Sponsors Link

8 Aspek Komunikasi dalam Pemasaran Global

Sponsors Link

Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kebutuhan tersebut melibatkan barang atau produk dan jasa berupa layanan. Hal ini berhubungan dengan perekonomian dalam kehidupan di masyarakat. Setiap kebutuhan atau produk-produk tentu diproduksi dari berbagai perusahaan. Sebuah perusahaan biasanya berperan sebagai produksi kebutuhan manusia dengan melalui berbagai tahapan. Setelah barang mentah diolah menjadi barang jadi biasanya akan diperjualbelikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Proses pemasaran barang tersebut juga harus diperhatikan dengan cara terampil dalam berkomunikasi yang bertujuan untuk menarik minat konsumen. (Baca juga: Komunikasi Pemasaran)

ads

Komunikasi merupakan suatu hal terpenting yang digunakan untuk proses pemasaran suatu barang. Komunikasi yang digunakan untuk menawarkan produk adalah komunikasi persuasif, yaitu komunikasi yang dilakukan untuk mempengaruhi, membujuk, dan membuat orang lain percaya akan tindakan yang komunikator lakukan. Komunikasi memberikan pandangan atau persepsi yang luas dan berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, komunikasi dalam pemasaran produk ini mementingkan keterampilan untuk menarik minat pelanggan agar tidak berpaling ke penjual lainnya. Sebelum membahas materi ini lebih lanjut, sebaiknya kita mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran. (Baca juga: Strategi Komunikasi Pemasaran)

Komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempresentasikan produk-produk yang diperjualbelikan melalui keterampilan berbicara dengan tujuan agar konsumen terbujuk  untuk membeli barang atau produknya. Sutisna dalam Air Purba, dkk mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran adalah usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen saran mengenai perbedaan produk di pasar. Sedangkan, komunikasi dalam pemasaran global merupakan komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam ruang lingkup besar mencakup seluruh dunia. Persaingan dalam pemasaran global semakin besar karena pemasaran produk dilakukan dalam ruang lingkup luas dan kegiatan pasar ekspor dan pasar impor menjadi unsur utama. Komunikasi yang dilakukan dalam pemasaran global tidak hanya dari lisan tetapi dapat dilakukan melalui promosi berupa iklan, penyebaran informasi melalui internet, dan lain sebagainya. Komunikasi dalam pemasaran global akan berjalan dengan efektif apabila melibatkan aspek- aspek komunikasi didalamnya. (Baca juga: Etika Komunikasi Pemasaran)

Berikut ini merupakan aspek komunikasi dalam pemasaran global :

  1. Kebutuhan Kategori (Category Needs)

Aspek kebutuhan kategori ini, konsumen mendapat edukasi secara tidak langsung melalui pengalaman hidup sehari-hari, yaitu dengan memilih produk-produk yang hanya dibutuhkan saja. Konsumen yang memiliki perbedaan persepsi memiliki ketelitian dalam memilih produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan seperti manfaat produk, keunggulan produk, dan lain sebagainya. (Baca juga: Fungsi Strategi Komunikasi Pemasaran)

  1. Perilaku, Pembelian

Faktor perilaku konsumen juga berpengaruh terhadap pembelian suatu produk. Setiap konsumen memiliki perilaku yang berbeda tergantung dari minat konsumen terhadap barang yang ingin dibeli. Perilaku tersebut meliputi rasa ketertarikan, tidak tertarik, ragu untuk membeli, dan perilaku konsumen lainnya. Aspek ini juga dimanfaatkan produsen untuk menyusun strategi pemasaran produk dengan hadiah berupa bonus-bonus tambahan setiap pembelian produk yang dijual. (Baca juga: Elemen Komunikasi Pemasaran)

  1. Sikap Merek (Brand Attitude)

Sikap merek biasanya digunakan oleh konsumen untuk membandingkan kualitas produk. Konsumen akan mereview kelebihan dan kekurangan produk dan mengkomparasi produk tersebut dengan produk lain. Dengan cara tersebut seorang konsumen akan mengetahui barang mana yang akan dibeli. (Baca juga: Peran Komunikasi Pemasaran)

  1. Fasilitasi Perilaku/Pembelian

Seorang produsen biasanya akan mudah menginformasikan keunggulan produknya. Aspek fasilitasi perilaku ini tidak hanya mempresentasikan dalam segi produk saja, tetapi aspek ini juga memberikan informasi mengenai lokasi-lokasi yang menjual produknya. Selain itu, aspek ini juga menginformasikan harga dan distribusinya. (Baca juga: Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian)

  1. Niatan Perilaku, Pembelian

Niatan perilaku merupakan sebuah rencana konsumen untuk membeli produk yang telah ditawarkan oleh produsen. Rencana pembelian produk tersebut tidak hanya sesaat, tetapi seorang konsumen berniat untuk membeli produk tersebut dalam jangka panjang.

Sponsors Link

Artinya, produk yang dibeli dalam jumlah banyak tersebut akan digunakan untuk kebutuhan di masa depan. (Baca juga: Teori Komunikasi Pemasaran)

  1. Pengetahuan Merek (Brand Knowledge)

Konsumen lebih banyak menggunakan aspek pengetahuan merek untuk memilih produk yang akan dibeli. Kebanyakan konsumen tidak merasa ragu apabila sudah banyak mengetahui kualitas produk, benefit produk, ciri khas produk, dan lain sebagainya. Hal ini membuat konsumen akan terus-menerus mengonsumsi produk-produk yang sudah dipercaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Pemasaran Terpadu)

  1. Kepuasan Pasca Beli

Kepuasan pasca beli merupakan sebuah aspek yang sering digunakan produsen untuk menguji produk yang telah diperjualbelikan tersebut. Produsen biasanya membuat semacam testimoni atau kritik dan saran dari konsumen terhadap produk yang telah ditawarkan. Hal tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan pasca membeli produk tersebut dan produsen juga akan meningkatkan kualitas produk tersebut. (Baca juga: Contoh Kesalahan dalam Komunikasi Pemasaran Global)

  1. Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Kesadaran merek merupakan kemampuan seorang konsumen untuk mengingat kembali produk apa yang ingin dibeli setelah tertarik melihat promosi produk. Apabila konsumen menyadari dengan mengingat secara cepat disebut kesadaran merek aktif. Sedangkan konsumen yang mengingat hanya dalam kondisi tertentu disebut kesadaran merek pasif. (Baca juga: Strategi Komunikasi Pemasaran Global)

Demikian yang dapat disampaikan. semoga info ini bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :