Sponsors Link

8 Pendekatan Manajemen dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Komunikasi menjadi sebuah landasan dalam kegiatan sehari-hari. Komunikasi dianggap sebagai hal yang fundamental oleh manusia. Komunikasi digunakan oleh seseorang untuk menyalurkan ide-ide atau gagasan baik secara verbal (lisan, tulisan, gambar) maupun non verbal (bahasa tubuh, ekspresi, isyarat, dan sebagainya). Komunikasi kali ini berkaitan dengan proses kegiatan dalam suatu bisnis.

ads

Komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran gagasan, ide, informasi, yang memiliki tujuan tertentu dan terjadi secara terus-menerus kemudian berkembang untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Komunikasi bisnis berkaitan dengan istilah manajemen.

Manajemen adalah sebuah proses mengelola, mengendalikan, mengurus, merencanakan, mengusahakan, serta memimpin dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Adapun unsur-unsur dalam manajemen adalah manusia sebagai pekerja maupun konsumen dalam suatu organisasi, uang sebagai alat tukar menukar, bahan yang akan dipasarkan kepada konsumen, mesin dan metode yang menjadi alat pendukung dalam proses kegiatan, dan terakhir pemasaran suatu produk. (Baca juga: Sistem Manajemen Komunikasi dalam Bisnis)

Berikut ini merupakan pendekatan menajemen dalam komunikasi bisnis:

  1. Pendekatan sumber daya manusia

Pendekatan yang pertama adalah pendekatan sumber daya manusia. Pendekatan sumber daya manusia dalam komunikasi bisnis merupakan suatu peningkatan kinerja kerja dalam sebuah perusahaan.

Unsur-unsur dalam pendekatan sumber daya manusia ini berupa motivasi, apresiasi dalam bekerja, kelompok kerja, lingkungan kerja, komunikasi, dan unsur lainnya yang berhubungan dengan kegiatan kerja dalam sebuah perusahaan. (Baca juga: Manajemen Komunikasi dalam Perusahaan)

  1. Pendekatan situasional

Pendekatan situasional merupakan suatu pendekatan dalam sebuah perusahaan yang berkaitan dengan manajemen yang didasari atas kondisi baik internal maupun eksternal.

Pendekatan situasional ini merupakan suatu pendekatan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam dunia bisnis. Komunikasi yang efektif dalam dunia bisnis dapat memudahkan seseorang untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi di perusahaan tersebut. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Bisnis dalam Manajemen)

  1. Pendekatan sistem kerjasama sosial

Pendekatan berikutnya adalah pendekatan sistem kerjasama sosial. Pendekatan ini melibatkan manajemen dalam suatu bisnis di perusahaan. Sistem kerjasama sosial ini berupa sistem kerjasama yang dilakukan oleh berbagai perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Pendekatan sistem kerjasama sosial ini mengandalkan komunikasi bisnis untuk memanajemenkan pertemuan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. (Baca juga: Komunikasi Bisnis)

Sponsors Link

  1. Pendekatan perilaku kelompok

Pendekatan kelompok merupakan salah satu pendekatan manajemen dalam komunikasi bisnis. Pendekatan ini mempelajari manajemen dari segi psikologi sosial melalui pola perilaku suatu kelompok dalam sebuah perusahaan.

Selain itu, pendekatan perilaku kelompok juga menitikberatkan pada hubungan antara suatu kelompok dalam suatu perusahaan dengan kelompok dalam perusahaan lain.

Komunikasi bisnis berperan sebagai jembatan untuk menghubungi kedua kelompok tersebut. Faktor perilaku dalam kelompok juga menentukan kerjasama antara berbagai kelompok dalam suatu perusahaan. (Baca juga: Komunikasi Bisnis Menurut Ahli)

  1. Pendekatan antar individu

Komunikasi dalam suatu perusahaan memiliki berbagai pendekatan untuk mencapai kesuksesan bersama. Pendekatan antar individu menjadi pendekatan berikutnya setelah pendekatan perilaku kelompok. Kelompok merupakan suatu perkumpulan yang terdiri atas individu-individu.

Setiap individu memiliki peilaku yang berbeda-beda karena individu juga memiliki latar belakang budaya yang beragam. Pendekatan antar individu ini berperan penting untuk memanajemen pekerjaan yang ada dalam perusahaan.

Misalnya, kegiatan antara manajer dengan kepala perusahaan dalam perusahaan. Komunikasi bisnis selalu digunakan dalam kegiatan di sebuah perusahaan. (Baca juga: Pengaruh Komunkasi Bisnis dalam Perusahaan)

  1. Pendekatan kebiasaan

Manajemen dalam sebuah perusahaan akan terjadi melalui beberapa pengalaman masa lalu yang kemudian menjadi pembelajaran oleh seorang petinggi di perusahaan. Itu sebabnya setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam manajemen di perusahaan tergantung oleh siapa pemimpin dalam perusahaan tersebut.

Manajemen dalam perusahaan akan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh petinggi perusahaan. Proses ini dikaitkan dengan komunikasi bisnis yang efektif untuk menciptakan sistem yang baik dalam perusahaan.

Pendekatan kebiasaan ini terjadi karena adanya latar belakang budaya yang berbeda pada setiap orang, sehingga setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. (Baca juga: Bentuk Komunikasi Bisnis)

Sponsors Link

  1. Pendekatan pusat komunikasi

Pendekatan pusat komunikasi merupakan pendekatan dalam manajemen yang terfokus pada komunikasi yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti dalam suatu perusahaan menggunakan komunikasi yang disebut komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis terdiri atas unsur-unsur manajerial seperti perencanaan, pengolahan, pengawasan, dan proses lainnya. Manajer adalah orang yang bertugas mengatur kegiatan yang akan berlangsung dalam sebuah perusahaan.

Seorang manajer biasanya memiliki keahlian dalam komunikasi bisnis untuk mempermudah setiap kegiatan di perusahaan dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Baca juga: Model Komunikasi Bisnis)

  1. Pendekatan teori keputusan

Pendekatan teori keputusan adalah keputusan yang dibuat oleh para petinggi perusahaan setelah mengadakan diskusi dalam membuat kebijakan-kebijakan.

Keputusan tersebut bersifat rasional, ilmiah, dan logis. Sebelum memberikan keputusan, setiap perusahaan akan membuat agenda diskusi untuk para petinggi dan karyawannya. Kemudian ada proses evaluasi sebelum mengambil keputusan.

Pendekatan teori keputusan ini mampu meningkatkan produktivitas dalam sebuah perusahaan melalui kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan bersama. (Baca juga: Fungsi Etika dalam Komunikasi Kantor)

Demikian penjelasan terkait apa saja pendekatan manajemen dalam komunikasi bisnis yang biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis