Sponsors Link

6 Contoh Komunikasi Digital

Sponsors Link

Manusia menggunakan komunikasi sebagai media untuk melakukan proses interaksi di kehidupan masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi, komunikasi yang digunakan masyarakat tidak hanya dengan komunikasi lisan bertatap muka saja. Kini komunikasi tidak terbatas oleh ruang dan waktu di era globalisasi ini. (Baca juga: Konsep Dasar Komunikasi Digital)

ads

Teknologi telah memberikan kemudahan dalam proses komunikasi. Salah satunya adalah memberikan layanan berupa jaringan internet. Jaringan internet merupakan sebuah media penghubung antara perangkat komputer atau smartphone ke dunia maya. Adanya jaringan internet inilah yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi melalui dunia maya tanpa halangan ruang dan waktu. Komunikasi yang menggunakan teknologi ini disebut sebagai komunikasi digital. (Baca juga: Etika Komunikasi Digital)

Adapun contoh dari komunikasi digital adalah sebagai berikut:

  1. E-mail

E-mail atau electronic mail atau surel merupakan sebuah surat elektronik yang mengandalkan teknologi sebagai medianya. Setiap orang pada masa kini telah memiliki e-mail untuk berbagai kepentingan karena e-mail menjadi salah satu media identitas masyarakat. Ketika seseorang ingin mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri untuk membuat sebuah akun maka hal pertama yang diminta untuk memverifikasi adalah e-mail. (Baca juga: Peran Media Sosial dalam Komunikasi Digital)

E-mail memiliki berbagai jenis aplikasi di antaranya yahoo, msn, gmail, hotmail, sina, dan lain sebagainya. Banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan e-mail secara gratis, yaitu dengan menggunakan gmail. Dengan adanya e-mail sebagai media pengiriman dan penerimaan surat berbasis teknologi jaringan internet ini maka masyarakat dapat berkomunikasi secara efektif dan dapat meminimalisir kesalahan yang ada dalam pengiriman pesan.

Selain itu, e-mail tidak hanya dapat mengirim pesan berbentuk teks saja, tetapi e-mail menyediakan pengiriman data dalam bentuk video, foto, dokumen, folder, aplikasi, dan lainnya. Kecanggihan teknologi inilah yang membuat e-mail sebagai media komunikasi digital. (Baca juga: Internet sebagai Media Komunikasi)

  1. Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial yang satu ini, facebook. Facebook merupakan salah satu media sosial yang digemari banyak kalangan mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua. Aplikasi ini memang diperuntukan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya dalam bentuk komunikasi digital karena kapasitasnya tidak terbatas.

Hebatnya dunia maya ini mampu menampung pengguna facebook yang sangat banyak. Facebook juga menyediakan kolom komentar, chatting, unggah foto atau video, menulis status, menandai tempat, membuat forum, dan lain sebagainya. Facebook digemari karena lebih mudah digunakan untuk komunikasi digital dibandingkan dengan media sosial lainnya. (Baca juga: Komunikasi Online)

  1. Twitter

Twitter merupakan media sosial berikutnya setelah facebook. Twitter memiliki karakter penulisan yang lebih sedikit dibandingkan facebook. Awal kemunculannya sebagai komunikasi digital, twitter menduduki peringkat lebih tinggi dibandingkan media sosial lainnya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, twitter mulai mengalami penurunan peminat.

Komunikasi digital yang dapat dilakukan dengan menggunakan twitter ini membalas komentar atau mengomentari status orang lain, mengunggah gambar atau video, membaca informasi yang sedang terkini, dan lain sebagainya. Twitter ini sering dijadikan sebagai media pemberitaan publik karena lebih mudah menemukan berita terkini dengan menggunakan twitter yang berbasis internet karena menggunakan sistem hastag untuk melihat trending topic dunia. (Baca juga: Penerapan Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang dapat digunakan di dalam smartphone masyarakat. Whatsapp adalah salah satu contoh komunikasi digital yang telah memasuki kehidupan masyarakat sehari-hari. Selain whatsapp, aplikasi chatting yang digunakan masyarakat di antaranya blackberry messenger (BBM), line, kakaotalk, beetalk, dan lain sebagainya. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Daring)

Fitur whatsapp menyediakan pengiriman atau penerimaan data berupa voice atau suara, gambar, teks, lokasi yang terhubung dengan peta berbasis internet seperti google map, dokumen, telepon, video call, dan data lainnya yang berbentuk digital.

Whatsapp menjadi komunikasi digital yang paling digemari masyarakat karena memiliki kapasitas memori yang sedikit, tetapi memiliki fitur yang lengkap. Komunikasi digital dengan menggunakan aplikasi ini sangat ekonomis karena mudah diakses dengan menggunakan perangkat smartphone dan dapat terhubung ke komputer yang memiliki jaringan internet. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya)

  1. Website

Website merupakan halaman informasi yang berbentuk digital dan berbasis internet. Website atau yang sering dikenal dengan web ini digunakan oleh berbagai perusahaan atau lembaga formal maupun non formal. Website biasanya berbayar dan berfungsi sebagai media informasi perusahaan atau lembaga berupa profil lembaga dan data-data yang berhubungan dengan lembaga tersebut.

Selain itu, web juga dapat digunakan untuk memberikan informasi berupa portal berita seperti media online yang semakin banyak berkembang untuk menyajikan berita terkini kepada masyarakat luas. Website ini sebagai contoh komunikasi digital yang mampu memberikan kemudahan komunikasi di masyarakat. (Baca juga: Komponen Pendukung Komunikasi Daring)

  1. Messenger

Messenger sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Messenger merupakan aplikasi chatting yang berbasis teknologi digital. Messenger biasanya digunakan oleh para pekerja kantoran untuk membantu berkomunikasi kepada rekan kerja maupun customer perusahaan.

Messenger menggunakan jaringan internet dan bersifat tunda atau komunikasi daring asinkron. Dimana seorang komunikator online dan komunikan dalam keadaan offline. Messenger berbeda dengan media sosial maupun e-mail karena hanya dapat digunakan sebagai chatting saja. (Baca juga: Fungsi Pendukung Komunikasi Daring)

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital