Sponsors Link

12 Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian

Sponsors Link

Dewasa ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Ada banyak sekali produk yang dijual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga para pelaku bisnis pun harus bisa melakukan pemasaran yang tepat agar produk yang mereka jual bisa tersampaikan pada calon pembeli. Oleh karena itulah, berbagai macam strategi komunikasi pemasaran melalui manajemen komunikasi pemasaran digunakan oleh perusahaan-perusahaan agar para calon pembeli bisa tertarik dengan produk yang dijual.

ads

Akan tetapi, tentunya kita patut bertanya, memangnya apa saja pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian, sehingga banyak sekali perusahaan yang mau mengeluarkan uangnya dalam jumlah yang besar untuk merekrut para pemasar yang handal? Apakah kamu telah mengetahuinya?

Apabila kamu ingin mengetahui jawaban terhadap pertanyaan di atas, maka artikel yang satu ini pastinya sangat tepat untukmu. Mengapa demikian? Karena dalam artikel kali ini akan kita bahas apa saja pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian sehingga kita bisa mengetahui mengapa komunikasi pemasaran yang baik sangat penting bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis.

Berikut ini adalah beberapa pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian para konsumen yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Selamat membaca ya!

1. Membeli

Pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian yang pertama adalah mempengaruhi pembeli untuk langsung membeli produk tersebut saat itu juga. Pengaruh ini biasanya merupakan salah satu pengaruh utama yang diharapkan oleh orang-orang yang melakukan komunikasi pemasaran. Walaupun demikian, hal ini sulit dicapai dewasa ini mengingat persaingan semakin ketat, dan tentu saja karena konsumen pun semakin pintar dalam memilih produk. Akan tetapi fungsi strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan pembelian tidak bisa ditawar lagi.

2. Tidak tertarik

Ada kalanya strategi komunikasi tidak berhasil membuat konsumen untuk membeli produk yang dijual, akan tetapi malah membuat konsumen sama sekali tidak tertarik dengan produk yang dijual. Apabila hal ini terjadi, biasanya ada masalah pada strategi yang digunakan, atau bila tidak demikian memang karena produk yang dijual tidak memiliki nilai penting bagi konsumen. Dengan kata lain, baik strategi pemasaran yang dipilih dan produk yang dijual bisa sama-sama menjadi penyebab konsumen menjadi tidak tertarik pada produk.

3. Sedikit tertarik

Pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian berikutnya adalah membuat konsumen sedikit tertarik untuk melihat atau mengamati produk yang dijual, walaupun belum tentu mereka akan membelinya setelah mengamati atau memahami dengan lebih detail. Akan tetapi pengaruh yang satu ini cukup baik mengingat konsumen akan lebih memahami produk yang dijual, dan apabila produk yang dijual memang bagus, maka akan semakin banyak konsumen yang akan membeli produk tersebut.

4. Menolak

Ada kalanya kegagalan strategi komunikasi tidak hanya membuat konsumen tidak tertarik, akan tetapi sampai membuat konsumen menolak produk-produk yang dijual oleh perusahaan-perusahaan tertentu. Walaupun hal ini jarang terjadi, akan tetapi ada peluang bahwa strategi komunikasi pemasaran yang keliru bisa memicu terjadinya penolakan atau boikot produk terhadap produk perusahaan yang dijual. Oleh karena itulah unsur etika strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan juga harus diperhitungkan.

5. Berkurang keraguannya, tetapi masih belum yakin akan membeli produk tersebut

Pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian berikutnya adalah berkurangnya keraguan pembeli terhadap produk tersebut. Akan tetapi, sang pembeli masih belum memiliki keyakinan yang cukup untuk membeli produk yang dijual oleh perusahaan tersebut.

Sponsors Link

6. Mempertimbangkan ulang

Pengaruh berikutnya adalah pembeli akan mempertimbangkan ulang apakah akan benar-benar membeli produk tersebut apabila ia melihat produk lain dan strategi pemasaran lain yang lebih baik apabila dibandingkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan tertentu walaupun dari segi kualitas produk tidak begitu berbeda satu dengan yang lainnya.

7. Menunda

Walaupun strategi pemasaran yang dilakukan berhasil menarik perhatian pembeli, akan tetapi pembeli lebih memilih untuk menunda pembelian produk tersebut mengingat dia tidak bisa segera membeli produk yang telah dipasarkan atau dipromosikan kepadanya. Ada banyak faktor yang membuat pembeli bertindak seperti ini, dan hal ini pun tidak sepenuhnya menandakan strategi komunikasi pemasaran yang buruk.

8. Menjadikan alternatif di masa depan

Pengaruh berikutnya adalah membuat pembeli memutuskan akan membeli produk tersebut, hanya saja kelak di masa depan ketika dia masih membutuhkan produk tersebut. Dengan kata lain, dia tidak langsung membelinya, akan tetapi hanya menjadikannya sebagai salah satu opsi pembelian produk apabila dia benar-benar membutuhkan produk yang sama di masa yang akan datang. Berbagai macam strategi, termasuk strategi komunikasi pemasaran global pun bisa menghasilkan pengaruh ini.

9. Tidak berpengaruh apa pun

Akibat lain yang mungkin akan muncul pada konsumen adalah tidak ada pengaruh sama sekali terhadap keputusan pembelian, alias konsumen tetap pada pendirian sebelum pemasaran dilakukan terlepas apakah dia ingin membeli produk tersebut ataukah tidak. Dengan kata lain, pemberian pemasaran pada konsumen tidak menghasilkan dampak apa pun terhadap pemikiran ataupun perasaan konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

Sponsors Link

10. Ingin membeli

Pengaruh berikutnya yang menjadi salah satu pengaruh yang diharapkan oleh penjual atau pemilik produk adalah munculnya keinginan dari konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan oleh perusahaan tersebut setelah melalui proses komunikasi pemasaran. Dengan kata lain, dari komunikasi pemasaran yang dilakukan, konsumen muncul minat tidak hanya untuk mengeksplorasi lebih jauh terhadap produk yang dijual, akan tetapi sampai pada tahap ingin membeli produk yang dipasarkan oleh perusahaan atau penjual tertentu. Dengan demikian tentu saja produk tersebut akan bertambah laku.

11. Bertambah ragu

Salah satu dampak atau pengaruh lain dari penggunaan strategi komunikasi pemasaran yang salah adalah bertambahnya keraguan yang dimiliki konsumen terhadap kualitas produk tersebut karena pemasaran yang dilakukan tidak tepat sasaran atau bahkan hanya menonjolkan hal-hal yang tidak terlalu penting bagi konsumen. Oleh karena itulah, komunikasi pemasaran yang baik tentunya harus menonjolkan keunggulan yang benar dari produk yang dipasarkan dan bukannya menyampaikan kemasan atau produk pinggiran yang tidak begitu penting dari suatu produk yang dipasarkan.

12. Meyakini untuk membeli

Dampak atau pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian yang juga diharapkan oleh para penjual adalah bertambah yakinnya konsumen terhadap produk yang dijual setelah sebelumnya mengalami keraguan bahkan tidak ingin membeli. Dengan bertambah yakinnya konsumen terhadap produk yang dijual, tentunya produsen akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjual produk yang serupa pada konsumen yang lain. Tentunya harus mengikuti etika komunikasi pemasaran yang baik.

Itulah beberapa pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen yang mungkin terjadi. Semoga informasi di atas membantu dalam menentukan nilai penting komunikasi pemasaran.

Selamat belajar komunikasi!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :