Sponsors Link

13 Cara Menciptakan Komunikasi Dua Arah Dalam Diskusi Paling Efektif

Sponsors Link

Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VOIP. Komunikasi dua arah merupakan suatu proses komunikasi yang mengandung adanya hubungan timbal balik atau respon yang diberikan pada saat pesan disampaikan. Didalam komunikasi dua arah, kedua pihak yang melakukan komunikasi akan saling berperan aktif dengan memberikan respon satu sama lain.

ads

Oleh sebab itulah, membangun atau menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi dikenal sulit atau tidak mudah. Namun bagi anda yang sedang mempelajari bagaimana cara menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi tidak perlu khawatir lagi sebgaimana cara meningkatkan komunikasi interpersonal , karena berikut ini ada 12 cara menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi paling efektif. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Mendengarkan dengan Baik

Dalam komunikasi dua arah, ada yang berbicara, dan ada yang mendengar. Yang sering terjadi adalah tiap pihak saling menunggu kesempatan untuk berbicara tanpa meluangkan waktu untuk mendengar apa yang disampaikan pihak lain (karena ia sibuk menyiapkan apa yang akan disampaikan). Seringkali, banyak permasalahan dapat terselesaikan justru bukan karena seseorang menjadi pembicara yang handal, melainkan karena ia bersedia memahami orang lain dengan cara mendengarkan dengan saksama apa yang disampaikan (keluhan, masalah, keinginan, harapan). Informasi yang didengar inilah yang bisa dijadikan dasar untuk menentukan langkah selanjutnya untuk menyelesaikan masalah.

2. Bersikap Terbuka

Untuk mendorong tiap pihak untuk saling terbuka, seorang pimpinan hendaknya tidak menghukum orang yang menyampaikan pendapat, masalah, atau perasaannya. Keterbukaan bisa juga dibuatkan wadahnya, yaitu melalui bulletin board, kotak saran, atau media antarkaryawan. Karyawan yang menyampaikan pendapat atau ide yang bisa dimanfaatkan perusahaan, bisa diberikan hadiah, atau penghargaan. Demikian juga dengan karyawan yang bisa mengidentifikasi atau mengantisipasi masalah serta mengusulkan alternatif pemecahannya sebagai manfaat komunikasi dua arah .

3. Komunikatif

Bersikap komunikatif merupakan kunci utama dari menciptakan komunikasi dua arah yang efektif. Terlebih lagi dalam diskusi dibutuhkan interaksi antara kedua belah pihak sehingga menjadi mengikat dan juga menjadi saling tertarik dlam mebicarakan isi pesan yang hendak disampaikan. Sikap komunikatif juga merupakan sarana menciptakan situasi diskusi yang kondusif.

4. Menyamakan Persepsi

Komunikasi dua arah sering terhambat karena adanya perbedaan persepsi terhadap suatu masalah. Dengan demikian, dalam berkomunikasi, ada baiknya disampaikan juga latar belakang pemikiran dari ide yang disampaikan, sehingga orang lain juga bisa memiliki persepsi yang sama, berangkat dari persepsi yang sama, atau paling tidak memahami persepsi orang yang menyampaikan informasi tersebut. Jika pemahaman sudah tergalang, maka komunikasi dua arah akan lebih mudah mengalir.

Sponsors Link

5. Respek Terhadap Pendapat Orang Lain

Menghargai pendapat oranag lain menunjukkan bukti bahwa kita adalah orang yang memiliki tatanan dan etika yang baik. Sebab pada umumnya tidak semua orang dapat respek dan menghargai pendapat orang lain terutama dalam forum diskusi. Sikap menghargai orang lain ini juga tentu akan menciptakan suasana komunikasi dua arah yang tidak hanya efektif tapi juga kindusif dan sesuai dengan apa yang diharapkan sebagai pengaruh komunikasi dalam budaya .

6. Penggunaan Komunikasi Non Verbal

Bahasa nonverbal dapat digunakan dan dipakai dalam segala jenis komunikasi, termasuk juga dalam komunikasi dua arah. Tentunya hal ini merupakan sebuah hal yang dirasa dapat menjadikan komunikasi dua arah dalam diskusi menjadi lebih hidup. Sebab penggunaan bahasa nonverbal tidak hanya dapat mengikat namun juga dapat memberikan keterikan kepada seluruh pelaku diskusi. Dimana suasana yang tercipta akan cenderung lebih akrab dan nyaman serta tidak kaku.

7. Bersikap Pengertian

Salah satu cerminan sikap yang wajib ditonjolkan dalam diskusi  adalah dengan memberikan sikap pengertian terhadap orang lain. Terlebih lagi sikap ini menggambarkan bahwa anda bukan hanya seseorang yang penting namun juga menghargai apa yang ada dalam diskusi tersebut. Sikap pengertian ini juga merupakan gabungan dari peran penting entitas manuasis dalam menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi. Tanpa adanya pengertian dari kedua belah pihak maka diskusi tidak akan dapat dilakukan sebagi cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi .

8. Utamakan Kesabaran

Diskusi sendiri merupakan forum yang melibatkan banyak orang, sehingga tentunya akan ada banyak pendapat dan persepsi satu sama lain yang bisa jadi dapat seide atau juga bersebrangan. Oleh sebab itu maka kemudian sangat penting mengendepankan kesabaran dalam forum diskusi sehingga komunikasi dua arah dapat dibangun dengan lebih baik dan lebih arif. Jadi sikap permusuhan atau gontok gontokan dan kekacauan yang dapat ditimbulkan dari diskusi dapat diminamilisir.

9. Jangan Emosi

Dalam diskusi sebagai upaya menciptakan komunikasi dua arah amat penting menjaga dan mengontrol emosi, sebab tentunya hal ini akan menjadi dasar dalam menentukan nasib diskusi kedepannya. Jangan sampai emosi kemudian mempengaruhi dan juga menggerogoti dan menjadikan diskusi malah hanya sebagai ajang mencari permusuhan dan pertikaian antar sesama. Jangan juga menjadikan diskusi menjadi sesuatu ajang dimana emosi menjadi hal yang dikedepankan sehingga malah alhasil akan dapat menyulut api pertikaian, permusuhan hingga perpecahan.

Sponsors Link

10. Gunakan Komunikasi Empat Mata

Banyak juga karyawan yang enggan menyampaikan pendapat karena sungkan berbicara di hadapan banyak orang, padahal mungkin saja karyawan tersebut memiliki ide yang brilian. Seorang pimpinan bisa mencoba melakukan komunikasi dua arah terhadap anak buahnya secara regular untuk memahami kebutuhan, ekspektasi, masalah mereka. Dengan komunikasi empat mata, bawahan mungkin saja lebih nyaman menyatakan pendapat atau menyampaikan permasalahan yang ditemuinya di lapangan. Jadi, komunikasi empat mata penting untuk dilakukan dengan lebih sering, tidak hanya ketika melakukan evaluasi kerja tahunan.

11. Bersikap Pro Aktif

Dala diskusi kita dituntut agar mampu bersikap pro aktif. Dalam arti kata bahwa dalam diskusi upayakan sebiasa mungkin jangan hanya diam, sebab diskusi merupakan sebuah forum untuk mengasah komunikasi anda menjadi komunikasi dua arah yang pada akhirnya kan memberikan dampak yang baik bagi kelangsungan diskusi yang dijalankan sebagimana juga cara mengatasi kekosongan dalam komunikasi .

12. Kemukakan Pendapat Dengan Jelas

Pada dasarnnya diskusi adalah forum saling bertukar pendapat dan fikiran, oleh karena itu maka tentu saja apa yang ada dan menjadi hal yang wajib dilakukan adalah mengemukakan pendapat engan jelas. Sebab pendapat inilah yang nantinya akan dipakai sebagai sara membangun komunikasi dua arah agar berjajaln dengan lebih baik sebagai cara menyelesaikan konflik dalam sosiologi komunikasi .

Itulah tadi, 12 cara menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi paling efektif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi