Sponsors Link

13 Faktor Penunjang Komunikasi Wajib Diketahui

Sponsors Link

Setiap orang pasti ingin bisa melakukan komunikasi dengan lancar. Komunikasi yang lancar membuat tujuan mudah tercapai, dan oleh karena itulah semua orang sudah seharusnya memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan komunikasi di berbagai bidang. Mulai dari komunikasi interpersonal, komunikasi personal, dan komunikasi yang lainnya. Apabila kamu ingin memiliki komunikasi yang bagus, maka tidak ada salahnya apabila kamu mempelajari apa saja faktor penunjang komunikasi yang baik agar kamu bisa menggunakannya untuk melakukan komunikasi yang baik.

ads

Apa saja faktor penunjang komunikasi tersebut? Apakah semuanya saat ini telah kamu miliki atau tidak? Apa saja yang harus kamu perbaiki untuk meningkatkan kualitas faktor-faktor penunjang tersebut? Agar pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dijawab, maka kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas ya.

Beberapa faktor penunjang komunikasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penampilan yang menarik

Salah satu hal yang bisa mendukung komunikasi seseorang adalah apabila mereka memiliki penampilan yang menarik. Oleh karena itulah kebanyakan orang-orang yang bekerja dan harus berinteraksi dengan para pelanggan suatu perusahaan cenderung memiliki penampilan yang menarik. Mayoritas orang akan lebih menyenangi apabila mereka berkomunikasi dengan orang yang secara fisik memiliki penampilan yang menarik, walaupun hal ini bisa saja tidak akan berlangsung selamanya. Akan tetapi, memiliki penampilan yang menarik menjadi salah satu faktor penunjang komunikasi yang kita lakukan. Bahkan hal ini menjadi salah satu komunikasi nonverbal yang bagus.

2. Intonasi yang baik

Selain memiliki faktor fisik yang baik, kita juga bisa melakukan komunikasi dengan lebih lancar apabila kita memiliki intonasi yang tidak terlalu cepat. Hal ini disebabkan karena orang akan lebih mudah menerima komunikasi yang dilakukan dengan tempo atau intonasi yang relatif pelan, khususnya bagi mereka yang memiliki kecepatan berpikir relatif sedang. Sekalipun mereka memiliki kemampuan berpikir yang sangat tinggi, tentunya mendengarkan orang berbicara dengan tempo yang relatif pelan merupakan salah satu hal yang akan membantu mereka dalam memahami pesan yang disampaikan.

3. Bahasa tubuh yang wajar

Penggunaan bahasa tubuh yang wajar, atau tidak dilebih-lebihkan merupakan salah satu hal lain yang bisa dilakukan untuk membuat komunikasi yang kita lakukan jadi lebih baik. Apabila kita menggunakan bahasa tubuh yang tidak wajar, alias dilebih-lebihkan, maka hal ini akan membuat komunikan kita menjadi lebih risih apabila berkomunikasi dengan diri kita. Hal ini tentunya akan membuat komunikasi yang kita lakukan menjadi kurang efektif dan efisien.

4. Percaya diri

Tahap tahap komunikasi di antaranya memiliki sikap percaya diri adalah salah satu faktor utama yang bisa menunjang keberhasilan banyak orang, termasuk juga dalam hal komunikasi. Percaya diri bisa membuat kita melakukan komunikasi dengan bahasa tubuh yang tepat, tempo yang baik dan berbagai macam keunggulan lainnya. Tentunya percaya diri tidak bisa didapatkan secara instan, kita harus melatihnya terus menerus seiring dengan tingkat kesulitan komunikasi yang akan kita lakukan. Dengan memiliki kepercayaan diri yang baik, orang-orang pasti bisa mendapatkan hasil komunikasi yang baik sesuai dengan yang diharapkan.


5. Senyum

Senyum adalah salah satu jenis bahasa tubuh yang memudahkan kita dalam melakukan komunikasi. Tentunya yang dimaksud senyum di sini bukan berarti kita harus senantiasa tersenyum dalam komunikasi, akan tetapi yang dimaksud dengan senyum di sini adalah kecenderungan wajah kita untuk menunjukkan sifat ramah pada lawan bicara yang kita miliki. Dengan demikian, lawan bicara kita pasti bisa menerima komunikasi kita dengan relatif baik.

6. Gerakan tangan yang mendukung

Salah satu jenis bahasa tubuh yang baik untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan gerakan tangan yang mendukung penjelasan atau proses komunikasi yang kita miliki. Bahkan, kecenderungannya, gerakan tangan kita adalah salah satu dari beberapa jenis bahasa tubuh dalam komunikasi yang secara alamiah kita lakukan untuk membantu kita dalam melakukan komunikasi terhadap orang lain.

7. Media komunikasi tidak bermasalah

Media komunikasi yang mendukung juga bisa menjadi faktor penunjang komunikasi yang lain. Media komunikasi yang dimaksud di sini bisa sangat luas, mulai dari proyektor, sound speaker, dan berbagai hal lainnya. Apabila media-media tersebut mendukung, atau dalam arti berfungsi dengan baik, maka kita bisa melakukan komunikasi dengan lancar dan tentunya akan mempermudah komunikan dalam memahami komunikasi yang kita lakukan.

8. Kesamaan bahasa

Faktor penunjang komunikasi berikutnya adalah adanya kesamaan dalam bahasa yang dikuasai. Tentu saja, apabila bahasa yang kita miliki berbeda, walaupun dalam taraf dialek atau kecenderungan pemilihan kata, tentunya komunikasi yang kita lakukan tidak akan selancar apabila kita memiliki bahasa yang sama.

9. Kesamaan pengetahuan

Selain kesamaan bahasa, kesamaan pengetahuan terhadap suatu topik pembicaraan tertentu juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa membuat komunikasi kita berlangsung dengan baik. Dengan memiliki pengetahuan yang sama tentang topik yang dibicarakan, maka komunikan ataupun komunikator bisa merespons dengan cepat dan tepat.

10. Empati yang baik

Selain beberapa hal di atas salah satu hal lain yang bisa membantu proses komunikasi agar bisa berlangsung dengan lancar adalah adanya empati yang baik. Empati membuat komunikator bisa memahami komunikan dan sebaliknya, sehingga komunikasi yang mereka lakukan bisa saling menyesuaikan dengan lawan bicara mereka dan mengurangi tingkat kesenjangan yang ada di antara komunikator dan komunikan.

11. Gangguan komunikasi yang sedikit

Rendahnya tingkat gangguan komunikasi dari eksternal atau dari lingkungan merupakan salah satu faktor penunjang komunikasi yang utama. Misalnya, apabila kita berkomunikasi lisan, suara yang bising tidak ada, maka kita bisa melakukan komunikasi dengan lancar tanpa harus berteriak-teriak dan melakukan penyimakan terhadap lawan bicara dengan lebih tinggi lagi.

12. Suasana lingkungan yang mendukung

Seperti yang telah disebutkan di atas, apabila gangguan komunikasi rendah atau sedikit, maka kita bisa melakukan komunikasi dengan lancar. Begitu pula apabila suasana lingkungan kita mendukung untuk melakukan komunikasi dengan seseorang. Misalnya, apabila kita hendak berkomunikasi dengan orang lain dengan tujuan untuk menyampaikan program sosial tertentu, maka kita bisa mendatangi mereka di saat mereka telah beristirahat dari sepulang kerja, dan lain sebagainya.


13. Hubungan yang baik

Selain karena beberapa faktor di atas, faktor lain yang bisa mendukung kita dalam melakukan komunikasi dengan lawan bicara kita adalah dengan memiliki hubungan yang baik. Maksud hubungan di sini mengacu pada sifat relasi antara kita dengan orang lain. Apabila kita sedang mengalami konflik, tentunya hal ini akan membuat kita tidak mudah saat melakukan komunikasi dengan orang tersebut. Jangan lupa untuk menghindari faktor penyebab distorsi dalam komunikasi juga ya.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penunjang komunikasi. Semoga dengan mempelajari dan mengetahui beberapa hal di atas, kamu bisa berkomunikasi dengan lebih baik lagi ya. Selamat belajar komunikasi!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi