Sponsors Link

17 Peranan Media Sosial dalam Masyarakat

Sponsors Link

Kehadiran internet sebagai media komunikasi telah melahirkan media baru, cara berkomunikasi dan sosialisasi yang lebih modern. Salah satu produk media baru yang kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita adalah media sosial.  Media komunikasi modern yang satu ini memang telah menjadi primadona bagi hampir semua orang di seluruh dunia.

ads

Media sosial termasuk situs jejaring sosial memberikan peluang yang sangat besar bagi penggunanya untuk tetap berhubungan dengan teman-teman lama, rekan kerja, dan pasangan. Media sosial juga membantu orang-orang di seluruh dunia untuk membuat pertemanan baru, saling berbagi isi atau konten seperti gambar dan lain sebagainya. Selain itu, media sosial juga mengubah gaya hidup sebuah masyarakat.

Banyak sekali peranan media sosial bagi kehidupan kita, tidak hanya dalam bidang pendidikan, media sosial juga berperan penting dalam bidang bisnis, bagi kaum muda, dan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara singkat beberapa peranan media sosial dalam masyarakat, diantaranya adalah :

1. Membangun dan menjaga hubungan

Salah satu pengaruh media baru dalam komunikasi adalah membangun dan menjaga hubungan dengan pengguna lainnya. Melalui media baru seperti media sosial, pengguna dapat tetap berhubungan dan menjaga hubungan dengan pengguna lainnya. Biasanya, mereka akan membentuk semacam kelompok pertemanan yang mengarahkan mereka pada saling bertukar informasi, saling berbagai obyek sosialitas, saling mengirim pesan teks atau pesan, bertemu atau melakukan kopi darat, ataupun hanya sekedar masuk menjadi salah satu daftar pertemanan dari pengguna lainnya.

2. Membangkitkan kesadaran masyarakat

Media sosial juga seringkali digunakan sebagai alat untuk membangkitkan kesadaran masyarakat. Karakteristik new media yang melekat pada media sosial seperti keterjangkauan media sosial yang sangat luas dan lintas batas membuatnya menjadi alat yang sangat ampuh untuk menyampaikan pesan-pesan yang bertujuan untuk mengguggah kesadaran masyarakat terkait hal-hal tertentu melalui iklan layanan masyarakat, promosi produk barang atau jasa, artikel, dan lain-lain. Hal ini sekaligus dapat membantu masyarakat untuk tetap memperoleh informasi termutakhir atau terbaru.

3. Mempengaruhi orang lain

Peranan media sosial dalam masyarakat selanjutnya adalah untuk mempengaruhi orang lain. Sebagaimana peran media massa, media sosial memiliki peran yang sangat signifikan dalam mempengaruhi orang lain. Cara mempengaruhi orang lain dalam sebuah komunikasi melalui media sosial adalah dengan berperan serta dalam sebuah percakapan atau diskusi. Namun hal ini bukanlah hal mudah karena diperlukan eksekusi yang cerdas agar dapat mempengaruhi orang lain secara efektif.

Hal ini dikarenakan orang cenderung bersikap resisten terhadap informasi yang disampaikan oleh orang lain. Jika informasi tersebut tidak sesuai dengan sikap, perilaku, dan keyakinan dirinya, maka ia akan berusaha mencari informasi lain yang sesuai dengan sikap, perilaku, dan keyakinan yang dimilikinya atau mengubah sikap, perilaku, dan keyakinan yang dimilikinya agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh orang lain sebagaimana dijelaskan dalam teori disonansi kognitif dan teori konsistensi kognitif dalam komunikasi persuasif.

4. Mengekspresikan diri

Media sosial merupakan sarana yang sangat ampuh untuk mengekspresikan diri. Salah satu media sosial yang sangat efektif untuk mengekspresikan diri adalah YouTube. Di sana, setiap pengguna dapat mengunggah video-video menarik yang berkaitan erat dengan bakat yang dimiliki ataupun kegiatan-kegiatan yang menginspirasi.

Jika video-video tersebut dilirik oleh produser televisi, bisa jadi akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya di depan umum secara langsung melalui televisi.

Sebagaimana diketahui, ajang pencarian bakat di salah satu negara juga menggunakan metode ini untuk menjaring kontestan yang benar-benar memiliki bakat yang luar biasa agar dapat menjadi peserta di ajang pencarian bakat tersebut. Tentu ini bukan tanpa alasan karena ajang pencarian bakat di televisi masih menjadi salah satu jenis program televisi yang sangat diminati penonton.

Sponsors Link

5. Membangun demokrasi partisipatif

Salah satu peranan media sosial dalam masyarakat yang sangat penting adalah membangun demokrasi partisipatif. Kini setiap orang dapat dengan mudah menjadi wartawan atau turut bertisipasi dalam kegiatan jurnalistik seperti mencari dan menulis berita serta memberikan komentar.

Karena itu, kini kita banyak mendengar istilah jurnalisme warga atau citizen journalist. Media massa mainstream seperti radio dan televisi juga turut memberikan ruang bagi siapa pun yang dapat memberikan informasi yang memiliki nilai berita sehingga layak untuk ditampilkan kepada khalayak luas.

6. Bersosialisasi

Kehadiran media sosial jelas menjadi pemicu bagi penggunanya untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial tentu manusia membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Melalui media sosial, kita dapat bertemu kembali dengan teman lama ataupun teman baru menjalin silaturahmi, berbagi informasi, dan lain-lain. Dengan bersosialisasi melalui media sosial, sesungguhnya kita menjalin jaringan komunikasi baru yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan sosial kita.

7. Sumber informasi

Kini, semakin banyak media massa seperti radio dan televisi yang juga memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi tercepat. Digunakannya media sosial oleh berbagai media massa tentunya membantu masyarakat untuk tetap memperoleh berbagai macam informasi terbaru yang terjadi di sekitar kita atau seluruh dunia.

Penggunaan media sosial oleh media massa mainstream umumnya ditujukan untuk membantu masyarakat yang tidak sempat untuk membaca berita di surat kabar ataupun menonton berita di televisi. Hal ini sesuai dengan fungsi media massa menurut para ahli.

8. Menyebarkan informasi

Media sosial juga memiliki peran untuk menyebarkan informasi. Tak dipungkiri bahwa media sosial menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk menyebarkan jenis-jenis informasi,  baik informasi yang berasal dari sumber-sumber terpercaya maupun yang tidak.

Jenis informasi yang disajikan oleh sumber-sumber terpercaya melalui media sosial dapat mempengaruhi pengambilan keputusan seseorang terhadap suatu isu atau permasalahan.

Namun, berbagai komentar bias yang muncul dari berbagai pihak sebagai respon terhadap informasi tersebut dapat membelokkan akurasi informasi. Biasanya, komentar-komentar bias ini merupakan cara yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki tujuan tertentu untuk membentuk opini publik yang baru.

Berbagai komentar bias ini umumnya disajikan dengan menggunakan data dan fakta yang tidak valid dan diberikan oleh mereka yang tidak menggunakan nama yang sebenarnya atau bahkan tanpa nama sehingga sulit untuk dipertanggungjawabkan. Hal ini merupakan salah satu permasalahan etika komunikasi di internet yang sangat pelik dan dapat membawa dampak negatif bagi masyarakat.

ads

9. Mendidik

Selain berperan sebagai media penyebar informasi, media sosial juga berperan sebagai media pendidkan. Media sosial adalah salah satu sumber pendidikan bagi masyarakat. Beragam jenis informasi dapat dengan mudah diakses dan diperoleh masyarakat.

Berbagai pengetahuan, tips dan trik pun diberikan oleh berbagai pihak melalui media sosial sebagai bentuk pendidikan kepada masyarakat. Misalnya, cara mengatasi stress di tempat kerja.

10. Menghibur

Sebagaimana media massa, media sosial juga merupakan media yang banyak digunakan untuk memperoleh hiburan. Kehadiran YouTube misalnya dapat memudahkan penggunanya untuk menonton video musik ataupun menonton film secara daring. Di era digital seperti sekarang, hiburan masih dibutuhkan masyarakat sebagai pengalihan atau lari dari tekanan akibat berbagai rutinitas yang dilakukan setiap hari.

11. Saling berbagi

Adanya istilah sosial dalam “media sosial” menunjukkan pentingnya proses pertukaran pesan antar pengguna. Dalam artian, pengguna media sosial memanfaatkan media sosial untuk saling bertukar isi atau konten.

Selain itu, pengguna media sosial juga dapat saling menyebarkan dan menerima isi atau konten dari pengguna lainnya. Jenis isi atau konten yang biasa dibagikan oleh pengguna media sosial umumnya berbentuk teks singkat, gambar digital, video, dan lain-lain.

12. Membentuk komunitas

Media sosial memungkinkan penggunanya yang memiliki kesamaan minat dan kegemaran untuk bergabung dan membentuk komunitas online atau komunitas daring.

Biasanya, dalam satu akun media sosial, seorang pengguna memiliki beberapa kelompok pertemanan yang didasarkan atas kesamaan minat dan kegemaran. Manfaat komunitas online ini sangatlah besar diantaranya adalah saling bertukar pikiran antar sesama anggota, saling bertukar informasi, mempererat persaudaraan, dan lain sebagainya.

Misalnya, dalam dunia bisnis komunitas online atau komunitas daring sangat berperan untuk membantu mengembangkan bisnis dan memperoleh rekanan bisnis yang baru.

13. Mencapai tujuan

Media sosial juga berperan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam artian, media sosial kerapkali digunakan oleh masyarakat untuk mencapai suatu tujuan. Caranya adalah mengajak dan menyatukan anggota masyarakat lainnya yang memiliki pandangan yang sama tentang suatu isu dengan memunculkan tagar tertentu. Misalnya, perang tagar yang kini tengah marak menjelang pesta demokrasi lima tahunan.

Berbagai tagar yang ada ini memiliki tujuan tertentu sesuai dengan tagar yang dimunculkan oleh masyarakat. Hal ini bisa membawa hal positif dan negatif sekaligus karena tak jarang perang tagar yang marak di dunia maya dapat menjadi pemicu adanya gesekan sosial di tengah masyarakat. Dampak negatif dari media sosial inilah yang harus disadari dan benar-benar dihindari oleh masyarakat.

14. Membangun reputasi

Media sosial kerap digunakan untuk membangun reputasi baik seseorang, merek maupun bisnis dengan tujuan untuk menghalau citra negatif yang dibentuk dan dibangun oleh pihak lain.

Citra negatif yang dibentuk untuk membentuk reputasi yang buruk terhadap seseorang dapat kita lihat contohnya pada kasus yang menimpa salah satu kandidat dalam proses pemilu. Demikian pula reputasi positif yang dibangun oleh berbagai pihak dapat memberikan citra positif di mata khalayak luas.

Hal ini bertujuan untuk memenangkan proses pemilu sebagai wadah konstitusional untuk memperoleh kekuasaan dan membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

Sponsors Link

15. Membangun jejaring sosial

Kehadiran media sosial termasuk situs jejaring sosial memudahkan bagi penggunanya untuk menyebarluaskan berita, informasi, dan lain sebagainya kepada pengguna lainnya. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk membangun dan mengembangkan jejaring sosial tidak hanya di dunia maya melainkan juga di dunia nyata. Jejaring sosial yang telah dibentuk umumnya akan melakukan berbagai kegiatan atau gerakan sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

16. Agen perubahan

Media sosial juga dapat berperan sebagai agen perubahan dalam proses pembangunan. Jika pada abad komunikasi massa yang menjadi agen perubahan adalah berbagai media massa seperti radio dan televisi, di abad digital seperti sekarang yang menjadi agen perubahan selanjutnya adalah media sosial.

Hal ini dikarenakan media sosial yang dapat menjangkau khalayak yang sangat luas dan informasi yang diperoleh pun menjadi sangat cepat. Hal ini memudahkan bagi pemangku kepentingan untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat secara serentak dan cepat.

17. Membantu fungsi demokrasi

Peranan media sosial dalam masyarakat yang terakhir adalah membantu fungsi demokrasi secara efektif. Media sosial kini digunakan oleh pemerintah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai macam kebijakan dan program pemerintah serta manfaatnya bagi masyarakat.

Media sosial juga membantu masyarakat untuk menyuarakan apa yang dirasakan kepada pemerintah dan membantu pemerintah untuk membuat perubahan-perubahan penting terkait dengan kebijakan dan program pemerintah yang dilakukan

Itulah beberapa peranan media sosial dalam masyarakat yang juga tidak dapat dilepaskan dari peranan media sosial bagi individu, bisnis, dan lain-lain. Semoga ulasan singkat di atas dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kita tentang media sosial terkait dengan peranannya dalam masyarakat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring