Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Pemasaran yang Baik dalam Menarik Konsumen

Sponsors Link

Menurut the American Marketing Association, yang dimaksud dengan pemasaran atau marketing adalah proses merencanakan dan melaksanakan konsepsi, harga, promosi, dan distribusi ide-ide, produk, dan layanan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

ads

Sedangkan menurut Kotler dkk pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok yang ada didalamnya memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Kedua pengertian pemasaran tersebut menurut Ngadiman dkk (2008) bersandar pada beberapa konsep inti pemasaran yang meliputi kebutuhan, keinginan dan permintaan, produk (ide, barang atau jasa), nilai, biaya, kepuasan, pertukaran dan transaksi, hubungan dan jaringan, pasar, serta pemasar dan prospek.

Dari pengertian pemasaran di atas, tugas pemasaran adalah untuk menciptakan kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan melalui teknik-teknik pemasaran atau strategi pemasaran. Strategi pemasaran ini perlu disusun oleh organisasi atau pemasaran agar proses penjualan produk atau layanan dapat berjalan dengan sukses yang ditandai dengan keinginan konsumen untuk membeli produk atau layanan yang dijual.

Karenanya pemasaran yang baik harus mampu untuk menciptakan manfaat bagi konsumen. Pemasaran yang baik memiliki ciri-ciri khusus. Adapun ciri-ciri pemasaran yang baik adalah sebagai berikut.

1. Tepat Produk

Produk adalah salah satu konsep penting pemasaran yang merujuk pada segala sesuatu berupa barang, jasa atau ide yang dapat ditawarkan kepada pasar guna memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar. Jika konsumen memutuskan untuk membeli produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya berdasarkan beberapa faktor seperti nilai estetika produk, fungsi produk, faktor penunjang psikologis, dan pelayanan yang menyertai penjualan produk, dapat dikatakan bahwa ini adalah ciri pemasaran yang baik.

Baca juga :

2. Tepat Jumlah

Tepat jumlah dalam pemasaran terkait dengan prinsip pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Tepat jumlah adalah jumlah produk atau layanan yang dapat dibeli pada suatu waktu dengan total biaya minimum yang dikeluarkan oleh konsumen dan pengecer serta kebutuhan konsumsi pelanggan dengan kebutuhan persediaan produk atau layanan dari pengecer.


Hal ini tergantung pada jumlah dan ukuran yang tepat dari produk atau layanan yang akan dijual. Ketepatan antara jumlah produk atau layanan yang dijual dengan jumlah pembelian produk atau layanan oleh konsumen merupakan salah satu ciri pemasaran yang baik.

3. Tepat Harga

Harga adalah salah satu bagian dari bauran ciri-ciri pemasaran yang baik yang merujuk pada nilai yang disematkan pada sebuah produk atau layanan. Dalam pengertian secara luas, harga merupakan jumlah keseluruhan dari nilai yang konsumen berikan untuk memperoleh kepuasan atau keuntungan dengan memiliki atau menggunakan sebuah produk atau layanan.

Harga sebuah produk atau layanan biasanya tergantung pada beberapa faktor seperti biaya produksi, target sasaran, kemampuan pasar untuk membayar, dan faktor langsung dan tidak langsung lainnya yang berkaitan dengan penawaran dan permintaan. Pemasaran yang baik ditandai dengan adanya harga yang tepat, yang tidak hanya mengacu pada keseimbangan harga pasar melainkan juga harus bersaing dan menarik di mata konsumen.

4. Tepat Media Komunikasi

Media komunikasi dalam pemasaran adalah macam-macam media komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen. Media komunikasi yang dimaksud dapat dibagi ke dalam dua kelompok. Pertama, media komunikasi tradisional yang meliputi media massa cetak dan elektronik seperti surat kabar, radio, dan televisi. Kedua, media baru yang meliputi media komunikasi modern seperti surat elektronik dan media sosial.

Masing-masing jenis media memiliki kelebihannya sendiri. Pemasaran yang baik ditandai dengan tepatnya sarana komunikasi dalam pemasaran produk atau jasa yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan; sesuai dengan strategi dan anggaran serta dapat diukur dan dinilai efektivitasnya dalam setiap kampanye pemasaran yang dilakukan.

Baca juga :

5. Tepat Waktu

Yang dimaksud dengan tepat waktu sebagai ciri-ciri pemasaran yang baik adalah waktu yang digunakan konsumen untuk membeli produk yang diinginkan dan dibutuhkan. Waktu untuk membeli produk atau layanan perlu dipahami oleh pemasar karena akan menghadirkan peluang bisnis tersendiri bagi pemasar.


Pola waktu berbelanja ini memberikan panduan bagi pemasar kapan waktu yang tepat untuk memposisikan suatu produk serta memperkenalkan produk baru ke pasar. Dengan demikian, pemasaran yang baik juga ditandai oleh ketepatan waktu berbelanja yang dilakukan oleh konsumen dengan produk atau layanan yang diluncurkan oleh pemasar.

6. Tepat Tempat

Dalam pemasaran, yang dimaksud dengan tempat adalah distribusi atau metode serta lokasi yang digunakan oleh pemasar untuk memasarkan produk atau layanan agar dapat diakses dengan mudah oleh konsumen. Penempatan atau distribusi ini hanya dapat dilakukan dengan memahami secara mendalam tentang khalayak sasaran.

Apabila produk atau layanan mudah dijangkau oleh konsumen, penempatan atau distribusi yang dilakukan oleh pemasar berarti sudah tepat. Dengan demikian, pemasaran yang baik ditandai dengan tepatnya tempat yang digunakan oleh pemasar untuk memasarkan produk atau layanan dengan kemudahan konsumen untuk memperoleh produk atau layanan yang ditawarkan.

7. Tepat Promosi

Dalam pemasaran, promosi merujuk pada jenis-jenis komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menginformasikan atau mempersuasi khalayak sasaran tentang kelebihan suatu produk atau layanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, atau menciptakan kesetiaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Karena itu, sebagai pemasar harus memahami cara komunikasi marketing yang baik dengan cara mengkombinasikan penyajian pesan yang benar kepada khalayak sasaran yang tepat dengan media komunikasi yang sesuai. Pesan promosi disesuaikan dengan khalayak sasaran dan sesuai dengan kenyataan. Dengan demikian, pemasaran yang baik ditandai dengan adanya kesesuaian antara pesan promosi dengan khalayak sasaran.

Demikianlah ulasan singkat tentang ciri-ciri pemasaran yang baik. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang pemasaran terkait dengan pengertian dan ciri-ciri pemasaran yang baik.

Sponsors Link
, ,
Oleh :