Sponsors Link

10 Peranan Fotografi dalam Kehidupan

Sponsors Link

Fotografi mulai digemari oleh masyarakat luas. Dahulu fotografi hanya digunakan untuk mengabadikan momen-momen tertentu dan orang yang mempunyai kamera relatif sedikit. Pada waktu itu kamera memiliki harga yang mahal. Saat ini teknologi telah memudahkan masyarakat untuk memperoleh gambar melalui smartphone yang telah dilengkapi oleh fitur kamera berkualitas. (Baca juga: Teknik Dasar Fotografi)

ads

Fotografi tidak hanya dilakukan oleh seorang fotografer, tetapi semua orang belakangan ini telah menguasai berbagai teknik pengambilan gambar yang menarik dan indah. Fotografi yang saat ini menjadi popular dikalangan remaja terutama dengan adanya media sosial yang berbasis fotografi seperti instagram.

Kemudahan dalam mengupload berbagai foto di media sosial tersebut menjadikan fotografi sebagai konsumsi masyarakat. Berikut ini merupakan peranan fotografi dalam kehidupan di masyarakat:

  1. Mengabadikan momen

Fotografi ini berperan penting dalam kehidupan di masyarakat. Fotografi menjadi media yang mampu mengabadikan momen-momen yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, momen kebahagiaan yang dapat diabadikan biasanya pada pesta pernikahan, kebersamaan dengan keluarga, pesta ulang tahun, dan momen kebahagiaan lainnya.

Tidak hanya momen kebahagiaan, momen kesedihan juga sering diabadikan pada peristiwa di masyarakat, seperti kematian, kecelakaan, dan momen kesedihan lainnya. (Baca juga: Macam-macam Komposisi Fotografi)

  1. Sebagai ilmu pengetahuan

Fotografi merupakan seni mencetak gambar dengan menggunakan cahaya. Artinya fotografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan. Peran fotografi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai ilmu pengetahuan. Semua pengguna media sosial tanpa disadari telah memperoleh ilmu pengetahuan berupa fotografi.

Ilmu pengetahuan ini dapat dipelajari dengan mencari berbagai referensi di internet tanpa harus belajar secara formal. Fotografi ini menjadi ilmu yang tanpa disadari telah memasuki kehidupan masyarakat yang mengikuti perkembangan zaman. (Baca juga: Tujuan Komposisi dalam Fotografi)

  1. Menceritakan sejarah

Fotografi yang berperan sebagai media yang dapat menceritakan sejarah karena fotografi dapat mengabadikan momen-momen khususnya momen yang tidak dapat diulang kembali. Sejarah mengandalkan fotografi untuk menceritakan kisah-kisah terdahulu. Selain itu, fotografi juga berperan sebagai fakta atau bukti terhadap sejarah-sejarah kehidupan. (Baca juga: Unsur Visual pada Fotografi)

  1. Bernilai estetika

Fotografi menampilkan berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Mulai dari cerita kehidupan, pemandangan alam, acara ritual adat, sosok, dan lain sebagainya. Adanya keragaman dalam dunia fotografi ini nampaknya memberikan peran yang sesuai dengan keindahan, yaitu fotografi bernilai estetika. Gambar kehidupan yang biasa saja dapat diciptakan dengan nilai estetika yang tinggi tergantung dengan teknik fotografinya. (Baca juga: Unsur Grafis pada Fotografi)

Sponsors Link

  1. Perubahan sosial

Fotografi sering dijadikan sebagai media untuk mengkampanyekan atau mengajak masyarakat dalam kegiatan-kegiatan positif. Adanya foto yang memiliki tema sesuai dengan kampanye tersebut dapat berperan penting dalam perubahan sosial. Misalnya, seseorang yang mengkampanyekan Go Green akan menampilkan foto-foto yang berhubungan dengan lingkungan hijau dan alami serta pemandangan alam yang indah. (Baca juga: Macam Tema dalam Fotografi)

  1. Media informasi

Seni fotografi ini diperkenalkan kepada masyarakat melalui berbagai pameran fotografi dengan berbagai tema tertentu. Kegiatan pameran fotografi ini bertujuan untuk memperkenalkan seni fotografi kepada masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pameran fotografi bisa dilakukan melalui media sosial dengan berbagai caption yang menarik. Caption foto berisi penjelasan dan informasi megenai foto-foto yang dipamerkan. Dengan demikian, fotografi berperan sebagai media informasi melalui gambar atau foto. (Baca juga: Fotografi Jurnalistik)

  1. Menambah penghasilan

Seorang fotografer akan lebih mudah memperkaya dirinya untuk menghasilkan uang. Berbagai teknik dan kreativitas yang dipelajari dapat menghasilkan foto-foto yang bagus, sehingga menarik minat konsumen atau pecinta fotografi untuk menggunakan jasanya.

Namun ada juga seorang yang memang bagus untuk dijadikan model atau disebut foto genic menjadi popular di media dan kemudian mendapatkan honor atas keahliannya dalam berpose di depan kamera. Misalnya, seorang fotografer bekerja sebagai fotografer Buku Tahunan Sekolah (BTS), foto prewedding, foto wedding, dan lain sebagainya. (Baca juga: Nilai Berita dalam Foto Jurnalistik)

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Seorang yang tidak terbiasa berhadapan dengan kamera akan bersikap malu-malu bahkan tegang untuk berpose bagaikan model. Seiring dengan perkembangan zaman maka fotografi menjadi hobi yang sering dilakukan oleh masyarakat terutama pada sosial media.

Banyak orang yang tidak percaya diri di depan kamera menjadi percaya diri. Hal ini merupakan salah satu dari peran fotografi dalam kehidupan, yaitu meningkatkan rasa percaya diri. (Baca juga: Macam-macam Lensa Kamera)

Sponsors Link

  1. Meningkatkan kreativitas

Teknik fotografi merupakan salah satu cara untuk menghasilkan foto yang bagus. Namun saat ini masyarakat lebih senang mengeksplorasi dirinya sendiri dalam teknik pengambilan gambar tergantung dari selera masing-masing. Dengan demikian, fotografi dapat meningkatkan kreativitas masyarakat.

Misalnya, teknik pengambilan gambar yang menggunakan ilustrasi mata dimana seorang model memperagakan menangkap bulan. Kenyataannya jarak bulan dengan sang model jauh, hanya teknik fotografi saja yang membuatnya menarik. (Baca juga: Jenis-jenis Kamera Digital)

  1. Media ekspresi diri

Fotografi menjadi media ekspresi diri dimana masyarakat yang menggunakan smartphone lebih mudah mengambil gambar dirinya sendiri atau sering dikenal dengan nama selfie. Seseorang akan menyalurkan ekspresi dirinya di media sosial agar menarik simpati orang-orang.

Misalnya, seseorang yang sedang sedih akan berfoto dengan ekspresi wajah yang sedih dan didukung oleh keterangan atau caption yang sedih, orang yang bahagia berekspresi dengan senyuman, dan lain sebagainya. (Baca juga: Jenis-jenis Kamera Video)

Demikian penjelasan terkait beberapa peranan fotografi dalam kehidupan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital