Sponsors Link

Sistem Komunikasi dalam Perusahaan

Sponsors Link

Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang akan selalu berlangsung dalam kehidupan sehari-hari, baik komunikasi yang berlangsung antar perseorangan maupun kelompok. Komunikasi sendiri merupakan suatu aktivitas penyampaian pesan untuk membangun hubungan satu sama lain. Dimana komunikasi tidak hanya dilakukan oleh perorangan saja tetapi juga dapat berlangsung dalam suatu organisasi atau perusahaan.

ads

Didalam suatu organisasi maupun perusahaan sendiri juga akan memiliki suatu sistem komunikasi demi keberlangsungan atau eksistensinya didalam suatu lingkungan sosial. Lalu apa dan bagaimana suatu sistem komunikasi dalam perusahaan? Mari simak ulasan berikut ini.

Sebelum membahas mengenai sistem komunikasi dalam perusahaan, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang disebut sebagai komunikasi perusahaan. Komunikasi perusahaan merupakan suatu aktivitas dalam pengiriman pesan yang dilakukan oleh organisasi perusahaan kepada relasinya atau lingkungan yang terikat.

Dengan kata lain komunikasi perusahaan merupakan suatu upaya atau suatu cara bagi organisasi perusahaan untuk membangun suatu hubungan, baik hubungan didalam perusahaan tersebut maupun hubungan dengan lingkungan luar perusahaan. Hubungan yang dibangun baik didalam perusahaan maupun diluar perusahaan tersebut yang kemudian dipahami sebagai suatu sistem komunikasi dalam perusahaan.

Sistem komunikasi dalam perusahaan sendiri merupakan suatu acuan bagi organisasi perusahaan dalam menjalankan atau membangun hubungan demi terciptanya tujuan perusahaan yang ingin dicapai. Setidaknya terdapat dua sistem komunikasi dalam perusahaan yang harus dilaksanakan dengan baik, kedua sistem komunikasi dalam perusahaan tersebut adalah:

  1. Internal Corporate Communication

Sistem komunikasi dalam perusahaan yang pertama adalah internal corporate communication atau komunikasi perusahaan internal. Artinya merupakan komunikasi perusahaan yang bertujuan untuk membangun hubungan yang baik didalam perusahaan itu sendiri, seperti menciptakan suatu hubungan yang baik antar atasan dengan karyawan maupun antara karyawan yang bekerja didalam.

Dimana komunikasi perusahaan sendiri juga memiliki peran interaksi dalam menyelesaikan masalah kedisiplinan kerja, sehingga komunikasi perusahaan internal menjadi penting adanya agar keberlangsungan perusahaan dapat terjamin. Hal ini juga dimaksudkan untuk menciptakan suatu rasa tanggung jawab atas kewajiban-kewajiban setiap masing-masing individu didalam perusahaan.

  1. Eksternal Corporate Communication

Sistem komunikasi dalam perusahaan yang kedua adalah eksternal corporate communication atau komunikasi perusahaan eksternal. Artinya merupakan suatu komunikasi perusahaan yang bertujuan untuk membangun hubungan yang baik dengan lingkungan luar perusahaan.

Dimana bagi suatu perusahaan dapat membangun suatu hubungan dengan publik diluar perusahaan merupakan suatu kewajiban atau keharusan yang wajib dilakukan.

Hal ini juga dapat menjadi suatu pertanda keberadaan atau eksistensi suatu perusahaan. Sama hal nya dengan sistem komunikasi kelompok, komunikasi perusahaan dengan publik eksternal juga di butuhkan karena suatu perusahaan tidak akan dapat bertahan dengan sendirinya, sehingga membutuhkan hubungan dengan perusahaan maupun masyarakat luar untuk terus bertahan dan mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

Itulah dua sistem komunikasi dalam perusahaan yang setidaknya harus dapat dibangun oleh suatu organisasi perusahaan. Dengan adanya patokan atau landasan sistem komunikasi dalam perusahaan, maka komunikasi yang berlangsung dalam berlangsungnya suatu perusahaan dapat terarah dan sesuai dengan tujuan.

Selain kedua sistem komunikasi dalam perusahaan tersebut, suatu komunikasi perusahaan juga dapat berlangsung melalui suatu publikasi, periklanan, promosi, propaganda, konferensi, kerjasama baik dengan sesama perusahaan maupun dengan masyarakat sebagai konsumen, dan lain sebagainya.

‘Segala sistem komunikasi perusahaan tersebut juga dapat digunakan dalam menghadapi suatu pengaruh komunikasi bisnis dalam perusahaan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis