Sponsors Link

8 Peran Komunikasi di Era Globalisasi

Sponsors Link

Era globalisasi merupakan dua kata yang dapat menunjukkan keadaan pada masa kini. “Era” berarti zaman atau masa dalam satuan waktu dan “globalisasi” berarti proses mengglobal atau mendunia.

ads

Era globalisasi merupakan zaman dimana kegiatan manusia ini didukung dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendunia. Era globalisasi rupanya berpengaruh terhadap proses komunikasi dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah komunikasi. (Baca juga: Pengaruh Globalisasi Komunikasi)

Komunikasi yang merupakan proses interaksi dengan cara mengirim dan menerima pesan antara komunikator dan komunikan ini memiliki perubahan yang signifikan seiring dengan globalisasi. Komunikasi di era globalisasi ini lebih banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi yang memang sudah melekat di era ini. Adapun peran komunikasi di era globalisasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kreativitas

Kreativitas individu dapat dilihat dari cara komunikasi seseorang. Komunikasi antar individu dengan individu lainnya dapat meningkatkan kreativitas karena terdiri atas ide-ide dan tanggapan seseorang. Komunikasi semakin modern dengan kemuculan teknologi yang semakin inovatif.

Oleh karena itu, individu yang berkomunikasi di era globalisasi ini cenderung lebih kreatif dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi yang telah tersedia. Komunikasi dapat dilakukan secara fleksibel dan aksesibilitas. (Baca juga: Pengaruh Advertising dalam Komunikasi Global)

  1. Mengekspresikan diri

Media sosial yang saat ini menjadi media komunikasi terpilih di era globalisasi memiliki peran yang baik untuk kehdiupan masyarakat seperti individu yang berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi akan lebih mudah mengekspresikan diri.

Individu akan mengekspresikan diri melalui media sosial seperti memposting konten-konten yang berhubungan dengan pengalaman dirinya atau yang menunjukkan kehidupannya. Komunikasi di era globalisasi ini tentu sangat mudah untuk mengekspresikan diri sendiri dengan bebas selama masih dalam lingkup yang wajar. (Baca juga: Pengertian Komunikasi Menurut Ahli)

  1. Menjalin kerjasama

Komunikasi memiliki peran yang penting dalam sektor ekonomi terutama pada organisasi. Komunikasi yang berperan untuk menjalin kerjasama antara perusahaan. Komunikasi ditujukan untuk membantu proses sebuah organisasi dalam mencapai tujuan tertentu.

Dengan demikian, individu dan organisasi akan sama-sama merasa diuntungkan. Era globalisasi ini memperkenalkan proses komunikasi dengan kecanggihan teknologi, sehingga komunikasi akan semakin mudah dalam mencapai kesepakatan antar kedua belah pihak yang ingin menjalin kerjasama. (Baca juga: Komponen-komponen Komunikasi)

  1. Mempelajari karakter manusia

Adanya komunikasi dalam kehidupan manusia ini memberikan proses interaksi, dimana komunikasi dapat berperan sebagai suatu materi untuk mempelajari karakter manusia. Komunikasi berkaitan dengan kecanggihan teknologi seperti komunikasi yang dilakukan melalui media sosial. Komunikasi dengan menggunakan media sosial ini menunjukkan bahwa komunikasi ini berkaitan dengan era globalisasi.

Era globalisasi ini menuntun individu untuk menggunakan media-media yang mengandung teknologi canggih, sehingga individu tersebut tidak dikategorikan sebagai individu yang gagap teknologi.

Adanya penggunaan media sosial ini membuat individu banyak belajar bahwa tidak semua konten dapat dikonsumsi oleh publik. Karakter seseorang akan terlihat dan dapat dinilai oleh orang lain ketika mempublikasikan kehidupannya di media sosial. (Baca juga: Batasan Komunikasi Menurut Ahli)

Sponsors Link

  1. Mengasah keterampilan teknologi

Komunikasi di era globalisasi ini saling bersinggungan dengan teknologi informasi yang semakin modern. Komunikasi pada zaman ini berperan sebagai media untuk mengasah keterampilan seseorang dalam penggunaan komunikasi menggunakan teknologi baik materi maupun praktik. Seorang yang berkomunikasi dengan menggunakan teknologi informasi ini tentu saja individu yang melek media.

Adapun individu yang tidak mampu mengoperasikan media komunikasi itu sendiri, ia akan tetap mengetahui perkembangan komunikasi sesuai dengan zamannya atau mengasah keterampilan teknologi yang sudah didapat menjadi lebih baik lagi. (Baca juga: Etika Komunikasi)

  1. Membangkitkan motivasi

Proses interaksi tentu saja berkaitan dengan komunikasi manusia. Komunikasi di era globalisasi ini memiliki peran sebagai media yang dapat membangkitkan motivasi seseorang. Motivasi yang dapat disalurkan berupa motivasi yang membangun terutama dalam mencapai teknologi yang semakin modern dan mempermudah seseorang dalam kehidupan sehari-hari. (Baca juga: Prinsip-prinsip Komunikasi)

Sponsors Link

  1. Mempermudah mengakses informasi

Kecanggihan teknologi ternyata mampu mempengaruhi komunikasi di dalam masyarakat. Komunikasi di era globalisasi ini melibatkan teknologi seperti penggunaan internet, gawai, dan lain sebagainya. Kecanggihan teknologi dalam komunikasi ini memiliki peran untuk mempermudah manusia dalam mengakses informasi dari berbagai aspek mulai dari ekonomi, sosial, politik, dan aspek lainnya.

Dengan adanya komunikasi yang memanfaatkan teknologi ini rupanya mampu mencakup informasi baik dari dunia domestik maupun internasional. Oleh karena itu, komunikasi menjadi suatu hal yang berperan penting dalam perubahan di dunia. (Baca juga: Elemen-elemen Komunikasi)

  1. Mengembangkan bisnis

Suatu perusahaan tentu saja memiliki tujuan utama untuk berbisnis dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Adanya komunikasi di era globalisasi ini yang terpadu dengan teknologi informasi ini sudah banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Peran komunikasi yang satu ini berkaitan dengan bisnis dimana bisnis memiliki tujuan untuk mencari keuntungan.

Pengembangan bisnis tidak dinilai dari banyaknya tingkat penjualan saja, tetapi meningkatkan mutu serta kualitas produk juga menjadi penting. Selanjutnya ada proses penjualan produk yang dapat memanfaatkan teknologi media internet sebagai ajang promosi. (Baca juga: Fungsi-fungsi Komunikasi)

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi