Sponsors Link

8 Manfaat Komunikasi Dua Arah

Sponsors Link

Manusia dikatakan sebagai makhluk hidup dengan memiliki ciri yaitu dapat merespon segala aktivitas baik melalui gerakan tubuh maupun berbicara. Komunikasi menjadi unsur yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi untuk berinteraksi.

ads

Komunikasi yang merupakan komunikasi yang efektif dimana komunikasi tersebut mencakup unsur-unsur komunikasi. (Baca juga: Komunikasi Dua Arah)

Unsur-unsur komunikasi tersebut adalah adanya pelaku komunikasi (komunikator dan komunikan), adanya pesan yang disampaikan baik berupa pesan lisan maupun tulisan yang memiliki nilai informasi, menggunakan media komunikasi seperti telepon, internet, surat, dan media pengirim pesan lainnya, dan yang terakhir adalah respon atau umpan balik dari komunikan. jika dilihat dari unsur umpan balik maka komunikasi memiliki dua bentuk feedback. (Baca juga: Pengertian Komunikasi Menurut Ahli)

Pertama, komunikasi satu arah adalah komunikasi yang disampaikan oleh komunikator dan komunikan hanya sebagai pendengar tanpa diberikan kesempatan untuk merespon atau menanggapi komunikasi tersebut.

Komunikasi satu arah ini biasanya dilakukan dalam media komunikasi dimana seorang komunikator akan memberikan informasi-informasi tetapi hanya didengarkan oleh komunikan seperti penyiar radio dan khalayak. (Baca juga: Komponen-komponen Komunikasi)

Kedua, komunikasi dua arah adalah komunikasi yang dilakukan komunikator dengan memberikan kesempatan kepada pendengarnya untuk mengeluarkan pendapat, tanggapan, ide, sanggahan, dan lain sebagainya. Komunikasi dua arah ini dianggap sebagai komunikasi yang efektif dimana keduanya sama-sama berpartisipasi untuk mengeluarkan idenya dan dikomunikasikan untuk mencapai kesepakatan bersama.

Komunikasi dua arah sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya komunikasi yang terjadi di sekolah. Guru akan mengajarkan muridnya maka guru dikategorikan sebagai komunikator yang memberikan pesan berupa ilmu, sedangkan murid berperan sebagai komunikator yang akan memberikan respon kepada guru. (Baca juga: Batasan Komunikasi Menurut Ahli)

Adapun manfaat dari komunikasi dua arah adalah sebagai berikut:

  1. Mengukur tingkat efektifitas komunikasi

Komunikasi dua arah ini memiliki manfaat sebagai komunikasi yang efektif karena komunikasi tersebut mencakup semua unsur komunikasi.Adanya komunikasi dua arah ini memberikan umpan balik baik berupa umpan balik positif maupun negatif untuk mengukur tingkat keefektifan suatu kegiatan komunikasi. (Baca juga: Etika Komunikasi)

  1. Menghindari kesalahpahaman

Komunikasi yang dilakukan oleh manusia sering terjadi permasalahan terutama kesalahpahaman. Kesalahpahaman tersebut dapat terjadi apabila komunikan tidak memberikan respon kepada komunikator. Hal ini menimbulkan keragu-raguan komunikator kepada komunikan, sehingga terjadi kesalahpahaman. Komunikasi dua arah ini bermanfaat untuk menghindari kesalahpahaman yang terjadi saat berkomunikasi. (Baca juga: Prinsip-prinsip Komunikasi)

  1. Memberikan kepuasan kepada kedua pihak

Komunikasi yang dilakukan dengan dua arah memberikan manfaat kepada kedua pelaku komunikasi yaitu komunikator dan komunikan. Komunikator akan merasa puas karena pesan yang disampaikan dapat ditanggapi oleh komunikan, sedangkan komunikan akan merasakan puas ketika menanggapi pesan dari komunikator. (Baca juga: Elemen-elemen Komunikasi)

Sponsors Link

  1. Menyalurkan ide-ide komunikan

Komunikasi akan memiliki berbagai sudut pandang karena melibatkan dua orang yang mempunyai ide-ide serta pemikiran yang berbeda. Komunikator bertugas menyampaikan pesan, sedangkan komunikan bertugas menanggapi pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Seorang komunikan akan menyalurkan ide-ide yang berhubungan dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator. Ide-ide tersebut bisa berdampak positif dan menjadi solusi untuk komunikasi yang efektif. (Baca juga: Fungsi-fungsi Komunikasi)

  1. Informasi menjadi jelas dan akurat

Informasi atau pesan yang disampaikan oleh komunikator akan menjadi lebih jelas dan akurat apabila komunikasi dua arah ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi dua arah ini mampu memberikan informasi yang sesuai dengan fakta tanpa ada unsur menipu komunikan. (Baca juga: Unsur Komunikasi)

  1. Mengimplementasikan nilai demokrasi

Negara Indonesia yang menjadi negara demokrasi ini rupanya berpengaruh terhadap komunikasi yang ada di masyarakat. Komunikasi menjadi lebih bebas dan semua masyarakat dapat mengeluarkan pendapatnya dalam bentuk apapun baik komunikasi verbal maupun non verbal.

Komunikasi dua arah ini bersifat demokratis karena komunikan dapat mengeluarkan pendapatnya apabila pesan yang disampaikan komunikan tidak sesuai dengan dirinya. Komunikasi dua arah ini bermanfaat untuk mengimplementasikan nilai demokrasi yang berlaku di Indonesia ini ke dalam kehidupan masyarakat. (Baca juga: Komunikasi yang Efektif)

Sponsors Link

  1. Menciptakan kerukunan dalam masyarakat

Komunikasi dua arah ini memang lebih efektif dibandingkan dengan komunikasi satu arah. Komunikasi dua arah memberikan manfaat untuk menciptakan kerukunan dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat bebas menanggapi segala macam pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Dengan adanya respon atau umpan balik dari masyarakat maka masyarakat akan saling memahami antara karakter individu dengan individu lainnya, sehingga terhindar dari permasalahan komunikasi. Kerukunan dalam masyarakat akan tercipta seperti terjalinnya rasa persahabatan, persaudaraan, kekeluargaan, dan lain sebagainya yang dapat memberikan keharmonisan masyarakat. (Baca juga: Strategi Komunikasi Efektif)

  1. Menyelesaikan permasalahan

Manfaat dari komunikasi dua arah yang terakhir adalah dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Komunikasi dua arah efektif untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Kebanyakan masalah yang timbul dari kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Komunikasi yang tidak jelas dan tidak  akurat yang dapat memberikan masalah besar di kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, komunikasi dua arah ini baik untuk menyelesaikan permasalahan dan tentu dapat mencegah permasalahan juga. (Baca juga: Hambatan-hambatan Komunikasi)

Demikian penjelasan terkait apa saja manfaat komunikasi dua arah. Semoga memberi pengetahuan tambahan menjadikan wawasanmu semakin luas.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi