Sponsors Link

10 Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan Antar Pribadi

Sponsors Link

Komunikasi sebagai jembatan penghubung antar manusia. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi menjadi hal terpenting dalam kehidupan manusia. Seseorang yang tidak dapat berkomunikasi akan terisolasi oleh lingkungannya sendiri. Sebelum menyampaikan materi ini lebih jauh, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan komunikasi antar pribadi. (Baca juga: Komunikasi Antar Pribadi)

ads

Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang prosesnya dilakukan secara tatap muka antara dua orang atau lebih. Komunikasi antar pribadi ini dinilai kompeten untuk mengubah sikap dan perilaku manusia khususnya untuk menjadi lebih baik. Komunikasi didefinisikan juga sebagai alat komunikasi yang dapat menjadi penghubung antar individu. Hubungan antar pribadi ini sering dikenal dengan hubungan interpersonal.

Perbedaan komunikasi antar pribadi dan komunikasi dalam hubungan antar pribadi adalah terletak pada permasalahannya. Komunikasi dalam hubungan antar pribadi tidak hanya mementingkan isi pesan yang disampaikan saja, tetapi komunikasi ini juga mengkaji tentang pola hubungan yang terjalin antar individu. (Baca juga: Komunikasi yang Efektif)

Adapun pentingnya komunikasi dalam hubungan antar pribadi adalah sebagai berikut:

  1. Saling Mendukung atau Supportiveness

Komunikasi sangat penting dalam hubungan antar pribadi. Salah satunya adalah saling mendukung antara satu individu dengan individu lainnya. Komunikasi yang baik dapat memudahkan seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Komunikasi yang berupa dukungan tersebut juga menjadi suatu motivasi untuk seseorang yang telah dirundung masalah. (Baca juga: Hubungan Konsep Pribadi dalam Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Saling Menghargai

Pentingnya komunikasi adalah hubungan antar pribadi berikutnya adalah saling menghargai. Komunikasi dalam hubungan antar pribadi dapat menumbuhkan rasa saling menghargai antar individu dengan individu lainnya. Hal ini berhubungan dengan tumbuhnya sikap toleransi dalam diri seseorang. Orang yang memiliki rasa toleransi biasanya dapat menghargai pendapat orang lain dalam proses komunikasi. (Baca juga: Manajemen Konflik dalam Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Sikap Terbuka

Sikap terbuka menjadi hal terpenting komunikasi dalam hubungan antar pribadi. Komunikasi dapat melatih seseorang untuk terbuka dalam mengungkapkan sikap atau karakter dirinya pada seseorang. Selain itu, komunikasi juga memberikan keterbukaan dalam masalah-masalah yang sedang dihadapi seseorang. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan. (Baca juga: Komunikasi Interpersonal)

  1. Kepercayaan

Kepercayaan dalam diri seseorang dapat tumbuh dari komunikasi yang dilakukan antara individu dengan individu lainnya. Kepercayaan berhubungan dengan sikap terbuka seseorang. Apabila seseorang dapat berkomunikasi dengan baik maka seseorang cenderung percaya dan mulai bersikap terbuka dengan mengkomunikasikan banyak hal dengan orang lain. (Baca juga: Proses Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Pemikiran yang Positif

Seseorang yang tidak mengenal komunikasi akan terisolasi oleh lingkungannya di masyarakat. Komunikasi yang vital ini dapat memberikan stimuli-stimuli yang positif dalam diri seseorang. Oleh karena itu, komunikasi dalam hubungan antar pribadi menjadil hal terpenting untuk mencegah terjadinya pemikiran-pemikiran yang negatif. (Baca juga: Hambatan Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Menumbuhkan Rasa Empati

Komunikasi tidak hanya dilakukan dalam bentuk verbal tetapi komunikasi juga berbentuk non verbal. Komunikasi non verbal bisa menumbuhkan rasa empati seseorang. Misalnya, rasa empati timbul karena melihat kondisi seseorang yang serba kekurangan. Dengan kondisi tersebut biasanya emosional seseorang meningkat dan menciptakan rasa empati, sehingga seseorang tergerak untuk membantu orang yang serba kekurangan tersebut. Itu sebabnya komunikasi menjadi penting dalam hubungan antar pribadi. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Penilaian Bersama

Setiap komunikasi memberikan informasi-informasi baru yang diperoleh oleh indera manusia. Manusia memiliki pola pikir yang berbeda, sehingga manusia memiliki pandangan atau persepsi yang berbeda pula dalam menanggapi suatu informasi.

Sponsors Link

Komunikasi menjadi suatu hal yang penting untuk menyatukan pola pikir dan pandangan manusia menjadi penilaian yang sama terhadap suatu masalah. Dengan komunikasi, seseorang akan mudah untuk mecapai tujuan bersama. (Baca juga: Teori Persepsi dalam Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Mencegah Kesalahpahaman

Salah satu tujuan komunikasi adalah untuk mencegah kesalahpahaman di lingkungan masyarakat. Komunikasi yang vital menjadi solusi untuk masalah kehidupan manusia yang semakin kompleks. Komunikasi yang efektif memudahkan seseorang untuk memahami pesan atau informasi yang diperoleh oleh komunikator, sehingga permasalahan seperti kesalahpahaman dalam komunikasi dapat dicegah. (Baca juga: Dampak Ketidakefektifan Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Menumbuhkan Rasa Keakraban

Komunikasi yang dilakukan dalam hubungan antar pribadi tidak hanya terlihat dari isi pesannya saja, tetapi bagaimana hubungan yang terjalin antar individu dengan individu lainnya. Komunikasi dapat menumbuhkan rasa keakraban dalam hubungan antar individu dengan individu lainnya. Selain itu, komunikasi juga dapat menciptakan keharmonisan hubungan antar individu lainnya. (Baca juga: Teori Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Mengubah Sikap dan Perilaku

Komunikasi yang menjadi proses interaksi manusia ini dapat mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Komunikasi yang efektif dapat mengubah sikap dan perilaku manusia menjadi lebih baik. Misalnya, apabila seseorang memiliki sikap dan perilaku buruk dalam dirinya, kemudian ia bergaul dengan teman-teman yang memiliki kepribadian yang lebih baik maka sikap dan perilakunya akan berubah menjadi lebih baik. (Baca juga: Makna Komunikasi dalam Hubungan Interpersonal)

Demikian yang dapat disampaikan, semoga info ini bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :