Sponsors Link

8 Peran Komunikasi Persuasif dalam Menyukseskan Pembangunan

Sponsors Link

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mencoba mengetahui peran komunikasi persuasif dalam menyukseskan pembangunan yang bisa kita jumpai dalam sehari-hari. Komunikasi persuasif merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan manakala suatu kelompok atau organisasi menginginkan supaya orang lain turut serta ikut dalam ajakan tertentu. Seperti misalnya, kita bisa melihat bagaimana ajakan-ajakan untuk berperilaku hidup sehat yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Hal demikian pun berlaku dalam setiap aspek terutama ketika kita ingin membangun negara yang lebih baik. (Baca juga: Contoh penggunaan komunikasi dalam program pembangunan)

ads

Sebagai bagian dari ilmu komunikasi, maka komunikasi persuasif ini memiliki banyak peran. Peran tersebut akan bermanfaat terutama ketika bisa diterapkan dengan baik. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa macam peran dari komunikasi persuasif yang juga bisa memberikan kontribusi lebih dalam komunikasi pembangunan. Tidaklah heran demi mewujudkan proses pembangunan yang baik, kita membutuhkan kerja sama yang baik antar semua pihak. Berikut adalah rangkumannya:

  1. Mendorong Kesadaran untuk Menjaga Fasilitas

Melalui komunikasi persuasif, pemerintah bisa dengan mudah memberikan ajakan dan himbauan untuk turut serta dalam menjaga fasilitas umum. Proses ini tentu saja tidak mudah. Kesadaran yang akan dibangun harus melalui pendekatan-pendekatan tertentu sehingga masyarakat tidak menolak mentah-mentah apa yang menjadi himbauan dari pemerintah.

  1. Mengajak untuk Taat Bayar Pajak

Pajak merupakan bagian dari kontribusi yang paling besar untuk menyukseskan pembangunan. Komunikasi persuasif bisa digunakan untuk memberikan himbauan supaya masyarakat bisa tertib dalam membayar pajak. Melalui komunikasi persuasif pula seseorang kemudian bisa menjadi lebih sadar bahwa pajak itu penting.

  1. Memberikan Pengetahuan dan Wawasan Pembangunan

Proses pembangunan kadang diabaikan dan tidak dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Namun dengan adanya model komunikasi persuasif yang turut serta mengajak masyarakat mengetahui proses pembangunan, mereka akan menambah pengetahuan dan wawasannya. Tentu saja ini akan sangat baik untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memudahkan Sosialisasi Pembangunan

Sama halnya seperti menambah wawasan, sosialisasi tentang pembangunan juga akan dengan mudah diakses oleh masyarakat melalui komunikasi persuasif ini. Masyarakat jadi tahu bahwa ada proses pembangunan yang sedang berlangsung. Ini merupakan peran komunikasi persuasif dalam menyukseskan pembangunan yang cukup signifikan untuk dirasakan.

  1. Menggerakkan Masyarakat

Karena kesadaran masyarakat yang sudah terbentuk, maka secara otomatis masyarakat juga akan mengikuti apa yang telah menjadi himbauan tersebut. Komunikasi persuasif dapat menggerakkan masyarakat dengan lebih baik melalui cara ini. Tentu saja mereka bisa lebih aktif berpartisipasi nantinya. (Baca juga: Contoh fungsi persuasif dalam komunikasi organisasi)

  1. Menciptakan Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Dengan adanya kesadaran yang tinggi, maka ketika masyarakat sudah paham tentang pentingnya arti pembangunan, lingkungan sekitar pun menjadi lebih aman dan nyaman. Himbauan demi himbauan bisa dilakukan melalui komunikasi persuasif dengan media-media tertentu seperti misalnya media cetak atau media elektronik.

  1. Memudahkan Komunikasi dengan Pemerintah

Dengan adanya teknik komunikasi persuasif, masyarakat bisa lebih mudah untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Ini karena pasti proses umpan balik dari masyarakat akan muncul manakala proses komunikasi persuasif tersebut berlangsung.

  1. Memberikan Rasa Ikut Terlibat

Karena masyarakat banyak mendapatkan paparan atau ajakan untuk melakukan sesuatu, maka masyarakat akan merasakan kehadiran pemerintah secara nyata. Ini membuat perasaan terlibat dari masyarakat yang juga akan berpengaruh pada proses pembangunan nantinya.

Itulah tadi beberapa macam peran dari komunikasi persuasif yang bisa ikut andil dalam melancarkan proses pembangunan. Bagaimana pun juga, komunikasi persuasif bisa sangat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga memberikan kontribusi yang nyata bagi siapa saja. Bagikan artikel tentang peran komunikasi persuasif dalam menyukseskan pembangunan ini dan selamat membaca posting menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :