Sponsors Link

7 Hubungan Manajemen Humas dengan Pelayanan Publik

Sponsors Link

Secara sederhana humas dapat dipahami sebagai suatu kegiatan penyampaian informasi. Oleh sebab itu, di dalam kegiatan humas dalam penyampaian informasinya juga diperlukan adanya suatu tata pengelolaan atau manajemen. Manajemen humas sendiri diartikan sebagai suatu proses dalam hubungannya dengan perencanaan, pengorganisasian, komunikasi, dan juga koordinasi untuk mencapai suatu tujuan bersama bagi suatu organisasi ataupun institusi.

ads

Memiliki peranan dalam penyampaian informasi dan hubungan baik, manajemen humas tidak dapat lepas juga dari pelayanan publik. Dimana terdapat beberapa hubungan diantaranya yang dapat dilihat dari fungsi manajemen humas itu sendiri. Lantas apa saja hubungan tersebut? berikut ini ada 6 hubungan manajemen humas dengan pelayanan publik, diantaranya adalah:

1. Pengawasan

Hubungan yang pertama dapat dilihat daru fungsi humas sebagai pengawasan. Dimana manajemen humas berperan aktif dalam pengawasan terhadap pelayanan publik. Seluruh kegiatan maupun fasilitas yang yang diberikan harus diawasi dengan baik dalam pemberian pelayanan terbaik terhadap publik maupun masyarakat.

Sehingga tujuan bersama dapat tercapai. Hal ini juga disebabkan karena adanya peran public relations dalam pembentukan opini publik, dimana opini publik juga sangat menentukan terhadap tujuan pelayanan publik.

Baca juga :

2. Pengarahan

Dalam pelayanan publik juga dibutuhkan suatu pengarahan, dimana hal ini dapat dilakukan dalam manajemen humas. Adanya fungsi pengarahan bertujuan agar pelayanan yang diberikan baik berupa kegiatan maupun yang lainnya tetap berjalan sebagai mana mestinya.

Selain itu, dengan adanya pengarahan juga dapat mencegah timbulnya penyimpangan maupun dampak kesalahan komunikasi dalam manajemen yang dapat menghalangi tercapainya tujuan bersama.

3. Perencanaan

Hubungan manajemen humas dengan pelayanan publik berikutnya adalah karena manajemen humas berfungsi dalam perencanaan, dimana pelayanan publik juga membutuhkan perencanaan agar sesuai dengan harapan masyarakat yang bersangkutan.

Perencanaan pelayanan publik sendiri juga biasanya memiliki beberapa tahapan seperti perencanaan jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang, baik dalam bentuk kegiatan maupun fasilitas publik.

4. Pengorganisasian

Berlangsungnya pelayanan publik pastinya membutuhkan berbagai macam pihak yang terlibat di dalamnya, oleh sebab itu manajemen humas diperlukan untuk dapat membagi maupun mengatur tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak, mengingat juga pentingnya komunikasi dalam manajemen organisasi. Pengorganisasian sendiri biasanya juga akan berkaitan dengan seluruh aktivitas pelayanan publik baik dalam organisasi, institusi, maupun dalam lingkungan masyarakat.

Baca juga :

5. Koordinasi

Tidak hanya pengorganisasian saja, namun juga diperlukan adanya koordinasi dalam pelayanan publik oleh manajemen humas. Hal ini dimaksudkan untuk tetap memastikan dan menjaga bahwa tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dilaksanakan sesuai dengan aturan, sehingga tetap dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam pelayanan publik secara menyeluruh. Koordinasi dapat dilakukan juga dengan komunikasi yang baik, mengingat pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat.

6. Pemberdayaan

Hubungan yang selanjutnya adalah bahwa manajemen humas juga berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui pelayanan publik yang diberikan. Hal ini pastinya bertujuan untuk menjadikan pelayanan publik yang diberikan menjadi lebih baik maupun lebih maju.

Pemberdayaan ini juga erat kaitannya dengan peran humas dalam proses internalisasi budaya organisasi. Terlebih lagi tidak hanya dalam kegiatan pelayanan publik nya saja, namun juga dapat memajukan pihak-pihak lain yang juga berkaitan didalamnya.

7. Evaluasi

Hubungan manajemen humas dengan pelayanan publik adalah sebagai evaluasi. Manajemen humas sangat penting dalam menjalankan fungsi evaluasi, terutama dalam pelayanan publik.

Mengapa demikian? Karena dengan adanya evaluasi maka dapat diketahui sejauh mana tujuan yang ditentukan telah tercapai, sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik lagi dan dapat mencapai tujuan bersama secara maksimal.

Itulah dia beberapa hubungan manajemen humas dengan pelayanan publik yang dapat dilihat dari fungsi manajemen humas secara umum. Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen humas memang memiliki hubungan yang erat dan juga peran penting didalam pelayanan publik demi tercapainya tujuan bersama selain juga tugasnya dalam penyampaian informasi maupun pesan terhadap masyarakat. Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Public Relations