Sponsors Link

6 Sarana Komunikasi dalam Pemasaran Produk

Sponsors Link

Pentingnya sarana komunikasi dalam pemasaran produk harus dipahami sebagai sesuatu yang memang saling terkait. Sarana komunikasi merupakan semua hal yang berfungsi untuk memfasilitasi proses komunikasi. Jenisnya pun beragam, mulai dari media cetak, elektronik dan lain sebagainya. Di masing-masing kriteria tersebut masih ada pula jenis-jenis yang lebih spesifik. Sementara itu, bila kita melihat pemasaran produk, maka kita bisa memahami pula bahwa strategi komunikasi pemasaran merupakan hal yang membutuhkan sarana komunikasi. Mengapa bisa demikian?

ads

Tidak bisa dibayangkan bila suatu produk akan dipasarkan tanpa menggunakan sarana komunikasi tertentu. Proses ini tentu saja tidak akan berjalan dengan baik. Bagaimana cara promosi produk tersebut? Bagaimana cara menawarkan produk tersebut? Dan sederet pertanyaan lain akan muncul berkaitan dengan sarana komunikasi yang tidak diterapkan di dalam pemasaran produk. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa macam sarana komunikasi yang sering digunakan dalam memasarkan produk. Apa sajakah itu? Simak ulasannya:

  1. Poster

Pemasaran produk bisa dilakukan dengan menggunakan poster. Kita bisa membuat iklan dalam bentuk poster kemudian menyebarkannya ke titik-titik strategis supaya produk bisa dipasarkan dengan baik. Konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi baru mengenai produk yang kita tawarkan. Poster merupakan jenis sarana komunikasi yang paling hemat biaya untuk memasarkan produk. Bentuk lain yang bisa digunakan yaitu dalam bentu leaflet atau selebaran.

  1. Spanduk atau Baliho

Spanduk atau baliho iklan merupakan sarana komunikasi untuk memasarkan produk yang paling sering kita jumpai. Di jalanan kita tentu sering melihat papan reklame berisikan iklan-iklan tertentu untuk menarik perhatian. Penggunaan spanduk atau baliho, termasuk papan reklame yang besar ini merupakan sarana komunikasi yang sangat menunjang dalam memasarkan produk yang ada. Walau mungkin ada faktor penghambat komunikasi dan contohnya namun setidaknya baliho masih sering dipakai untuk pemasaran produk.

  1. Radio

Siaran radio mungkin saat ini sudah tidak begitu populer. Namun jangan salah, banyak juga yang masih sering mendengarkan radio untuk mengusik kesepian. Sarana komunikasi berupa siaran radio juga masih bisa digunakan untuk memasarkan produk. Kita mungkin juga sering mendengar beberapa iklan produk dilakukan melalui siaran radio. Tentu saja kita bisa mengemasnya melalui rekaman suara yang menarik mengenai produk yang akan dipasarkan. (Baca juga: Peran komunikasi pemasaran)

  1. Surat Kabar

Surat kabar merupakan salah satu bentuk dari sarana komunikasi dalam pemasaran produk berupa media cetak. Melalui surat kabar atau koran ini, pemasaran produk juga bisa dilakukan dengan menempelkan iklan di sana. Surat kabar penyebarannya masih cukup luas, sehingga diharapkan konsumen bisa terjaring melalui sarana komunikasi ini. (Baca juga: Faktor dalam menentukan bauran komunikasi pemasaran)

  1. Televisi

Televisi sebagai salah satu sarana komunikasi dalam bentuk media elektronik juga masih sangat efektif untuk digunakan dalam pemasaran produk. Siapa yang tidak pernah melihat iklan televisi di era sekarang ini? Pada kenyataannya, televisi cukup signifikan dalam memasarkan produk. Walaupun biaya cukup tinggi, namun biasanya ini akan berbanding lurus dengan keuntungan. Etika komunikasi pemasaran harus diperhatikan pula saat menggunakan siaran televisi.

  1. Internet

Perkembangan teknologi informasi saat ini melahirkan internet yang memungkinkan kita untuk mengakses beragam informasi dengan mudah. Internet bisa menjadi sarana komunikasi untuk memasarkan produk. Perhatikan saja bagaimana orang-orang sekarang yang tidak bisa lepas dari internet. Internet adalah sarana yang paling efektif saat ini.

Jadi, setelah kita mengetahui berbagai macam sarana komunikasi tersebut semoga kita bisa melakukan pemasaran produk dengan lebih baik lagi. Ada macam-macam media komunikasi yang harus disesuaikan dengan tujuan pemasaran kita. Penggunaan strategi yang tepat tentu akan bisa menunjang proses ini dengan lebih baik lagi. Sarana komunikasi dalam pemasaran produk lainnya masih banyak sehingga jangan segan untuk membaca artikel menarik selanjutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :