Sponsors Link

8 Kelebihan Email dalam Sarana Komunikasi

Sponsors Link

Ada banyak kelebihan email dalam sarana komunikasi yang bisa menunjang proses komunikasi kita sehari-hari. Email atau electronic mail, yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai surat elektronik merupakan media yang memanfaatkan internet. Tren penggunaannya berkembang dari waktu ke waktu. Penyedia layanan dari email ini pun beragam. Lebih menariknya lagi, banyak penyedia layanan email tersebut menggratiskan layanan email kepada pengguna. Tentu saja ini memberikan kemudahan yang sangat tinggi bagi para pengguna. (Baca juga: Penggunaan media komunikasi dalam jaringan)

ads

Paragraf pembuka tersebut mungkin sudah menggambarkan sekilas mengenai salah satu kelebihan email. Pada dasarnya, ada kelebihan-kelebihan lain dalam email yang bisa kita manfaatkan sebagai sarana komunikasi. Ini menjadikan email sangat bermanfaat dan memiliki nilai tambah tersendiri di dalam penerapan komunikasi daring. Apa saja kelebihan dari surat elektronik ini? Berikut adalah penjabarannya:

  1. Pesan yang Cepat Terkirim

Internet membuat dunia terhubung dengan sangat cepat. Begitu pula dengan pemanfaatan surat elektronik ini. Siapa saja yang ingin mengirimkan surat bisa melakukannya dengan cepat dan praktis. Dalam sekejab, pesan bisa langsung diterima kepada tujuan. Ini adalah kelebihan utama dari adanya penggunaan email. Ada tujuan komunikasi daring sinkron yang dicapai di sini.

  1. Pesan dengan Muatan Multimedia Mutakhir

Sekarang ini, muatan multimedia dalam surat elektronik semakin berkembang dengan pesat. Bila dulu mungkin email hanya digunakan untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks saja, sekarang email bisa digunakan untuk mengirimkan muatan media tertentu. Ada batasan-batasan tertentu terutama terkait dengan ukuran berkas media tersebut, namun hal ini tetap saja menjadi kelebihan dari surat elektronik. Penerapan komunikasi dalam jaringan bisa sangat terasa melalui manfaat ini.

  1. Pertukaran Dokumen Penting

Dokumen penting yang dibutuhkan untuk pekerjaan sekarang bisa dengan mudah dikirimkan melalui surat elektronik. Ini adalah kelebihan lain yang ada pada surat elektronik. Kita bisa menggunakannya untuk mengirimkan dokumen penting. Berkas akan diterima dengan cepat dan bisa dibuka secara aman bagi penerimanya.

  1. Pengarsipan yang Mudah

Penyedia layanan surat elektronik memberikan kesempatan untuk mengarsipkan proses kirim dan terima email ini dengan lebih baik. Katakanlah kita pernah mengirimkan email dalam kurun waktu 5 tahun yang lalu, penyedia layanan biasanya masih menyimpan arsip dari email tersebut apabila kita belum menghapusnya. Ini menjadi kelebihan tersendiri sehingga kita tidak khawatir kehilangan rekam jejak dari surat elektronik yang mungkin sangat penting bagi kita.

  1. Pengiriman Banyak Orang Sekaligus

Kelebihan email dalam sarana komunikasi selanjutnya yaitu kemampuan dalam mengirimkan pesan ke banyak orang sekaligus dalam satu waktu. Bayangkan jika kita masih menggunakan surat manual, kita harus menuliskan banyak alamat dan mungkin menaruhnya di tempat pengiriman yang berbeda. Ini berbeda dengan email. Kita cukup menuliskan satu pesan dan bisa menyebarnya ke banyak orang. (Baca juga: Metode komunikasi dalam jaringan)

  1. Gratis

Kelebihan dari surat elektronik selanjutnya adalah gratis. Ya, ini memang menakjubkan. Banyak penyedia layanan yang menggratiskan email bagi penggunanya. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna surat elektronik.

  1. Banyak Pengguna

Dalam poin sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa saat ini hampir siapa saja pasti memiliki alamat email. Tak heran bila kemudian dengan adanya banyak pengguna ini kita tidak perlu khawatir untuk melakukan proses kirim dan terima dari surat elektronik. Yang jelas, kita juga harus tetap memperhatikan etika komunikasi di internet.

  1. Keamanan Pengiriman Pesan

Surat elektronik juga memiliki kelebihan tersendiri dari segi keamanannya. Melalui email, seseorang bisa bertukar informasi yang mungkin juga cukup sensitif. Beberapa penyedia layanan bahkan menawarkan fitur enkripsi yang cukup ketat supaya email tidak bisa disadap.

Demikian beberapa contoh dari kelebihan email yang sering kita gunakan. Banyak kelebihan email dalam sarana komunikasi lainnya yang bisa kita temukan dan menambah pengetahuan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi