Sponsors Link

13 Cara Menjadi Penyiar Radio Bagi Pemula

Sponsors Link

Menjadi seorang penyaiar radio bagi sebagian orang merupakan salah satu profesi idaman dan bahkan mungkin cita-cita. Tak sedikit orang yang ingin menjadi seorang penyiar radio terkenal seperti Ronal Surapraja, TJ, Hilman Gofar, Kamal dan lain sebagainya. Mengingat dewasa ini menjadi penyiar radio tak hanya sebagai sebatas profesi yang orientasinya hobby namun juga dapat menghasilkan profit sebagai penghasilan utama.

ads

Tentu menjadi seorang penyiar radio yang profesional dan terkenal tak mudah. Banyak tahapan dan juga proses untuk menuju kesana. Setidaknya dalam artikel kali ini kita akan mengulas bagaimana sih cara menjadi penyiar radio, hal-al apa saja kiranya yang perlu kita persiapkan. Berikut ulasannya.

Baca juga :

Hal Dasar Yang Harus Dimiliki Penyiar Radio

Menjadi seorang penyiar radio tentu bukan sembarang profesi. Ada kiranya hal-hal dasar yang perlu di perharikan bila kita ingin menjadi seorang penyiar radio yakni :

1. Percaya Diri

Seorang penyiar radio adalah orang yang percaya diri. Dalam berbagai kondisi dan situasi saat siaran seorang penyiar harus mampu membawa suasana siaran agar menjadi suatu hal yang menarik bagi para pendengarnya. Oleh karenanya percaya diri menjadi hal yang penting dalam membawa suasana tersebut.seorang penyiar tidak boleh terdengar malu-malu ataupun ragu dalam kegiatan siaranya ketika On Air. Bahwa dalam hal ini tentu saja percaya diri menjadi hal yang dapat dilatih dan dipelajari.

Baca juga :

2. Bekal Diri Yang Cukup

Seorang penyiar radio harus membekali dirinya dengan berbagai hal seputar kegiatan On Air dalam siaran. Bekal pengetahuan dan teknis tentu menjadi hal yang utama. Dalam hal ini seorang penyiar harus membekali dirinya dengan pengetahuan dan juga  berbagai hal teknis dalam kegiatan On Air guna menunjang kegiatan siaranya.

3. Up To Date

Seorang penyiar haruslah orang yang memiliki pengetahuan yang luas, haus akan pengetahuan dan hal-hal baru serta up date dalam berbagai hak terbaru yang sedang kekinian. Hal ini diperlukan guna menjadi bahan pembicaran yang tak ada habisnya pada saat On Air. Mengingat menjadi seorang penyiar aruslah mampu membawa suasana dengan berbagai pembicaraan yang tidak ada habisnya. Oleh karenanya penting bagi seorang penyiar untuk mengeetahui hal-hal baru yang terkini.

4. Cinta Musik

Duania penyiaran radio tentu tidak bisa terlepas dari musik, oleh karenanya seorang penyiar pun tidak dapat dipisahkan dari musik. Dalam hal ini seorang penyiar haruslah memiliki kecintaan terhadap musik serta memiliki pengetauan yang baik soal musik. Mengingat musik menjadi salah satu hal yang petaning dalam dunia penyiaran radio sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendengar.

5. Attitude Yang Baik

Menjadi seorang penyiar tentu saja tak hanya sekedar On Air dan cuap-cuap semata. Lebih dari itu seorang penyiar harus menjaga tingkah lakunya baik saat berbicara dalam On Air maupun dalam berbagai aktifitasnya. Saat seseorang menjadi seorang penyar tentu saja secara tidak langsung dia juga menjadi sorotan publik terutama bagi para pendengarnya. Seorang penyiar harus mampu menyaring hal-hal yang pantas dan tidak pantas untuk dibicarakan pada saat siaran.

6. Bekerja Keras dan Berdoa

Menjadi seorang penyiar yang profesional tentu bukanlah hal yang mudah. Perlu berbagai proses dan tahapan untuk mencapai hal tersebut. Dimana tentu saja tidak sedikit halang dan rintangan yang harus dihadapi. Oleh karenanya seorang penyiar haruslah memiliki etos kerja keras yang baik dan tidak lupa untuk memanjatkan doa agar dimudahkan jalannya.

Baca juga :

Hal-hal Teknis Bagi Seorang Penyiar Radio

Tak hanya hal-hal dasar yang perlu kkita perhatikan. Seorang penyiar radio tentu harus dibekali dengan berbagai teknik penunjang yang mumpuni. Berikut adalah hal-hal teknis yang perlu di perhatikan jika ingin menjadi seorang penyiar radio.

1. Artikulasi dan Vokal

Seorang penyiar radio adalah dia yang 100% menjual suara. Oleh karenanya artikulasi dari berbagai ucapan seorang penyiar haruslah jelas dan dapat diterima oleh pendengar. Mengingat hal ini lah yang menjadi kunci dari seorang penyiar. Selain artikulasi yang jelas seorang penyiar juga harus memiliki vokal yang baik dan enak didengar. Seorang penyiar tentu tidak hanya asal bicara melainkan juga mampu mengatur nada dan tempo dalam berbicara sehingga terdengar enak oleh para pendengar.

Baca juga :

2. Spontanitas yang baik

Seorang penyiar harus juga memiliki spontanitas yang baik. Mengingat terkadang ada berbagai hal yang tidak tertulis di scrip atau tidak sesuai dengan rencana. Dalam hal ini lah kemampuan spontanitas dari seorang penyiar diperlukan. Seorang penyiar yang baik harus mampu menjaga situasi agar tetap terkendali dalam berbagi kondisi yang dimungkinkan terjadi.

3. Peka Situasi

Seorang penyiar harus mampu membawa suasa siaranya agar memapu menyentuh suasana para penggemar. Oleh karenanya ia harus memiliki kepekaan terhadap berbagai situasi. Misalkan saja cuca yang hujan, panas atau lain sebagainya yang dapat dia rangkai menjadi pembicaraan yang mengarah atau membawa pada situasi tertentu.

4. Menjaga Emosi

Seorang penyiar yang profesional harus mampu menjaga emosinya agar tidak menggangu ketika On Air. Seorang penyiar harus bisa mengendalikan emosi pada saat siaran yang dapat mengganggu kegiatanya tersebut. Hal ini menjadi sangat penting mengingat seorang penyiar haruslah mampu memberikan mood yang baik kepada pendengar agar pendengar merasa nyaman dengan suatu siaran yang dilakukan.

Baca juga :

Sponsors Link

5. Sense of humor

Seorang penyiar setidaknya juga harus memiliki selera humor yang cukup baik. Hal ini berguna untuk membawa pembicaraan kearah yang lebih akrab dengan penggemar. Hal ini juga berguna untuk membawa suasana agar terasa lebi nyaman. Selera humor ini menjadi sebuah nilai plus bagi seorang penyiar radio mengingat tidak semua orang memilikinya.

6. Konsentrasi

Konsentrasi menjadi hal yang mutlak dilakuakn oleh seorang penyiar radio. Konsentrasi penuh selama siaran menjadi hal yang mutlak harus dilakukan. Seorang penyiar tidak boleh kehilangan konsentrasi dan melakukan kesalahan yang dapat mengacaukan kegiatan siaranya. Oleh karenanya seorang penyiar haruslah mampu berkonsentrasi secara penuh selam siaran berlangsung.

Baca juga :

Langkah-langkah Menjadi Penyiar Radio

Setelah kita menyimak apa saja yang menjadi dasar-dasar bagi seorang penyiar dan juga bagaimana teknis yang perlu diperhatikan agar kita dapat menjadi seorang penyiar, maka berikut sampai lah kita pada langkah-langkah yang kiranya hraus kita tempuh untuk menjadi seorang penyiar radio. berikut langkah-langkahnya :

1. Belajar bicara

Menjadi penyiar adalah 100% berbicara. Jadi seorang calon penyiar harus memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni mulai dari arikulasi, nada dan juga temponya. Kemampuan berbicara ini dapat dipelajari dan dilatih. Oleh karenanya bagi anda yang ingin menjadi seorang penyiar jangan berhenti untuk senantiasa berlatih berbicara.

2. Belajar mendengar

Selain berbicara anda juga harus raji-rajin mendengarkan orang lain siaran atau mendengar rekaman anda yang sedang berbicara. Dari sini anda dapat mencari referensi dan juga belajar bagaimana pembicaraan yang kiranya enak untuk didengar.

3. Menambah Wawasan

Sebagai seorang penyiar dituntut untuk memiliki wawasan yang luas agar tidak monoton pada satu pembicaraan. Oleh karenanya rajin-rajinlah menambah wawasan anda terkait musik misalnya tau hal-hal terkini.

4. Tentukan Gaya

ads
Carilah gaya berbicara atau gaya siaran yang menjadi ciri khas anda. Dengan begitu ketika pendengar mendengarkan siaran anda makan dia kan langsung mengetahui bahwa itu adalah anda. Dengan gaya yang khas dan juga wibawa yang khas anda juga dapat memikat para pendengar untuk senantiasa mendengarkan siaran anda. Gaya yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari seorang penyiar.

5. Terima Kritik dan Saran

Jangan ragu untuk meminta kritik dan saran dari orang lain yang bersifat membangun. Hal ini akan semakin menempa anda untuk mnjadi seorang penyiar yang baik. Oleh karenanya jangan segan-segan untuk meminta kritik dan saran dari orang lain. Dari sini anda dapat belajar apa yang menjadi kelebihan dan kekuranga anda.

6. Kirim Lamaran Ke Stasiun Radio

Hal ini menjadi hal yang terpenting, setelah anda berlatih dan menyiapkan diri maka hal terakhir untuk menjadi seorang penyiar adalah melamar ke stasiun radio. Tunjukan kompetensi dan kemampuan anda disana, dan perlihatkan segala hal yang anda miliki.

7. Pantang Menyerah

Tidak semua orang diterima pada lamaranya yang pertama, oleh karenanya anda harus terus bersemangat dan pantang menyerah, coba lagi dan lagi. Jika satu stasiun gagal maka coba lagi di stasiun radio yang lainya.

Baca juga :

Manfaat Menjadi Penyiar Radio

layaknya sebuah profesi, menjadi seorang penyiar radio tentu membawa manfaat pada diri kita. dalam berbagai aspek maanfaat menjadi penyiar radio meliputi :

  • Profit

Tidak dipungkiri meski sebagian besar menjadi penyiar radio lebih kepada hobby namun juga tidak menutup kemungkinan mendatangkan profit. Hal ini lah yang menjadi salah satu manfaat yang didapatkan dari profesi menjadi seorang penyiar radio.

  • Relasi

Menjadi seorang penyiar radio akan membawa kita kepada lingkungan dengan pergaulan yang luas. Hal ini secara tidak langsung akan memberikan kita relasi yang luwas pula. Dengan relasi yang luas ini tentu dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan. .

  • Pengetahuan luas

Menjadi seorang penyiar radio tanpa kita sadari akan membuat kita menjadi orang yang memiliki pengetahuan yang luas. Tuntutan-tuntutan  dalam dunia penyiaran radio membuat kita mau tidak mau menjadi orang yang berwawasan luas dan juga up to date akan hal hal yang bersifat kekinian yang secara tidak langsung akan menambah pengetauan kita tanpa kita sadari.

Demikian kiranya ulasan mengenai langkah-langkah atau cara menjadi seorang penyiar radio. Mualai dari hal-hal dasar yang perlu diperhatikan, hal-hal teknis yang menunjang profesi peyiar, langakah-langkah untuk menjadi seorang penyiar, sampai kepada manfaat yang kita dapatkan apabila kita menjadi seorang penyiar radio. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :