Sponsors Link

8 Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Digital

Sponsors Link

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada munculnya berbagai informasi media teknologi. Salah satunya yang mengikuti perkembangan teknologi adalah media komunikasi. Komunikasi merupakan elemen yang fundamental dalam kehidupan manusia di dunia. Tanpa komunikasi maka manusia tidak akan mempu berinteraksi dan menjadi manusia yang terisolasi. (Baca juga: Tipe Arah Transmisi dalam Komunikasi Data)

ads

Komunikasi yang berbasis teknologi ini sudah mulai dirasakan pada masa milenial ini terutama kalangan remaja. Manusia tidak kesulitan dalam berkomunikasi tanpa harus bertatap muka.

Internet merupakan suatu transmisi digital yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada semua kalangan masyarakat. Internet dapat digunakan apabila ada perangkat (komputer atau smartphone) yang digunakan terkoneksi dengan internet. Kecanggihan teknologi ini mengubah transmisi analog menjadi transmisi digital. (Baca juga: Gangguan Transmisi Data dalam Komunikasi)

Transmisi digital merupakan pengiriman informasi melalui media komunikasi fisik dalam bentuk sinyal digital. Transmisi digital memiliki bermacam-macam teknik komunikasi diantaranya adalah transmisi data serial dan paralel, transmisi sinkron dan asinkron, deteksi dan koreksi kesalahan, dan komunikasi data interface.

Transmisi digital menggunakan sinyal diskret atau sinyal yang hanya keadaan, yaitu 0 dan 1. Transmisi digital ini dapat menjangkau informasi dengan jarak yang jauh dan menjadi pengiriman data yang relatif dekat. (Baca juga: Sistem Komunikasi Data)

Baca juga:

Kelebihan

Transmisi digital ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Transmisi digital ini memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi tanpa batasan. Seseorang akan lebih mudah mengakses informasi dimana pun dan kapan pun. Transmisi digital ini memiliki kelebihan fleksibel dan aksesbilitas.
  2. Manfaat transmisi digital ini memiliki inovasi teknologi yang terus-menerus, sehingga pengguna akan dikenalkan dengan berbagai pelayanan-pelayanan baru. Selain itu, transmisi digital juga mempermudah penggunanya untuk mengupdate atau memperbaharui data-data digitalnya yang tersimpan melalui transmisi data tersebut.
  3. Komunikasi yang menggunakan transmisi digital ini memiliki tingkat kesalahan yang sedikit dibandingkan dengan transmisi lainnya. Transmisi digital ini mampu meminimalisir kesalahan ketika proses penyebaran informasi ke berbagai perangkat dengan transmisi digital.
  4. Transmisi digital ini menyediakan kapasistas penyimpanan data yang besar karena disimpan di jaringan internet atau dunia maya dimana perangkat tidak akan terbebani dengan kapasitas data yang besar. Kelebihan transmisi digital ini menjadi keunggulan yang utama untuk perusahaan dan lembaga yang memang memiliki data-data lebih banyak karena bersinggungan dengan masyarakat luas.
  5. Alat-alat yang digunakan dalam transmisi digital ini lebih stabil, praktis, dan memiliki daya tahan yang cukup lama selama pemakaian berlangsung. Biaya pemeliharaan pun relatif lebih sedikit karena tahan lama.
  6. Menyebarkan informasi melalui transmisi digital tidak perlu menggunakan ruangan yang besar untuk menyimpan data dan perangkatnya. Hanya membutuhkan seminimal mungkin dan perangkat yang digunakan tidak perlu dengan ukuran besar untuk penyimpanan data atau memori.
  7. Informasi yang menggunakan transmisi digital ini lebih mudah disimpan dalam bentuk atau format apapun tergantung keperluan pengguna. Selain itu, data-data digital tersebut akan lebih mudah ditranfer ke beberapa perangkat eksternal lainnya seperti dengan hardisk, flashdisk, smartphone, dan memori eksternal lainnya.
  8. Informasi yang disajikan dengan menggunakan transmisi digital lebih cepat dan mudah diakses oleh berbagai kalangan. Kecepatan dalam mendapatkan informasi ini mampu membuat penggunanya tidak kurang update terhadap informasi yang sedang terkini.
Sponsors Link

Baca juga:

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan yang begitu banyak dan memudahkan seseorang dalam berkomunikasi dengan mengakses berbagai informasi dan menyimpan data, transmisi digital juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki dari transmisi digital adalah sebagai berikut:

  1. Transmisi digital yang memiliki kapasitas penyimpanan besar ini ternyata rentan terkena kerusakan data yang diakibatkan oleh virus.
  2. Kekurangan transmisi digital ini terfokus juga pada penggunanya, dimana kemudahan mengakses informasi dengan transmisi digital ini membuat penggunanya menjadi malas dalam berkreativitas.
  3. Transmisi digital ini memang memiliki sedikit pengeluaran untuk pemeliharaannya, tetapi jika perangkat transmisi digital rusak pengguna harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengganti dengan perangkat yang baru.
  4. Kesalahan pada digitalisasi pada transmisi digital ini akan menyebabkan informasi yang asli tidak sesuai dengan presentasi digital. Terkadang pengkodean yang tidak ada pada transmisi digital ini membuat presentasi informasi berubah tidak sesuai dengan wujud aslinya hanya mendekati sempurna.
  5. Transmisi digital ini harus memiliki sinkronisasi pada setiap proses pengiriman dan penerimaan data agar semua data yang disimpan tidak hilang.
    Sponsors Link

  6. Pengiriman dan penerimaan data pada transmisi digital ini menggunakan bandwith yang besar tergantung dengan bentuk data yang dikirim atau diterima.
  7. Rangkaian elektronika dalam transmisi digital lebih rumit dan komplek jika dibandingkan dengan rangkaian elektronika transmisi analog. Pasalnya, transmisi digital ini menggunakan pengkodean yang modern dengan berbagai unsur yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi.
  8. Dominasi oleh transmisi analog karena transmisi digital hakikatnya menggunakan transmisi analog yang diubah menjadi sinyal digital. Kebanyakan informasi komunikasi berbasis transmisi analog dan perangkatnya menggunakan analog juga.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital