Sponsors Link

12 Pengaruh Iklim Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja

Sponsors Link

Menurut Mulyana, pakar komunikasi, iklim komunikasi merupakan gabungan dari persepsi-persepsi mengenai peristiwa komunikasi, perilaku manusia, harapan, konflik antarpersonal serta tanggapan pegawai terhadap pegawai lainnya. Komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja setiap karyawan di dalamnya.

ads

Kepuasan kerja karyawan sendiri juga mempengaruhi banyak hal dalam perusahaan, bahkan panjang pendeknya berdirinya sebuah perusahaan juga bergantung pada hal ini. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga iklim komunikasi bisnis. Berikut ini adalah 12 pengaruh iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja:

1. Meningkatkan kinerja karyawan

Komunikasi yang baik dalam lingkungan kerja akan sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Karyawan yang merasa nyaman dengan komunikasi di lingkungan kerja, baik komunikasi pada sesama karyawan maupun komunikasi dengan atasan akan meningkatkan kinerja karyawan tersebut.

Baca juga:

2. Meningkatkan insentif karyawan

Komunikasi yang baik, terutama dari atasan ke bawahan maupun sebaliknya, akan meningkatkan kesempatan untuk penambahan insentif karyawan. Komunikasi yang baik tentunya akan menimbulkan kenyamanan dan kepercayaan oleh atasan sehingga memungkinkan melakukan penambahan insentif pada karyawan yang ia senangi.

3. Betah bekerja lebih lama

Salah satu poin penting yang membuat seorang karyawan menjadi betah untuk bekerja lebih lama adalah komunikasi bisnis yang baik. Komunikasi dalam lingkungan kerja akan membuat karyawan tidak akan merasa bosan dan merasa selalu diperhatikan dalam bekerja sehingga lebih betah untuk bekerja dalam waktu yang lama.

Bahkan meskipun karyawan tersebut sering mendapatkan lembur, maka ia akan dengan senang hati menjalani lemburnya tanpa ada rasa beban apapun. 


Baca juga :

4. Meningkatkan loyalitas karyawan

Iklim komunikasi yang baik dalam sebuah perusahaan juga akan sangat mempengaruhi loyalitas karyawan. Komunikasi dan perlakuan yang baik yang ia dapatkan tentu akan membuatnya lebih loyal dan setia terhadap perusahaan. Bahkan meskipun ia mendapatkan tawaran yang jauh lebih menggiurkan dari perusahaan lain, tapi jika loyalitas telah dimiliki, maka ia akan tetap bekerja di perusahaan yang ia cintai.

5. Citra perusahaan menjadi baik

Ketika seorang karyawan merasa nyaman berada di sebuah perusahaan. Maka secara otomatis ia akan menceritakan kenyamanan yang ia rasakan selama bekerja kepada orang lain. Hal ini menimbulkan citra atau pandangan positif masyarakat terhadap perusahaan yang telah berhasil memberikan kepuasan kerja bagi karyawannya.

Perusahaan yang memiliki citra yang baik akan lebih mudah untuk memasuki pasar dan mengenalkan produk baru mereka sehingga hal ini juga akan meningkatkan penjualan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

6. Peningkatan kualitas produk

Karyawan yang merasa sangat dihargai dan puas dalam bekerja tentunya akan memberikan usaha terbaiknya bagi perusahaan. Usaha yang keras ini akan menimbulkan peningkatan kualitas pada produk yang dibuat. Dengan adanya peningkatan kualitas produk, maka peningkatan penjualan pun ikut naik.

Baca Juga :

8. Karyawan menjadi malas

Pengaruh iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja yang buruk juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Karyawan yang merasa mendapatkan perlakuan yang tidak baik atau kondisi lingkungan kerja yang tidak nyaman akan menjadi malas untuk bekerja.

Jika iklim komunikasi yang ia rasakan justru semakin memburuk, maka karyawan tersebut akan lebih memilih untuk menghindari penyebab dari keresahan yang ia rasakan. 


9. Produk yang dihasilkan menjadi tidak bermutu

Dampak lain dari iklim komunikasi yang buruk adalah penurunan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan. Karyawan yang merasa tidak nyaman dalam bekerja tentunya juga akan mempengaruhi cara ia bekerja sehingga produk yang dihasilkan tidak lagi diperhatikan kualitasnya.

Bahkan jika seorang karyawan sudah sangat tidak nyaman, maka kemungkinan untuk menyatobase atau merusak produk dengan sengaja dapat terjadi. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisi mental dan fisik karyawan sebagai bagian dari komunikasi yang baik.

10. Pandangan buruk oleh masyarakat

Karyawan yang merasa tidak puas dengan sikap dan perilaku perusahaan terhadap dirinya tentunya tidak akan tinggal diam. Ia bisa saja melakukan beberapa hal yang dapat merusak citra baik yang telah dibangun oleh perusahaan.

Karyawan yang merasa kecewa biasanya akan menceritakan keluhannya kepada orang lain sehingga masyarakat akan memandang buruk perusahaan. Sedangkan bagian yang plaing fatal adalah ketika karyawan tersebut memilih jalur hukum untuk menghadapi perusahaannya.

Baca juga:

11. Karyawan menjadi tidak loyal

Iklim komunikasi yang buruk akan menurunkan tingkat loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Ketika ia merasa tidak nyaman bekerja di suatu perusahaan, maka besar kemungkinan ia akan mencari perusahaan lain yang ia rasa jauh lebih baik dibandingkan dengan perusahaan tempat ia bekerja sekarang.

12. Penghapusan insentif atau bonus

Karyawan yang tidak menjaga hubungan atau komunikasi yang baik terhadap atasannya akan mendapatkan pengurangan bahkan penghapusan insentif atau bonus. Bahkan meskipun ia memiliki kinerja yang baik di perusahaan, tapi jika seorang pimpinan merasa memiliki hubungan yang tidak baik dengan karyawan, maka hal tersebut tetap mungkin terjadi.

Itulah 12 pengaruh iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja dalam perusahaan yang dirasakan karyawan. Kepuasan kerja karyawan sangatlah mempengaruhi kinerjanya di perusahaan. Maka dari itu, ada baiknya untuk tetap menjaga iklim komunikasi, baik antar karyawan maupun antara atasan dan bawahan.

Kepuasan kerja akan meningkat seiring dengan semakin baiknya iklim komunikasi yang dirasakan. Peningkatan kepuasan kerja juga berbanding lurus dengan peningkatan kualitas produk atau jasa. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis