Sponsors Link

12 Pendekatan Human Relation dalam Komunikasi Organisasi

Sponsors Link

Salah satu pendekatan yang dilakukan dalam komunikasi organisasi adalah pendekatan human relation. Pendekatan human relation adalah salah satu pendekatan dalam komunikasi organisasi yang dilakukan secara personal.

ads

Untuk lebih memahami tentang pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi, berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Rapat anggota

Dalam organisasi, rapat merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan tiap minggunya. Rapat anggota merupakan salah satu contoh pendekatan human relation yang menghubungkan beberapa orang.

Komunikasi yang terjalin dalam rapat anggota dapat menimbulkan rasa saling menghormati dan menghargai antar sesama anggota. Inilah inti dari pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi.

Baca juga:

2. Percakapan antar anggota

Pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi tidak selalu dilakukan secara resmi. Pendekatan human relation justru lebih ditekankan pada pendekatan yang non formal sehingga timbul kenyamanan dalam berkomunikasi.

Percakapan antar anggota juga menjadi salah satu bentuk pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi. Mulai dari pembahasan mengenai kegiatan organisasi hingga berbagai masalah sepele menjadi topik yang biasa dibawa dalam percakapan antar anggota.

Pendekatan human relation seperti ini akan lebih menarik untuk disimak karena membuat pembicara dan lawan bicaranya berada dalam zona nyaman.

3. Makan siang

Jam makan siang bukan hanya sekedar jam istirahat bagi anggota organisasi. Makan siang juga bisa menjadi salah satu bentuk pendekatan human relation yang sangat baik dilakukan.

Berkomunikasi dalam forum yang non formal membuat semua personil lebih nyaman untuk melakukan komunikasi. Kegiatan seperti ini juga akan mempererat hubungan antar anggota.

4. Makan malam

Suatu organisasi terkadang juga mengadakan acara makan malam yang mengundang setiap anggota dalam organisasi. Makan malam bersama ditujukan untuk melakukan pendekatan human relation yang lebih mudah diterima.

Ketika topik pembahasan dilontarkan dalam jamuan makan malam, maka secara rileks, setiap anggota akan ikut melemparkan pendapat yang dimiliki. Kekakuan dalam komunikasi organisasi yang biasa terjadi antara atasan dengan bawahan dapat dicairkan seketika.

Baca juga:


5. Ulang tahun organisasi

Pendekatan human relation Dalam komunikasi organisasi juga bisa ditemukan dalam acara ulang tahun organisasi. Acara ulang tahun organisasi bukan hanya akan dihadiri oleh para anggota organisasi, tapi juga beberapa orang penting lain yang memberikan pengaruh positif pada organisasi.

Melalui pendekatan human relation yang meriah dan ramai inilah organisasi dapat melakukan berbagai interaksi yang memberikan banyak keuntungan pada organisasi.

Pertemuan non formal yang bersifat rileks dan ringan menjadi kesempatan besar bagi organisasi untuk melakukan beberapa kesepakatan penting dengan para tokoh yang memiliki pengaruh besar di pemerintahan.

6. Pelatihan

Bukan hanya dibuat dalam satu pertemuan non formal, pendekatan human relation juga bisa dilakukan melalui pelatihan yang diadakan organisasi.

Beberapa pelatihan yang diadakan organisasi tentunya akan menimbulkan percakapan antar anggota. Dalam percakapan tersebutlah terjadi pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi.

7. Kegiatan sosial

Beberapa organisasi sering mengadakan kegiatan sosial dalam rangka sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dalam kegiatan sosial tersebut, pendekatan human relation paling banyak digunakan.

Pendekatan human relation dengan kegiatan sosial membuat komunikasi antar lawan bicara terjalin dengan sangat baik. Rasa bahagia yang terjadi dalam kegiatan sosial tersebut ikut melancarkan komunikasi yang terjadi di dalamnya.

Ada banyak jenis kegiatan sosial yang bisa diadakan oleh organisasi, seperti bantuan korban bencana alam, pembagian nasi bungkus di hari Jumat, donor darah, dan kegiatan sosial lainnya yang sangat diperlukan masyarakat.

Baca juga:

8. Family gathering

Family gathering biasanya dilakukan sebuah organisasi pada akhir tahun. Kegiatan ini digunakan sebagai ajang saling mendekatkan diri satu sama lain dan saling mengenalkan anggota keluarga masing-masing.

Dalam family gathering Inilah terjadi pendekatan human relation dimana pembicaraan atau komunikasi terjadi dengan santai diantara para anggota dan keluarganya.

Family gathering membuat siapa saja di dalamnya merasa nyaman untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Topik yang dibahas juga tak hanya melulu tentang organisasi sehingga membuat pembicaraan jadi lebih menarik.

9. Bonus liburan

Beberapa organisasi laba biasanya memberikan reward pada para anggotanya yang berhasil mencapai target selama periode tertentu. Bonus atau reward ini biasanya diberikan dalam bentuk liburan.

Bonus liburan ini juga akan membuat pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi jadi lebih rileks dan intens. Rasa nyaman dan santai selama menikmati liburan dari hasil kerja keras selama ini akan memudahkan komunikasi antara atasan dan bawahan.

Bukan hanya sebagai ajang santai bagi anggota, bonus liburan juga akan memicu para anggota organisasi untuk selalu memberikan yang terbaik bagi organisasinya.


10. Acara keagamaan

Pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi juga dapat terjadi dalam acara keagamaan. Komunikasi yang terjadi dalam acara keagamaan dapat menimbulkan ketenangan dan kenyamanan satu sama lain sehingga komunikasi terjadi dengan lancar.

Banyak organisasi yang memanfaatkan acara keagamaan sebagai wadah pertemuan bagi para anggota dengan orang penting dan masyarakat sekitar. Dalam acara seperti ini biasanya akan terjalin kerjasama dalam bentuk lain ke depannya.

Baca juga:

11. Acara pribadi anggota

Terkadang anggota organisasi mengadakan acara seperti resepsi pernikahan, ulang tahun anak, atau sunatan. Dalam acara seperti inilah terjadi pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi.

Kegiatan non formal seperti ini menimbulkan suasana santai untuk saling bercengkrama antar anggota organisasi. Membahas mengenai organisasi atau hal lain yang berhubungan dengan organisasi.

12. Silaturahmi

Setiap anggota organisasi tentunya pernah melakukan silaturahmi. Dalam rangka silaturahmi inilah terjadi pendekatan human relation.

Pendekatan melalui silaturahmi akan semakin mengakrabkan satu sama lain sehingga percakapan yang terjadi akan jauh lebih santai dan nyaman.

Itulah 12 pendekatan human relation dalam komunikasi organisasi. Pendekatan human relation memang menjadi salah satu pendekatan yang paling ampuh dalam komunikasi organisasi sehingga banyak diterapkan.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :