Sponsors Link

12 Cara Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Komunikasi

Sponsors Link

Human awareness atau kesadaran manusia merupakan softskill yang dibutuhkan oleh setiap manusi pada masa kini dan masa mendatang. Human Awareness sangatlah mirip dengan Self Awareness. Self Awarness sendiri adalah kemampuan kita untuk mengetahui sejauh mana diri kita mengenal Pribadi diri sendiri. Salah satu cara mengenal Pribadi diri anda sendiri adalah memahami bagaimana sebenarnya konsep Pribadi diri anda sendiri. Semakin banyak anda anda memahami apa yang anda lakukan, anda akan semakin memahami siapa diri anda.

ads

Kesadaran diri merupakan proses mengenali motivasi, pilihan dan kepribadian kita lalu menyadari pengaruh faktor-faktor tersebut atas penilaian, keputusan dan interaksi kita dengan orang lain. Kesadar diri juga memiliki posisi yang penting dalam komunikasi sebagai bagian dari kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Tentunya hal ini menjadi bagian penting dalam pola dan sistem komunikasi. Sehingga perpaduan antara kesadaran diri dalam komunikasi akan dapat menghasilkan komunikai yang tidak hanya efektif tapi juga efisien dan juga mudah dimengerti dalam manfaat komunikasi dua arah.

Namun, pada faktanya tidak semua orang mmeiliki kesadaran diri yang baik, sehingga terkadang menyebabkan komunikasi dapat menemui konflik. Pada akhirnya hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan dan juga dan juga pertikaiaan. Inilah yang kemudian menjadikan kesadaran diri amat penting nilai dan keberadaannya dalam komunikasi. Tentunya hal ini menjadikan upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam komunikasi menjadi amat penting, hal tersebut dapat di peroleh melalui 12 Cara Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Komunikasi.

  1. Bersikap Terbuka

Keterbukaan mengetahui semua informasi, tingkah laku, kelakuan, perasaan, keinginan, motivasi, dan ide yang anda dan orang lain ketahui. Keterbukaan diri berubah-ubah pada ukurannya. Tergantung situasi dimana anda berada dan dengan siapa anda berinteraksi. Komunikasi didasarkan pada tingkatan dimana anda membuka diri untuk orang lain dan dirimu sendiri. Keterbukaan diri sangat mempengaruhi tingkat kepercayan diri seseorang, semakin individeu mengenali dirinya sendiri maka semakin dirinya yakin bahwa dirinya bisa dan mampu untuk melakukan sesuatu yang besar dalam cara meningkatkan komunikasi interpersonal .

2. Mengutamakan Kebenaran

Mengambarkan Kebenaran tentang diri anda sendiri yang bahkan diri anda sendiri dan orang lain tidak tahu. Contoh, jika anda sebagai pemimpin di sebuah organisasi, anda mengambil keputusan yang salah walaupun data probabilitas sudah sangat jelas, dan juga anggota anda tidak ada yang memberi saran atau masukan, sehingga gagal lah sebuah tujuan dalam organisasi tersebut.

3. Meminta Orang Lain Memberikan Penilaian

Cara ini dilakukan untuk mengintropeksi diri, karena segala sesuatu harus di evaluasi. Dengan cara ini kita semakin mengetahui apa kelehaman dan kekuatan didalam diri kita. semua informasi tentang dirimu yang orang lain ketahui, dimana kamu sendiri justru tidak mengetahuinya. Contohnya kebiasaan mengedipkan mata kepada lawan bicara anda, menggosok-gosokan hidung ketika anda panic, dan lain-lain.

Sponsors Link

4. Perbanyak Mendengar

Karena dengan mendengarkan pendapat orang lain, kita bisa melihat diri kita dari sisi yang berbeda. Mendengar merupakan hal yang paling dapat meningkatkan upaya peningkatan kesadaran dalam berkomunikasi dalam komunikasi dua arah.

5. Bersikap Pro Aktif

Sama halnya dengan mendengarkan orang lain, cara ini lebih luas lagi karena sasarannya mungkin orang-orang yang baru anda kenali, dan mereka bisa meniliai anda dengan tepat. Sikap pro aktof dapat menjadikan komunikasi dapat berlangsung dengan lebih efektif dan efisien.

6. Percaya Diri

Dengan cara ini, kita akan semakin percaya diri dalam menghadapi sesuatu. Karena dengan keterbukaan diri, banyak orang akan senang terhadap anda. Orang yang yang tidak percaya diri memiiki konsep diri yang negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu dia sering menutup diri. Keterbukaan diri yang dimulai perlahan, sedikit demi sedikit untuk mengenali Pribadi diri sendiri dapat meningkatkan kesadaran diri sebagaimana pengaruh komunikasi dalam budaya  .

7. Memahami Nilai Keberagaman

Dalam upaya meningkatkan kesadaran diri sangat penting untuk meningkatkan pemahaman akan nilai keberagaman. Sehingga dengan begitu maka tentunya setiap orang akan dapat memahami dan menyadari baik kelebihan dan kekurangan masing masing. Perlu juga ditegaskan bahwa dengan memahami nilai keberagaman maka tentu akan dapat meningkatkan kesadaran terhadap nialai perbedaan. Selain itu, hal yang paling utama adalah hal ini dapat menjadi nilai tambah yang positif terhadap upaya meningkatkan kesadaran pribadi dan kualitas seseorang.

8. Membangun Hubungan

Koneksi atau hubungan menjadi hal yang mutlak dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab dengan adanya koneksi dan hubungan yang terjalin dengan maka kita akan lebih mudah menjalin komunikasi selain itu juga dengan hal tersebut maka pergaulan akan menjadi semakin luas. Dengan demikian maka akan lebih mudah dalam menjalin kekerabatan dan koneksi sehingga hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran diri pribadi.

Sponsors Link

9. Utamana Etika dan Norma Kesopanan

Sebagai negara dengan adat dan budaya ketimuran tentu nilai kesopanan dan tata krama amatlah dijunjung tinggi. Terlebih lagi bagi sebagian msyarakat Indonesia hal tersebut menjadi nilai yang mutlak harus dimiliki. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan kesadaran dalam komunikasi maka meningkatkan nilai etika dan ksesopanan dalam komunikasi menjadi hal yang amat penting. Hal itu juga menjadi salah satu standar penilaian orang lain terhadap diri dan pribadi kita seperti dalam cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi .

10. Hindari Konflik

Jangan menganggap bahwa kurangnya kesadaran dalam komunikasi merupakan masalah yang sepele, justru hal tersebut dapat berimbas kepada munculnya konflik yang dapat memicu perpecahan dan pertikaian. Sudah banyak hal yang demikian terjadi, dimana kurangnya nilai kesadaran akan menyebabkan timbulnya konflik. Sehingga sebisa mungkin biasakan untuk menjauhi ranah konflik.

11. Hindari Perdebatan

Dalam komunikasi perdebatan merupakan hal yang sudah wajar terjadi, namun tentunya hal ini sebaiknya dihindari. Sebab akibatnya dapat menimbulkan dampak komunikasi yang terjadi menjadi tidak efektif. Pada akhirnya hal ini akan menjadikan komunikasi terjadi tidak sesuai harapan. Sehingga dalam upaya meningktakan kesadaran dalam berkomunikasi maka sebaiknya hindari perdebatan yang akan dapat berujung pada konflik.

12. Evaluasi Diri

Evaluasi diri merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran dalam komunikasi. Terlebih lagi hal tersebut merupakan sesuatu yang dapat memberikan nilai positif. Sebab evaluasi diri merupakan hal yang dapat menjadikan seseorang mengetahui hal yang harus ia perbaiki. Sehingga akan memberikan nilai positif dan perbaikan pada peningkatan kesadaran diri pribadi sebagaimana cara menyelesaikan konflik dalam komunikasi.

Itulah tadi, 12 cara meningkatkan kesadaran diri dalam komunikasi. Semoga dapat menjadi referensi dan juga tambahan pengetahuan bagi anda, serta semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi