Sponsors Link

13 Cara Komunikasi Marketing yang Baik

Sponsors Link

Komunikasi marketing atau komunikas pemasaran yang baik adalah salah satu hal paling penting yang harus dilakukan oleh semua perusahaan. Dengan memiliki komunikasi marketing yang baik, perusahaan bisa mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itulah cara komunikasi marketing yang baik sudah sewajarnya diketahui oleh hampir semua orang yang ingin melakukan usaha atau bisnis, baik kecil ataupun besar.

ads

Ada berbagai macam cara komunikasi marketing yang baik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah penjualan yang dimiliki oleh perusahaan atau usaha yang kamu miliki. Berbagai cara di bawah ini, merupakan beberapa saran yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kelancaran yang kamu miliki saat harus melakukan komunikasi marketing.

Bagaimana saja cara komunikasi marketing yang baik tersebut? Ada apa saja yang bisa kamu lakukan atau coba untuk meningkatkan hasil penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang kamu miliki? Tanpa lebih lama lagi, berikut ini adalah beberapa macam cara komunikasi marketing yang baik dan bisa kamu coba.

1. Empati

Salah satu cara komunikasi marketing yang baik adalah dengan cara melakukan empati. Empati bisa memudahkan kita dalam merumuskan pesan-pesan yang sesuai dengan karakteristik pelanggan, sehingga calon pelanggan bisa dengan mudah menerima produk yang kita buat dan bisa dengan mudah memahami manfaatnya untuk dirinya. Selain itu, empati juga akan membuat kita bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi dan kapan waktu yang tidak tepat, sehingga pelanggan bisa menjadi lebih nyaman dengan kita.

Agar kamu bisa berempati dengan baik, memang dibutuhkan latihan dan pengalaman yang banyak, hanya saja kita tidak boleh menyerah dan berhenti supaya kita bisa memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi marketing dengan hasil yang baik.

2. Menguasai produk

Selain memiliki empati yang bagus, para komunikator dalam komunikasi marketing juga harus menguasai produk yang mereka jual agar mereka bisa melakukan komunikasi marketing dengan baik. Hal ini tentunya disebabkan karena produk mereka itulah yang akan dijual, sehingga mau tidak mau, mereka tentu harus menguasai seluk beluk produk yang mereka miliki. Apabila produk tidak dikuasai dengan benar, bisa saja komuniaktor tidak bisa menyampaikan keunggulan produk pada pasien dan tidak bisa menjawab pertanyaan pasien mengenai produk tersebut, sehingga tentu saja hal ini akan menghambat proses mereka dalam melakukan komunikasi. Oleh karena itulah para komunikator juga bisa menerapkan strategi komunikasi dalam membangun brand image.

3. Menyampaikan keunggulan produk

Selain beberapa hal di atas, cara melakukan komunikasi marketing yang baik berikutnya adalah komunikator harus mampu menyampaikan keunggulan produk. Keunggulan produk adalah hal utama yang perlu disampaikan karena pelanggan pastinya ingin membeli produk karena mereka ingin mendapatkan manfaat dari produk tersebut. Sehingga apabila keunggulan tidak disampaikan, dikhawatirkan pelanggan tidak akan membeli produk karena mereka benar-benar membutuhkan produk tersebut. Terlebih dewasa ini kita bisa melakukan strategi marketing online yang semakin memudahkan dalam penyampaian keunggulan produk.

Sponsors Link

4. Tidak menggunakan bahasa kasar

Bahasa yang kasar merupakan salah satu hal yang semestinya dihindari dalam melakukan komunikasi, baik komunikasi bisnis ataupun tidak, terlebih apabila komunikan yang dihadapi adalah orang yang memiliki kultur sangat menghargai kesopanan, dan lain sebagainya. Apabila hal kasar diucapkan, maka hal ini bisa menghambat penjualan produk, bahkan bisa membuat citra perusahaan menjadi buruk.

ads

5. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh komunikan

Bahasa yang mudah dipahami oleh komunikan akan membuat komunikan mudah memahami keunggulan, manfaat, harga, dan berbagai informasi penting lainnya yang seharusnya mereka ketahui sebelum memutuskan untuk membeli produk. Dengan demikian, komunikator bisnis harus menguasai bagaimana melakukan komunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para calon pelanggan ataupun pelanggan itu sendiri.

6. Menyampaikan dengan ramah

Keramahan adalah salah satu faktor penunjang utama yang bisa mempermudah kita dalam melakukan sebuah komunikasi. Tidak hanya komunikasi marketing, jenis-jenis komunikasi yang lain pun sangat terdukung apabila komunikator bisa menyampaikan dengan ramah dan tidak terlihat defensif. Oleh karena itulah sebaiknya para komunikator marketing menerapkan hal ini dalam melakukan komunikasi marketing.

7. Menyampaikan keuntungan membeli produk

Sebagaimana telah disinggung di atas, seorang komunikator bisnis harus menyampaikan keunggulan produk dengan tepat agar para calon pelanggan mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh produk yang mereka akan beli. Tentunya hal ini menuntut bahwa dalam setiap komunikasi marketing yang baik, para komunikator harus menyampaikan keuntungan membeli produk yang mereka jual pada pelanggan agar mereka bisa memutuskan dengan tepat.

8. Tidak menipu

Menipu adalah salah satu hal yang harus dijauhi dalam kehidupan sehari-hari, pun demikian halnya dalam dunia marketing. Komunikasi pemasaran yang baik tidak boleh sampai menipu calon pelanggan dengan mengatakan berbagai macam hal yang tidak ada dalam produk yang dijual. Apabila sampai terjadi penipuan, maka tidak hanya pelanggan salah membeli produk, citra perusahaan pun akan terpengaruh secara langsung.

9. Tidak menjelek-jelekkan produk lain

Kompetisi kadang kala membawa para komunikator suatu produk melakukan berbagai macam cara di luar batas yang sewajarnya. Salah satunya adalah menjelek-jelekkan produk kompetitor tanpa memiliki bukti pendukung yang pasti. Hal tersebut, tak ubahnya menyebarkan fitnah atau menyulut perselisihan bukan hanya dengan pelanggan, akan tetapi juga bisa dengan kompetitor yang lainnya. Oleh karena itulah semestinya tidak perlu sampai menjelek-jelekkan produk perusahaan lain, karena dampaknya bisa saja berbeda. Akan lebih baik apabila kita menekankan produk yang kita jual dan kelebihannya dibandingkan dengan produk pada umumnya.

10. Melakukan di waktu yang tepat

Salah satu cara melakukan komunikasi dengan baik adalah apabila kita melakukan komunikasi tersebut pada waktu yang tepat di waktu yang tepat. Apabila kita melakukan komunikasi marketing atau bisnis di waktu yang tidak tepat, hal ini bisa membuat para pelanggan atau cara pelanggan tidak bisa merespons komunikasi marketing yang kita lakukan dengan cara yang baik atau wajar. Bayangkan saja apabila waktu istirahat diganggu, pasti akan membuat kita tidak nyaman bukan. Oleh karena hal inilah manajemen komunikasi pemasaran adalah hal yang harus dilakukan.

Sponsors Link

11. Mendengarkan pendapat pelanggan

Mendengarkan pendapat pelanggan bisa menjadi salah satu cara komunikasi marketing yang baik untuk membuat pelanggan merasa nyaman ketika berbicara dengan kita.

12. Tidak menyela pelanggan

Tidak menyela pelanggan satu paket dengan cara di atas, yaitu bisa membantu para pelanggan untuk nyaman ketika berkomunikasi dengan kita karena merasa penting atau dihargai.

13. Menarik

Berpenampilan dengan cukup menarik, seperti sopan, rapi dan lain sebagainya, bisa jadi menjadi salah satu daya tarik yang memudahkan pelanggan menerima kita saat melakukan komunikasi marketing.

Itulah beberapa cara komunikasi marketing yang baik dan bisa kamu lakukan. Semoga beberapa cara di atas bisa membantumu melakukan komunikasi marketing dengan baik ya. Jangan lupa pula untuk mempelajari teori komunikasi pemasaran untuk membantumu.

Selamat belajar komunikasi!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :