Sponsors Link

15 Pengaruh Multimedia Dalam Bidang Komunikasi yang Luar Biasa

Sponsors Link

Salah satu bentuk komunikasi yang terjadi dengan menggunakan media elektronik dinamakan dengan komunikasi bermedia. Terdapat dua jenis komunikasi bermedia yaitu komunikasi massa dan komunikasi bermedia komputer. Dalam sistem komunikasi massa,  komunikator menggunakan teknologi seperti radio dan televisi untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Sementara itu, komunikasi bermedia komputer terjadi ketika interaksi antar manusia dilakukan melalui jaringan komputer. Sistem komunikasi bermedia komputer meliputi seluruh bentuk media baru atau media massa kolaboratif yang memadukan elemen-elemen arus informasi dari satu ke banyak dan dialog kooperatif dari banyak ke banyak. Adapun teknologi media baru mencakup internet, portal, mobile phone, gaming dan animasi dan multimedia.

ads

Pengertian

Salah satu bentuk pengaruh media baru dalam komunikasi adalah multimedia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, multimedia adalah penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks. Pengertian multimedia yang lebih lengkap tercantum dalam Dictionary of Media yang menyatakan bahwa multimedia adalah sistem komputer yang memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi dan menggunakan berbagai macam jenis media yang berbeda seperti teks, suara, video, grafis, dan animasi. Proses penyampaian pesan yang dilakukan secara interaktif dengan memadupadankan elemen-elemen multimedia disebut dengan komunikasi multimedia.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada umumnya, sebagian besar sistem multimedia terdiri dari personal computer dengan kartu suara, modem, digital speaker unit, CD-ROM, dan berbagai macam peralatan lain. Untuk sistem multimedia interaktif komersial terdiri atas layanan televisi kabel dengan interface computer yang memungkinkan penonton untuk berinteraksi dengan program televisi, sistem audiovisual interaktif berkecepatan tinggi, seperti konsol video games dan virtual reality systems yang menciptakan lingkungan sensor artifisial.

Multimedia kini banyak diterapkan dalam berbagai bidang seperti periklanan, seni, pendidikan, hiburan, kesehatan, bisnis, penelitian ilmiah, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa pengaruh multimedia dalam bidang komunikasi yang sangat penting :

1. Pendidikan

Salah satu sarana pembelajaran yang paling efektif di era digital seperti sekarang adalah e-learning. E-learning sendiri diartikan sebagai pola pembelajaran yang dilakukan melalui internet. Dalam e-learning, proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Materi pembelajaran pun disampaikan melalui laman atau tutorial. Media yang memegang peran yang sangat penting dalam proses komunikasi pembelajaran melalui internet adalah multimedia.

Multimedia sangat membantu proses pembelajaran secara jarak jauh. Hal ini disebabkan multimedia terdiri dari aspek visual dan aspek audio. Aspek visual yang dimaksud adalah berupa video dan aspek audio adalah suara manusia yang menyampaikan materi. Dalam proses e-learning, kedua media ini digunakan secara bersama-sama dan metode ini diyakini memiliki dampak yang sama seperti guru yang mengajar dalam kelas.

2. Penelitian Ilmiah

Masih terkait dengan pendidikan, selain digunakan sebagai sarana pembelajaran, multimedia juga digunakan untuk penelitian ilmiah khususnya di bidang matematika atau ilmu pasti lainnya seperti fisika, kimia, atau biologi. Dalam penelitian ilmiah, multimedia umumnya digunakan sebagai sarana pemodelan atau simulasi. Misalnya, simulasi terjadinya tumbukan lempeng bumi yang menyebabkan gempa bumi besar hingga menciptakan tsunami.

3. IPTEK

Multimedia juga semakin banyak digunakan atau diterapkan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Di era digital seperti sekarang, multimedia memungkinkan penggunanya untuk dapat mengirim audio, pesan, dan dokumen yang berformat multimedia. Selain itu, multimedia juga sangat membantu terjadinya interaksi secara langsung melalui pesan-pesan audio. Sebagaimana komunikasi online atau komunikasi digital lainnya, komunikasi melalui multimedia dapat menghemat waktu dan biaya serta dapat digunakan di berbagai situasi penting.

Sponsors Link

4. Jurnalistik

Multimedia pun menyasar bidang jurnalistik sebagai salah satu cabang ilmu komunikasi. Kini, multimedia pun digunakan untuk membantu proses produksi beragam majalah dan surat kabar. Multimedia berperan besar dalam perancangan majalah atau surat kabar agar terlihat menarik di mata pembacanya. Baik surat kabar maupun majalah tidak hanya memuat teks tetapi juga gambar-gambar seperti infografis atau foto pendukung. Kini, multimedia  banyak digunakan oleh berbagai portal berita atau portal berbau jurnalistik lainnya. Tentunya kita juga dapat melihat surat kabar atau majalah dalam bentuk elektronik yang di dalamnya tidak hanya terdiri teks berita melainkan juga foto atau gambar dan bahkan video.

5. Kesehatan

Di bidang medis atau kesehatan, dokter dapat berlatih dengan melihat operasi virtual atau mereka dapat memberikan simulasi mengenai bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh penyakit yang diseberkan oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik-teknik untuk mencegahnya. Penerapan multimedia seperti operasi virtual juga membantu dokter untuk memperoleh pelatihan secara praktek.

6. Periklanan

Multimedia juga diterapkan dalam bidang periklanan. Jika kita amati, iklan-iklan yang tersaji di berbagai media ternyata telah banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Hal ini tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat terutama kehadiran internet sebagai media komunikasi di dunia bisnis. Kini semakin banyak perusahaan periklanan yang menggunakan multimedia sebagai sarana untuk mengiklankan suatu produk atau layanan untuk menjangkau masyarakat yang jauh lebih luas. Iklan-iklan ini dipersiapkan dengan sangat matang oleh para ahli dengan menggunakan perangkat lunak khusus agar masyarakat luas atau khalayak sasaran tertarik dan bersedia membeli produk atau layanan yang diiklankan.

7. Pemasaran

Kegiatan komunikasi pemasaran dan promosi kini dapat menggunakan beragam media. Media yang dulu kini kerap digunakan dalam kegiatan promosi dan pemasaran di antaranya adalah media cetak seperti poster atau surat kabar; media elektronik seperti radio, televisi, atau telepon; dan media online atau daring seperti surat elektronik, media sosial, dan tentunya multimedia. Terdapat beberapa keuntungan dan biaya untuk masing-masing jenis pemasaran dan karenanya sangat penting bagi pemasar untuk memahami tujuan masing-masing kampanye pemasaran serta jenis media terbaik yang dapat memfasilitasi kegiatan pemasaran dan promosi. Namun, kegiatan pemasaran dan promosi dengan menggunakan multimedia menjadi salah satu pilihan walaupun biaya yang dibutuhkan sangat besar. Dengan multimedia, kegiatan pemasaran dan promosi menjadi lebih menarik dan membantu membentuk brand awareness dengan cara-cara yang unik dan tak biasa.

ads

8. Hiburan dan Seni

Multimedia juga banyak digunakan dalam industri hiburan seperti penciptaan efek-efek khusus pada film maupun animasi lainnya. Beberapa projek yang tengah direncanakan dan telah berjalan dan dapat kita temui di masa sekarang adalah televisi digital, video-on-demand, permainan interaktif, dan televisi interaktif.  Di bidang seni, terdapat beberapa seniman multimedia yang menggabungkan teknik-teknik dengan menggunakan media berbeda yang dalam cara tertentu menggabungkan interaksi dengan penontonnya. Salah satu seniman terkenal yang menggabungkan sinema dengan opera dengan bantuan media digital adalah Peter Greenaway.

9. Industri Permainan

Pengaruh multimedia dalam bidang komunikasi selanjutnya adalah industri permainan. Sejatinya, sistem multimedia pertama kali diterapkan dalam bidang hiburan dan industri permainan video. Kini, internet dapat digunakan untuk memainkan suatu permainan yang melibatkan banyak pemain sekaligus secara langsung atau daring. Adanya efek video dan audio yang terintegrasi inilah yang membuat beragam jenis permainan menjadi lebih menghibur.

10. Perpustakaan Virtual

Kini, kita tidak perlu datang langsung ke perpustakaan hanya untuk meminjam buku. Multimedia telah membuat kita mudah untuk mengakses perpustakaan virtual untuk mencari berbagai bahan atau materi yang dibutuhkan dari seluruh dunia dalam bentuk aslinya. Kita juga dapat mencetak dan memodifikasi materi secara instan.

11. Memudahkan Akses Informasi

Era yang kita pijak sekarang adalah era informasi. Dan karena itu, kita kerapkali dihadapkan pada situasi di mana informasi begitu melimpah ruah. Besarnya limpasan informasi ini justru membuat infromasi tersebut menjadi sulit untuk diakses. Namun, kehadiran multimedia telah memberikan kemudahan bagi kita untuk mencari informasi dengan cepat dan efisien. Selain itu, multimedia menyuguhkan cara-cara yang efektif bagi kita untuk mengatur informasi yang ada.

12. Komunikasi Bisnis

Salah satu contoh penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis adalah multimedia. Multimedia merupakan alat yang sangat kuat untuk menciptakan kualitas komunikasi bisnis. Berbagai kegiatan komunikasi bisnis seperti pelatihan karyawan yang berbasis komputer, informasi dan promosi produk, presentasi penjualan, informasi pelanggan, atau laporan kepada pemegang saham kini dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi multimedia. Selain itu, multimedia juga dibutuhkan untuk mengakses basis data informasi tentang suatu perusahaan.

13. Virtual Reality

Virtual reality adalah penerapan multimedia yang mengkombinasikan video, stereo, dan grafis computer yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan tiga dimensi interaktif yang memungkinkan penggunanya berada di dalam simulasi. Virtual reality telah banyak diterapkan di berbagai bidang, seperti pelatihan militer, proses perancangan arsitektur dan bidang teknik lainnya, dan lain-lain.

Sponsors Link

14. Membantu Proses Produksi Perekaman

Multimedia sangat membantu dalam proses produksi perekaman baik perekaman audio maupun perekaman video. Proses produksi perekaman sendiri dapat dibagi menjadi dua macam yaitu proses sebelum produksi dan proses setelah produksi. Proses sebelum produksi perekaman meliputi beberapa tahapan yaitu merancang storyboard termasuk tata cara penggunaan kamera dan pencahayaan untuk mengambil atau merekam adegan, penulisan cerita, dan tata cara menggunakan transisi video. Sementara itu pada proses setelah produksi, kegiatan-kegiatan yang dilakukan meliputi penyuntingan adegan, menambahkan efek-efek transisi yang berbeda, menambahkan karakter suara, latar belakang, pengisian suara, dan hal-hal lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi multimedia.

15. Sistem Informasi dan Representasi Jarak Jauh

Yang dimaksud dengan sistem informasi adalah seluruh sistem yang bertujuan untuk menyediakan berbagai jenis-jenis informasi kepada penggunanya. Beberapa contoh penerapan sistem informasi di antaranya adalah electronic publishing, hospital information systems, navigation dan information systems, dan museum. Sementara itu, representasi jarak jauh adalah sistem yang merepresentasikan pengguna di lokasi tertentu. Represenstasi dapat bersifat aktif maupun pasif. Contohnya adalah aplikasi konferensi, pembelajaran jarak jauh, remote auctions, remote robotic agents, remote task agents, dan virtual reality.

Manfaat Mempelajari Pengaruh Multimedia dalam Bidang Komunikasi

Mempelajari pengaruh multimedia dalam bidang komunikasi dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya adalah :

  • Kita mengetahui dan memahami pengertian multimedia.
  • Kita mengetahui dan memahami beberapa pengaruh multimedia dalam bidang konteks komunikasi.

Demikianlah ulasan singkat tentang pengaruh multimedia dalam bidang komunikasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang multimedia dan pengaruhnya dalam beberapa bidang komunikasi.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital