Sponsors Link

13 Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Digital

Sponsors Link

Kehadiran media sosial membuat penggunaan komunikasi digital berkembang secara pesat. Media sosial mempunyai semua kelebihan yang dimiliki komunikasi digital, yaitu pertukaran informasi yang dapat dilakukan secara bebas, dimana pun dan kapan pun. Memangkas jarak dan waktu (baca: internet sebagai media komunikasi). Media Sosial sendiri terbagi dalam berbagai bentuk. Misalnya jejaring sosial (contoh: facebook), media sharing (contoh: youtube, blog, forum, situs voting, dkk.)

ads

Dengan kelebihan dan kemudahan yang dimilikinya, media sosial menjadi populer digunakan oleh banyak orang. Dalam perkembangannya, media sosial bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama tapi juga sebagai alat berbisnis, promosi, penvitraan, hingga alat bagi pemerintah untuk dapat menjangkau rakyat (baca: pengaruh media sosial). Dengan demikian, secara tidak langsung media sosial berperan penting dalam peningkatan penggunaan komunikasi digital oleh masyarakat luas. Berikut ini akan Pakar Komunikasi paparkan 13 peran media sosial dalam komunikasi digital.

1. Menurut Rudolf F. Verderber, komunikasi mampu memberikan kesenangan atau hiburan bagi penggunanya dalam bentuk interaksi dengan sesama. Demikian pula komunikasi digital. Dengan adanya media sosial, komunikasi digital menjadi sebuah cara berkomunikasi yang sangat popular terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan hiburan sehari-hari (baca: konstruksi realitas sosial). Melalui media sosial, komunikasi digital menawarkan hiburan dalam bentuk interaksi dengan sesama pengguna medsos lainnya. Baik berupa ungkapan emosi, ekpresi diri, menghilangkan penat atau mengalihkan perhatian dengan bermain game, atau sekedar mengikuti kabar berita dalam akun medsos seseorang untuk menghabiskan waktu.

2. Interaksi sosial dapat dilakukan melalui komunikasi digital, dan kehadiran media sosial membuat interaksi sosial melalui komunikasi digital menjadi sangat popular (baca juga: jenis-jenis interaksi sosial). Dewasa ini, sebagian besar penduduk yang melek teknologi memiliki akun medsos. Melalui medsos, pengguna dapat melakukan beragam interaksi sosial. Baik dalam bidang pekerjaan, pendidikan, kesehatan, hingga hiburan.

3. Salah satu bentuk interaksi sosial yang dapat dilakukan melalui komunikasi digital adalah menjalin hubungan dengan sesama (baca juga: komunikasi antar pribadi). Melalui komunikasi online, khususnya media sosial para pengguna dapat memperluas pergaulan, terhubung dengan teman lama atau teman baru, dengan biaya yagng relative lebih murah dan dapat dilakukan dimana saja, kapan saja.

4. Media Sosial juga memudahkan penggunanya melakukan interaksi sosial dengan bergabung dengan berbagai komunitas. Cakupan lingkup komunitas yang diikuti juga bisa sangat luas, misalnya anggotanya berasal dari berbagai negara (baca juga: komunikasi internasional). Media sosial mendorong penggunanya untuk lebih aktif mengemukan pendapat, dan membangun percaya diri seseorang dalam bersosialisasi.

5. Dalam bidang pendidikan, komunikasi digital memang telah banyak digunakan sebelum kehadiran media sosial. Namun kehadiran media sosial membuat komunikasi online dalam bidang pendidikan menjadi lebih berkembang luas dan mudah diakses. Pelaku pendidikan dapat membagikan berbagai pengetahuan melalui medsos, sehinggapengguna dapat mengakses berbagai pengetahuan yang diperlakukannya melalui medsos. Baik berupa video tutorial memasak, merias, ataupun mendesain dan membuat baju.

6. Media sosial juga mengubah cara komunikasi dalam dunia perbankan. Kehadiran media sosial membuat perbankan semakin mengembangkan komunikasi dalam bentuk digital. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memberikan layanan perbankan yang lebih yang lebih cepat dan mudah bagi masyarakat. komunikasi digital digunakan perbankan untuk mempercepat respon dalam melakukan perbaikan layanan. Selain itu melalui komunikasi digital, masyarakat juga difasilitasi untuk dapat melakukan pembukaan rekening, melakukan transfer dana secara online, hingga kemudahan dalam memperoleh pinjaman.

7. Penggunaan komunikasi digital dalam pemenuhan layanan kesehatan juga semakin meningkat dan berkembang dengan kehadiran media sosial. Media sosial membantu industri kesehatan untuk melakukan kampanye kesehatan dengan lebih murahm cepat dan tepat sasaran (baca juga: etika komunikasi di internet). Melalui media sosial, industri kesehatan dapat tetap terhubung dengan pasiennya. Dengan demikian, pasien dapat berkonsultasi mengenai masalah kesehatannya dengan pihak yang berkompeten dengan lebih mudah. Selain itu kunjungan dokter virtual pun dapat dilakukan melalui medsos, sehingga pasien tidak selalu harus datang ke tempat berobat atau rumah sakit.

Sponsors Link

8. Dewasa ini, banyak pihak pemerintah yang memanfaatkan media sosial untuk dapat terhubung dengan warga. Baik itu Dinas tertentu, beberapa Kepala Daerah, hingga Kepala Negara di Indonesia aktif menggunakan media sosial untuk membagikan informasi kepada warga (baca juga: Komunikasi Politik). Selain itu media sosial juga digunakan para Pemimpin Negara tersebut untuk mendapatkan masukan mengenai pemerintahan yang berjalan dari warganya. Kehadiran media sosial membuat komunikasi digital semakin popular digunakan dan membuat pemerintahan semakin transparan.

9. Komunikasi digital menawarkan kecepatan penyebaran informasi. Hal ini sangat diperlukan dalam merespon bencana. Media sosial sangat membantu pengunaanya untuk berbagi informasi mengenai kondisi terkini disekitar wilayah bencana. Baik berupa kondisi korban bencana atau bantuan apa saja yang diperlukan (baca juga: Jurnalistik Online). Media sosial juga digunakan untuk komunikasi dalam cara penyaluran bantuan, dan lain sebagainya.

10. Perkembangan penggunaan komunikasi digital yang paling pesat terjadi dalam ranah bisnis. Dewasa ini edia sosial aktif digunakan oleh para pebisnis untuk melakukan promosi produk atau jasanya. Media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi, sebab medsos memiliki jangkauan konsumen yang tidak terbatas namun tertaget, lebih mudah, cepat dan murah baca juga: etika komunikasi bisnis).

Sponsors Link

11. Seperti dijelaskan sebelumnya, komunikasi digital khususnya media sosial sangat efektif gunakan sebagai media promosi. Media sosial juga dapat digunakan perusahaan untuk melakukan riset pasar, berinteraksi langsung dengan pelanggan,dan menentukan sasaran atau target promosi yang ideal bagi produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Hal tersebut dilakukan misalnya dengan melihat atau memantau status atau postingan akun pelanggan di medsos, menganalisis profil pelanggan, dsb.

12. Selain sebagai media promosi dan melakukan riset pasar, komunikasi digital juga semakin efektif digunakan dalam melakukan brand awarnes. Media sosial, misalnya instagram sangat efektif digunakan dalam membangun kesadaran merek atau brand (baca juga: Psikologi Komunikasi). Brand awarnes tersebut dapat dipantau melalui jumlah like atau share status mengenai produk tersebut oleh konsumen maupun calon konsumen.

13. Dalam dunia marketing, promosi mulut kemulut merupakan promosi yang sangat efektif. Media sosial memberikan komunikasi mulut ke mulut gaya baru dalam komunikasi digital. Suatu opini dalam medsos bisa menjangkau banyak orang, yang bahkan tidak terduga jika postingan opini tersebut menjadi viral (baca juga: cara berkomunikasi dengan baik). Suatu opini yang viral tentu menimbulkan banyak reaksi dari berbagai pihak, secara tidak langsung menjadi alat promosi serta brand awarnes produk atau jasa yang direview dalam opini tersebut.

Demikian artikel mengenai peran media sosial dalam komunikasi digital ini. Jika terdapat kesalahan baik dalam penulisan ejaan ataupun informasi, penulis meminta maaf. Silahkan tinggalkan komentar yang membangun, jangan sungkan untuk menshare artikel ini, dan akhir kata… Semoga bermanfaat! 🙂

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital