Sponsors Link

10 Fungsi Humas dalam Komunikasi Pemasaran

Sponsors Link

Komunikasi telah menjadi bagian penting dari semua bidang dalam kehidupan. Komunikasi bahkan telah menjadi multidisipliner ilmu yang semakin menarik untuk dipelajari karena pentingnya dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang yang menyangkut kehidupan pribadi dengan teman, tetangga, keluarga, dan pasangan hingga bidang yang berhubungan dengan profesi yang anda jalani. Semua profesi pasti membutuhkan komunikasi terutama komunikasi dengan rekan kerja ataupun dengan para klien atau konsumen.

ads

Komunikasi sendiri terjadi karena ada suatu pesan yang ingin disampaikan melalui suatu media perantara. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi untuk berhubungan dengan yang lain. Pada umumnya manusia melakukan komunikasi hampir setiap hari. Menurut beberapa ahli, kebutuhan manusia terhadap komunikasi hampir sama dengan kebutuhan manusia terhadap sandang, pangan dan juga papan.

Komunikasi dalam Perusahaan

Pada level yang melibatkan beberapa orang seperti suatu organisasi ataupun perusahaan, ilmu komunikasi sangat penting untuk mengetahui bagaimana enjalin hubungan yang baik dengan atasan rekan kerja dan juga klien serta konsumen. Komunikasi yang memiliki target massa lebih banyak dinamakan komunikasi massa. Komunikasi massa juga sangat penting karena berkaitan dengan bagaimana mempengaruhi banyak orang dengan memanfaatkan media massa sebagai media perantaranya. Pada level profesi yang profesional terdapat public relation atau hubungan masyarakat yang memiliki peran penting untuk menciptakan citra atau reputasi suatu perusahaan atau organisasi.

Citra bagi suatu perusahaan atau organisasi sangat penting karena berkaitan dengan kelangsungan hidup perusahaan atau organisasi tersebut. Komunikasi perusahaan adalah suatu usaha atau cara bagi organisasi perusahaan untuk membangun suatu hubungan baik itu hubungan didalam perusahaan itu sendiri ataupun hubungan dengan lingkungan diluar perusahaan. Hubungan yang terjadi baik didalam ataupun diluar perusahaan tersebut kemudian dipahami sebagai suatu sistem komunikasi dalam perusahaan.

Sedangkan jika kita membicarakan hubungan antar karyawan dengan atasan atau pimpinan dalam perusahaan, maka sangat berhubungan dengan manajemen komunikasi dalam perusahaan. Managemen komunikasi adalah konsep yang menyatakan bahwa setiap proses komunikasi yang terjadi maka anda harus menerapkan strategi – strategi tertentu sehingga proses komunikasi tersebut efektif . Dasar – dasar tentang manajemen komunikasi merupakah hal yang penting untuk diketahui terutama dalam perusahaan.

Pentingnya Pemasaran dalam Perusahaan

Sebuah perusahaan tidak akan berdiri jika tidak ada tujuan yang hendak dicapai. Semua perusahaan tentu mempunyai tujuan atau target tertentu yang ingin diwujudkan bersama dengan tim kerjanya. Setiap bagian dalam perusahaan memiliki peranannya masing – masing yang saling bersinergi satu sama lain. Setiap bagian itu tidak ada yang tidak penting, semuanya penting dan bekerja sesuai dengan porsi atau kapasitasnya masing – masing.

Perusahaan tidak akan berhasil mewujudkan tujuan atau visi misinya jika tidak terdapat kerja sama yang baik antar divisi dalam perusahaan tersebut. Selain public relation, terdapat bagian dari perusahaan yang juga penting yaitu pemasaran. Pemasaran merupakan suatu usaha mengantisipasi kebutuhan dan mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Hal ini dilakukan karena ingin memuaskan kebutuhan pelanggan demi mencapai tujuan perusahaan.


Perrult dan McCarthy (1999) berpendapat bahwa pemasaran memiliki peran dalam suatu perusahaan yang berorientasi pada pasar yaitu dengan menyediakan arah bagi perusahaan namun berdasarkan konsep pemasaran. Dalam konsep perusahaan menurut Kotler (1997) setidaknya memiliki 3 poin penting yaitu kepuasan konsumen atau pelanggan, usaha yang dilakukan perusahaan dan keuntungan perusahaan.

Menurut Kotler (1997) kepuasan pelanggan adalah rasa senang ataupun kecewa yang muncul dari proses membandingkan kinerja produk yang didapatkan dengan apa yang direncanakan atau istilahnya diluar ekspektasi. Kepuasan pelanggan penting karena akan mempengaruhi bagaimana konsumen tersebut akan melakukan transaksi lagi dengan perusahaan tersebut pada suatu hari nanti.

Berikut ini adalah fungsi humas dalam komunikasi pemasaran :

1. Press relation, yaitu penyajian berita dan informasi mengenai suatu organisasi sepositif mungkin.

Seorang yang memiliki profesi sebagai humas bukanlah sekedar berparas tampan ataupun cantik lalu digaji, namun memiliki banyak peran penting dalam perusahaan. Dalam hal pemasaran, humas memiliki fungsi untuk menyajikan berita positif tentang perusahaan agar mendapatkan kesan baik bagi publik atau masyarakat. Apalagi seorang humas akan sangat dekat dengan media relations sehingga segala informasi yang disajikan akan sangat mempengaruhi khalayak.

2. Product publicity, yaitu mensponsori usaha untuk mempublikasikan produk spesifik

Pada era digital seperti sekarang ini, terdapat berbagai macam media yang bisa dimanfaatkan sebagai media atau platform mempromosikan suatu produk. Apalagi hampir setiap orang memiliki akses terhadap internet. Belum lagi, berita semakin cepat untuk viral dan menyebar melalui berbagai media sosial.

3. Corporate communication, yakni mengupayakan pemahaman mengenai organisasi melalui komunikasi internal dan juga eksternal

Seorang yang berprofesi sebagai humas memiliki fungsi untuk menjalankan konteks komunikasi secara internal yaitu hubungan antar karyawan dan segala aspek dalam perusahaan dan ekstenal yaitu hubungan antara perusahaan dengan pihak luar baik itu perusahaan lain sebagai mitra ataupun konsumen.

4. Lobbying yaitu menjalin relasi dengan staf pemerintah yang berhubungan dengan regulasi dan legalislasi

Fungsi humas dalam komunikasi pemasaran berikutnya adalah untuk berhubungan dengan pihak luar dan hubungan tersebut akan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan dan berkaitan dengan tujuan yang ingin diwujudkan oleh perusahaan.


5. Counseling, yaitu memberikan saran serta pertimbangan kepada pihak manajemen mengenai isu publik, posisi perusahaan dan juga citra perusahaan

Seorang humas harus dapat memberikan saran mengenai beberapa kebijakan yang akan diambil oleh perusahaan. Seorang humas pada keadaan tertentu akan berlaku sebagai konsultan bagi perusahaan sehingga profesi ini sangat penting.

6. Melakukan branding

Sebuah perusahaan harus mengetahui dan menentukan apa yang menjadi core dari brand perusahaan. Pada saat melakukan branding, harus ada benang merah yang ditarik. Oleh karena branding itu penting, maka penting juga untuk mengetahui siapa target. Fungsi humas dalam pemasaran perusahaan dalam hal melakukan branding bisa memanfaatkan berbagai platform media yang telah ada.

7. Memilih media komunikasi yang tepat

Media komunikasi penting untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan target penerima pesan yang banyak. Fungsi iklan untuk pemasaran sangat besar terutama untuk menawarkan produk kepada konsumen agar semakin banyak khalayak yang tahu.

8. Membuat konsumen yakin

Fungsi humas dalam komunikasi pemasaran selanjutnya adalah membuat konsumen membeli lagi produk karena telah memilki kepercayaan terhadap perusahaan dan produknya tersebut. Hal ini juga penting untuk memperluas pasar.

9. Mengelola pemasaran yang baik

Pemasaran adalah bagian penting dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Kegiatan pemasaran akan menjadi efektif jika pemasaran dikelola dengan baik dan dikoordinasikan serta diintergrasikan dengan baik. Apalagi kecanggihan teknologi semakin memudahkan seorang humas untuk menjalankan fungsi ini.

10. Melakukan perancangan dan penentuan target

Rancangan strategi yang baik lalu dijalankan dengan baik maka hasilnya adalah target yang baik pula. Perancangan dan pemasaran sangat diperlukan agar target terpenuhi dengan baik.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Public Relations