. Action Camera

Action Camera

Action Camera

Berbagai merek kamera seperti GoPro dan lain-lain menawarkan action digital kamera yang tangguh, kecil, dan mudah dipasang pada helm, lengan, sepeda, dan lain-lain. Sebagian besar kamera jenis ini memiliki sudut lebar, fokus tetap, dan dapat mengambil gambar diam serta video dengan suara.

Kamera jenis ini kini makin banyak diminati oleh masyarakat seiring dengan kebutuhan mereka untuk berbagi foto dan video di berbagai media sosial. Para produsen menawarkan kamera jenis ini dengan harga bersaing dan tersedia dalam berbagai pilihan. Umumnya, kamera jenis ini dilengkapi dengan pelindung tahan air, berbagai aksesori, serta pemasangan yang sesuai.

Baca juga :

5. 360-degree Digital Camera

Kamera 360

Kamera 360

Kamera digital 360 derajat dapat mengambil gambar atau video 360 derajat dengan menggunakan dua lensa back-to-back dan mengambil gambar pada saat yang bersamaan. Kamera digital 360 derajat dilengkapi dengan mode virtual reality, built-in stitching, Wifi, dan Bluetooth.

Kamera jenis ini juga dapat digunakan untuk kepentingan live streaming. Beberapa kamera jenis ini juga dapat berperan sebagai action camera.

Baca juga :

ads

6. Bridge Camera atau Super Zoom Camera

Bridge camera

Bridge camera

Bridge camera atau dikenal juga dengan Advanced Compact Camera adalah basic compact camera tingkat lanjut. Kamera jenis ini secara fisik mirip dengan kamera digital DSLR dan karena itulah kamera ini terkadang disebut juga dengan DSLR-shape atau DSLR-like.

Bridge digital camera menyuguhkan beberapa fitur serupa dengan kamera digital lainnya namun seperti kamera saku, kamera jenis ini menggunakan sebuah lensa tetap yang tidak dapat dilepasatau diganti dengan lensa lainnya serta sensor gambar dan lensa yang lebih kecil.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh bridge digital camera adalah menggunakan pratinjau langsung untuk membingkai gambar, umumnya memiliki fokus otomatis namun ada juga beberapa kamera  jenis ini yang memiliki fokus manual dan cincin fokus yang terpisah untuk kontrol lebih besar. Selain itu, kamera jenis ini juga memiliki ukuran yang besar secara fisik dengan sensor kecil yang memungkinkan superzoom dan aperture yang lebar. Bridge digital camera pada umumnya memiliki sistem stabilisator gambar untuk dapat mengatur exposure lebih lama.

Baca juga :

7. Compact System Camera atau Mirrorless Interchangeable Lens Camera

Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless

Kamera jenis ini memiliki kesamaan dengan kamera DSLR yang memungkinkan bagi fotografer untuk menggunakan kamera ini dalam mode manual penuh, otomatis, atau semi-otomatis sebagaimana kamera DSLR.

Beberapa produsen kamera menggunakan nama Compact System Camera dan beberapa produsen lainnya menggunakan nama Mirrorless Interchangeable Lens Camera. Namun keduanya merujuk jenis kamera yang sama.

Berbagai fitur yang dimiliki oleh kamera jenis ini adalah lensa kamera yang dapat diganti dan berukuran lebih kecil dari kamera DSLR. Kecilnya ukuran kamera disebabkan tidak adanya jendela bidik optic sebagaimana halnya yang dimiliki kamera DSLR. Kamera jenis ini juga tidak memiliki sistem mirror. Kamera jenis ini dilengkapi dengan layar LCD dan/atau jendela bidik elektronik untuk melihat pratinjau adegan yang akan difoto.

Baca juga :

8. DSLR Camera atau Digital Single Lens Reflex Camera

Kamera DSLR

Kamera DSLR

Kamera DSLR adalah kamera yang banyak terdapat di pasaran. Kamera DSLR memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan kamera saku. Kamera jenis ini menggunakan cermin reflex yang dapat merefeksikan cahaya dan terdapat berbagai macam mode pengambilan gambar seperti manual penuh, otomatis, aperture priority, program, dan shutter priority.

Kamera DSLR memungkinkan kita untuk melakukan kontrol lebih dalam pengambilan gambar serta pengaturan exposure. Fitur lain yang dimiliki kamera DSLR adalah sensor gambar yang lebih lebar sehingga dapat menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Kamera jenis ini juga memiliki lensa yang dapat dirubah yang disesuaikan dengan beragam situasi.

Lensa pada kamera jenis ini juga dapat dilepasn atau diganti dengan lensa lain yang memiliki panjang titik fokus mencapai 200mm.  Kamera DSLR memungkinkan kita untuk menggunakan beragam lensa zoom dengan rentang zoom yang berbeda.

Baca juga :

Sponsors Link

9. Digital Rangefinder Camera

Digital rangefinder

Digital rangefinder

Digital rangefinder camera adalah kamera pengintai yang dilengkapi dengan alat pengintai jarak jauh. Alat ini berfungsi untuk mengukur jarak subyek dengan cara menyesuaikan fokus lensa obyektif kamera berdasarkan open-loop controller.

Mekanisme pengaturan jarak dan lensa dapat dilakukan secara bersama-sama ataupun tidak. Sebagian besar kamera mencapai focus melalui analisis gambar yang diambil oleh lensa obyektif dan estimasi jarak.

Baca juga:

10. DSLT Camera atau Digital Single Lens Translucent Camera

Kamera DSLT

Kamera DSLT

Kamera DSLT memiliki perbedaaan dengan kamera DSLR dalam hal cermin yang digunakan. Dalam  kamera DSLT, yang digunakan adalah cermin translucent tetap atau cermin transmisif atau cermin semi transparan.

Bagian kecil cahaya direfleksikan ke sensor autofocus sementara bagian sinar cahaya yang lain melewati cermin translucent. Kamera jenis ini mampu merekam 7 hingga 10 bingkai gambar per detik.

Baca juga:

Manfaat Mempelajari Jenis-jenis Kamera Digital

Mempelajari jenis-jenis kamera digital dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah kita mengetahui dan memahami berbagai jenis kamera digital dan fitur yang dimiliki serta fungsi masing-masing kamera dalam dunia fotografi.

Demikianlah uraian singkat tentang jenis-jenis kamera digital. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai jenis kamera digital dan fungsinya dalam dunia fotografi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Visual