Sponsors Link

5 Contoh Komunikasi Persuasif dalam Pembangunan

Sponsors Link

Tidak lengkap rasanya bila kita membahas banyak hal soal komunikasi tanpa contoh komunikasi persuasif dalam pembangunan. Komunikasi pembangunan dan komunikasi persuasif mungkin bisa menjadi dua hal yang sangat berbeda. Namun ternyata keduanya bisa saja saling terhubung. Inilah yang menjadikan ilmu komunikasi itu unik. Semua cabang ilmu tersebut bisa saling terkait karena satu sama lain bisa saja saling menerapkan. Demikian pula halnya dengan komunikasi persuasif dan komunikasi pembangunan ini. (Baca juga: Teknik komunikasi persuasif)

ads

Komunikasi persuasif tentu saja berfokus pada bagaimana ajakan-ajakan tertentu bisa diterapkan dalam komunikasi pembangunan melalui strategi komunikasi tertentu. Ini artinya, diharapkan dengan adanya unsur komunikasi persuasif tersebut proses pembangunan bisa berjalan dengan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa macam contoh komunikasi persuasif yang bisa kita lihat keterkaitannya dengan pembangunan:

  1. Sosialisasi Kesehatan

Pembangunan tidak selalu berbicara tentang infrastruktur. Salah satu aspek dalam pembangunan yang maju adalah unsur kesehatan. Melalui sosialisasi kesehatan, pembangunan yang sedang berlangsung bisa berkembang dengan pesat. Komunikasi persuasif bisa diterapkan dalam sosialisasi kesehatan. Ajakan-ajakan untuk rutin memeriksakan ibu dan anak ke posyandu, menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat serta program lainnya merupakan bentuk komunikasi persuasif dalam aspek ini. Biasanya ini akan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Kalimat ajakan pun akan disesuaikan dengan latar belakang tempat dan budaya yang ada.

  1. Sosialisasi Pembangunan

Pembangunan yang tidak disebarkan informasinya merupakan pembangunan yang kurang dipercaya. Masyarakat mungkin butuh tahu informasi terbaru mengenai pembangunan yang sedang berlangsung. Melalui komunikasi persuasif, masyarakat bisa merasakan secara langsung bagaimana mereka terlibat di dalam pembangunan. Walaupun terlibat tidak secara langsung, namun setidaknya ajakan seperti untuk turut menjaga fasilitas umum merupakan salah satu bentuk partisipasi dari masyarakat. (Baca juga: Peran komunikasi persuasif dalam menyukseskan pembangunan)

  1. Himbauan Pembayaran Pajak

Pajak merupakan sumber pembangunan yang paling tinggi. Ajakan untuk membayar pajak dengan tepat waktu merupakan contoh komunikasi persuasif dalam pembangunan. Dalam penerapannya, komunikasi persuasif ini biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang menawarkan apa saja keuntungan dari pembayaran pajak tepat waktu. Biasanya juga ada unsur psikis tertentu yang membuat masyarakat sadar akan pajak. Bentuk himbauan ini adalah bentuk komunikasi persuasif yang tentu saja kita sering temukan dalam keseharian.

  1. Himbauan Iuran Keamanan

Pembangunan juga tidak akan lepas dari keamanan. Contoh yang paling mudah mengenai komunikasi persuasif ini adalah ketika kita berada di lingkungan RT atau RW, biasanya ada iuran-iuran tertentu berkaitan dengan keamanan. Iuran ini adalah hasil kesepakatan dari warga setempat. Tentu saja akan berbeda-beda antara wilayah yang satu dengan lainnya. Pada dasarnya, himbauan tentang iuran keamanan ini merupakan bentuk komunikasi persuasif.

  1. Ajakan Gotong Royong

Gotong royong merupakan salah satu bentuk  pembangunan yang melibatkan masyarakat secara aktif. Tidak perlu berpikir tentang kegiatan membangun yang sangat besar. Gotong royong untuk memperbaiki sarana dan prasarana di lingkungan tempat tinggal, membersihkan lingkungan dan lain sebagainya merupakan bentuk dari pembangunan yang nyata. Komunikasi persuasif biasa dilakukan untuk melakukan hal ini. Ini merupakan contoh fungsi persuasif dalam komunikasi organisasi.

Jadi, itulah tadi beberapa macam contoh dari komunikasi persuasif yang diterapkan dalam pembangunan. Gambaran tersebut tentu saja gambaran yang sangat umum. Untuk lebih spesifik mengenai contoh-contoh kalimat di dalam komunikasinya, kita bisa mengamati di lingkungan sekitar kita. Mudah-mudahan pembahasan tentang contoh komunikasi persuasif dalam pembangunan ini bermanfaa dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :