Sponsors Link

12 Cara Mempengaruhi Orang Lain Dalam Sebuah Komunikasi Sehari-hari

Sponsors Link

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, ide atau gagasan serta sikap dari komunikator kepada komunikan atau komunikate melalui saluran atau media komunikasi untuk mencapai tujuan tertentu. Salah satu tujuan lain dari komunikasi tidak lain adalah agar dapat memberikan pengaruh terhadap orang lain. Langkah besar pertama untuk membuat orang melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan adalah mengetahui apa yang akan membuat mereka melakukannya (apa yang mereka inginkan). Bila Anda mengetahui apa yang akan menggerakkan mereka, Anda akan mengetahui bagaimana caranya menggerakkan mereka.

ads

Kita semua berbeda – kita menyukai hal-hal yang berbeda – kita memberikan nilai yang berbeda pada hal hal-hal yang berbeda. Jangan membuat kesalahan dengan mengandaikan bahwa orang lain menyukai apa yang Anda suka atau mencari apa yang Anda cari. Tentunya hal ini malah akan dapat merusak upaya anda untuk mempengaruhi mereka melalui komuniksi yang dijalin.  Ketahuilah apa yang mereka cari, apa yang mereka suka, maka Anda dapat menggerakkan mereka dengan mengatakan apa yang ingin mereka dengar. Ini adalah rahasia besar bagaimana cara mempengaruhi orang lain dalam sebuah komunikasi . Ini berarti mengenai sasaran secara tepat dengan apa yang Anda katakan tetapi Anda harus mengetahui dimana letak sasaran itu secara alamiah.

Misalnya, andaikan Anda seorang majikan dan Anda berusaha untuk merekrut seorang insinyur untuk bekerja bagi Anda. Anda tahu bahwa beberapa perusahaan lain telah menawarkan posisi yang menarik padanya. Dengan menerapkan prinsip ini, “Ketahuilah Apa yang Orang Inginkan”, Anda pertama-tama akan menentukan posisi apa dan perusahaan seperti apa yang dia cari dan yang paling menarik baginya, Jika Anda mengetahui bahwa dia menginginkan adanya peluang kemajuan/kenaikan jabatan, Anda akan menunjukkan padanya berapa banyak kemajuan yang bisa Anda tawarkan di perusahaan Anda. Nah lalu bagaimana cara mempengaruhi orang lain dalam sistem komunikasi interpersonal , 12 Cara Mempengaruhi Orang Lain Dalam Sebuah Komunikasi sehari hari seperti berikut ini :

  1. Bangun Hubungan yang Baik

Kunci awal mempengaruhi orang lain dalam komunikasi adalah dengan membangun hubungan baik. Hubungan yang baik akan mampu membuat seseorang lebih mudah berkomunikasi satu sama lain. Kedekatan dan keakraban yang terjalin sebelumnya akan dapat memberikan dampak positif bagi komunikasi serta upaya untuk mempengaruhi orang lain sebagai bentuk komunikai asertif .

2. Kepercayaan

Membangun kepercayaan sangat penting dalam hubungan interpersonal dan mempengaruhi orang lain. Orang akan mudah dipengaruhi apabila menaruh kepercayaan kepada kita. Memang tidak mudah untuk membangun kepercayaan dengan orang baru kita temui. Namun terdapat beberapa cara yang harus diperhatikan dan diterapkan jika ingin mempengaruhi orang lain diantaranya adalah bersikap jujur saat menampilkan diri sendiri, santai dan menjadi diri sendiri, serta berperilaku sopan sebagai cara berkomunikasi dengan baik .

3. Ajak Diskusi

Cara mempengaruhi orang lain dalam sebuah komunikasi selanjutnya adalah dengan cara berdiskusi dan berdialog. Diskusi dan dialog ditujukan untuk memahami apa yang menjadi pikiran dan sudut pandang orang lain. Selain itu, melalui diskusi dan dialog kita dapat mengetahui jarak antara apa yang kita yakini dengan sudut pandang orang lain. Guna mendorong diskusi dan dialog yang efektif maka kita harus mengajukan pertanyaan terbuka dan berusaha untuk mendengarkan dengan aktif.

Sponsors Link

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik merupakan slah satu cara untuk berkomunikasi dengan baik. Mendengarkan secara aktif memungkinkan kita untuk melakukan decoding terhadap  pesan yang kita terima sekaligus memungkinkan kita untuk membantu orang lain agar dapat berkomunikasi dengan lebih baik. Dengan mendengarkan secara aktif, kita dapat membangun hubungan baik, memahami orang lain, menunjukkan rasa empati, dan mengetahui pandangan orang lain dalam teknik komunikasi berkesan .

5. Jangan Memotong Obrolan

Dalam sebuah komunikasi yang sudah terjalin dengan akrab dan dekat. Oleh sebab itu dalam etika dan kesopanan tentu memotong pembicaraan orang lain akan dapat menyebabkan komunikasi tidak efekttif. Sehingga tujuan awal anda untuk dapat mempengaruhi lawan bicara tentu tidak akan dapat tercapai.

6. Tunjukkan Sikap Empati

Sikap empati mengacu pada menunjukkan sikap bahwa kita memahami situasi yang dihadapi orang lain, memahami kebutuhan dan perasaan orang lain, dan lain-lain. Dalam empati, kita turut serta baik secara emosi maupun intelektual dalam pengalaman orang lain. Saat menunjukkan empati kepada orang lain, hendaknya tidak memberikan nasihat, melakukan penilaian maupun penafsiran. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman akibat kesalahan dalam memberikan nasihat, penilaian ataupun penafsiran.

7. Biarkan Ia Berbicara Lebih Dahulu

Dalam komunikasi membiarkan lawan bicara dapat berbicara dengan nyaman tentu merupakan slah satu trik yang juga dapat dipakai untuk mendpatkan kepercayaannya. Saat ia telah merasa nyaman maka tentu peluang anda untuk dapat mempengaruhinya akan dapat berjalan dengan lebih baik sebagai sistem komunikasi kelompok .

Sponsors Link

8. Jangan Mendominasi Obrolan

Meskipun dalam komunikasi anda memiliki tujuan untuk mempengaruhi lawan bicara namu, tentunya sikap anda yang mendominasi obrolan akan bisa menimbulkan situasi yang tidak baik. Sehingga jangan sampai anda kemudian mendominasi dalam komunikasi, lebih baik and banyak mendengar sehingga anda tahu dan mampu mengali informasi.

9. Bersikap Ramah

Cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi berikutnya adalah dengan bersikap ramah dengan orang asing. Bersikap ramah dengan orang asing erat kaitannya dengan salah satu teknik komunikasi berkesan yaitu menciptakan atmosfer keterbukaan. Bersikap ramah dengan orang asing adalah keterampilan untuk membuka diri dan terlibat dengan orang yang tidak dikenal, bersikap terbuka, dan memberikan kehangatan, penerimaan, dan minat terhadap orang asing.

10. Menghindari Konflik

Banyak sekali penyebab terjadinya konflik dalam komunikasi seperti akibat buruknya komunikasi, terlalu sensitif, dan lain-lain. Sebagai komunikator, kita dituntut untuk memiliki keterampilan mengatasi konflik yaitu kemampuan untuk mengidentifikasi inti permasalahan dan menemukan solusi yang tepat dan dapat diterima oleh semua pihak. Selain itu, keterampilan ini juga terkait dengan kemampuan untuk mengurangi emosi dalam situasi yang dapat mencegah terjadinya resolusi. Keterampilan ini juga dapat disebut sebagai keterampilan mediasi atau manajemen konflik.

11. Gunakan Kekuasaan

Cara selanjutnya untuk mempengaruhi orang lain adalah dengan menggunakan kekuasaan. Dengan kata lain, menggunakan kekasaan adalah kemampuan untuk memerintah orang lain dan menggunakan otoritas yang sah tanpa harus menjadi jumawa. Yang dimaksud dengan kekuasaan adalah kemampuan untuk menimbulkan ketundukan. Kekuasaan dapat menyebabkan seorang komunikator mempengaruhi orang lain karena ia memiliki sumber daya yang sangat penting seperti kekuasaan koersif, kekuasaan keahlian, kekuasaan informasional, kekuasaan rujukan, dan kekuasaan legal.

12. Kombinasikan dengan Bahasa Non Verbal

Bahasa non verbal juga dapat menjadi salah satu upaya untuk mempengaruhi orang lain. Dengan penggunaan bahsa non verbal maka tentu anda akan lebih bisa myakinkan dan juga membuat lawan bicara menjadi lebih terpengaruh.  Menggunakan komunikasi nonverbal dengan tegas merupakan keterampilan menggunakan gerakan yang kuat dan percaya diri, ekspresi wajah, dan berbagai bahasa tubuh dalam komunikasi.

itulah tadi 12 Cara Mempengaruhi Orang Lain Dalam Sebuah Komunikasi sehari hari . Semoga dapat menjadi referensi dan tambahan pengetahuan bagi anda, serta semoga artikel ini dpat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi