Sponsors Link

6 Fungsi Lead dalam Berita Beserta Penjelasan Singkatnya

Sponsors Link

Di dalam struktur suatu berita, terdapat satu bagian yang memiliki peranan penting terhadap keseluruhan isi berita, yaitu lead. Lead atau juga yang dikenal sebagai teras berita merupakan suatu paragraf pertama didalam suatu berita dimana akan gambaran umum dari keseluruhan isi atau informasi dari berita yang disampaikan. Sama halnya didalam keseluruhan isi berita, suatu lead akan disebut ideal apabila mengandung unsur-unsur berita 5W+1H secara lengkap. Hal ini juga bertujuan agar fungsi dari lead itu sendiri dapat tercapai. Apa saja fungsi lead dalam berita tersebut? mari simak beberapa fungsi berikut ini:

ads

1. Awalan Berita

Fungsi lead yang pertama adalah sebagai suatu awalan berita. Dilihat dari pengertian lead atau teras berita yang diartikan sebagai paragraf pertama dalam berita, maka dapat dipahami bahwa lead juga berfungsi sebagai awalan berita. Menjadi suatu awalan berita pastinya memiliki peranan penting terhadap paragraf-paragraf selanjutnya ataupun isi berita secara menyeluruh. Inilah mengapa di dalam dunia jurnalistik menulis awalan bukan merupakan hal yang mudah karena memiliki peran maupun pengaruh yang signifikan.

Baca juga :

2. Menggambarkan Keseluruhan Berita

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa, fungsi lead dalam berita untuk menggambarkan keseluruhan berita. Hal ini biasanya dikaitkan pula dengan kesimpulan isi berita, hanya saja kedudukannya berapa didalam paragraf utama dan tidak benar-benar menyimpulkan keseluruhan isi berita. Walaupun begitu lead harus mampu mengarahkan pembaca berita terhadap isi informasi maupun isi berita dalam paragraf-paragraf selanjutnya.

3. Menarik Minat Baca

Sama halnya dengan fungsi headline dalam berita, fungsi selanjutnya dari lead adalah untuk menarik minat baca. Berkedudukan di paragraf pertama pastinya akan berpengaruh besar terhadap minat dari pembaca berita apakah akan melanjutkan untuk membaca berita tersebut ataupun tidak. Oleh sebab itu, lead atau teras berita juga harus disajikan semenarik mungkin sehingga dapat menarik minat baca publik terhadap berita yang disampaikan.

4. Menimbulkan Rasa Penasaran

Selain menarik minat baca, fungsi lead dalam berita juga untuk menimbulkan rasa penasaran pada pembaca berita. Hal ini juga bertujuan agar pembaca berita terus melanjutkan pembaca berita atau informasi yang disampaikan. Biasanya untuk menimbulkan rasa penasaran maka informasi yang disampaikan dalam paragraf pertama akan bervariasi, dapat diawali dengan sebuah pertanyaan yang relevan dengan isi berita, suatu ungkapan, maupun hal-hal lainnya.

Baca juga :

5. Meningkatkan Daya Tarik Berita

Adanya lead atau teras berita juga dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tarik dari berita itu sendiri. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kedua fungsi sebelumnya dimana berkaitan dengan respon pembaca berita terhadap berita itu sendiri. Ketika suatu berita langsung diawali dengan pokok pembicaraan maka daya tarik dari berita itu sendiri akan menurun karena pembaca berita langsung mengetahui pokok maupun inti informasi. Oleh sebab itu diperlukan paragraf utama yang dapat mengandung keseluruhan isi berita namun tidak secara langsung menyebutkan inti berita itu sendiri. Dimana hal ini merupakan fungsi maupun tugas dari lead.

6. Pelengkap Isi Berita

Fungsi lead yang terakhir didalam berita adalah sebagai pelengkap isi berita. Tanpa adanya lead maka dapat dikatakan bahwa struktur berita tidak lengkap, karena lead merupakan bagian penting didalam struktur berita. Hal ini juga merupakan hal yang perlu diperhatikan jurnalistik dalam menulis berita yang akan disampaikan maupun disebarkan kepada khalayak umum. Mengingat peran jurnalistik dalam masyarakat relatif kuat atau signifikan terhadap penyebaran berita dan pengarahan opini publik.

Demikian informasi terkait dengan fungsi lead dalam berita sebagai bagian penting dalam struktur berita. Adanya lead juga merupakan bagian dari cara mengkonstuksi berita yang baik dan benar. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,