Sponsors Link

3 Sistem Komunikasi dalam Pembangunan

Sponsors Link

Sistem komunikasi merupakan suatu sistem yang digunakan dalam penyampaian pesan maupun dalam suatu percakapan, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Suatu sistem komunikasi dibutuhkan agar pesan serta tujuan komunikasi dapat tersampaikan dan tercapai dengan baik.

ads

Hal ini dikarenakan suatu komunikasi yang berlangsung tidak dapat hanya didasarkan pada teknik-teknik komunikasi saja tetapi juga harus memperhatikan faktor penting lainnya melalui suatu sistem komunikasi yang dibangun.

Sama halnya dengan sistem komunikasi dalam perusahaan, sistem komunikasi juga memiliki keberadaan yang penting didalam suatu pembangunan. Oleh sebab itu, berikut ini akan dibahas mengenai sistem komunikasi dalam pembangunan yang perlu anda simak baik-baik.

Untuk memahami suatu sistem komunikasi dalam pembangunan, perlu dipahami pula apa yang disebut sebagai suatu komunikasi pembangunan. Komunikasi pembangunan merupakan suatu aktivitas penyampaian pesan serta tujuan yang mengandung suatu proses perubahan, dimana didalamnya terdapat keinginan akan adanya perubahan besar-besar. Perubahan tersebut dapat menyangkut adanya perubahan sikap, mental, ataupun perubahan tingkah laku setiap individu didalam suatu masyarakat luas.

Proses komunikasi pembangunan sering terjadi dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan kebudayaan. Dimana melalui suatu komunikasi pembangunan diharapkan agar terdapat suatu pembangunan pendidikan yang modern, sehingga pendidikan untuk generasi baru akan lebih baik lagi dan dapat berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Oleh sebab itulah, komunikasi pembangunan juga terkadang menitik beratkan pada adanya makna interaksi dalam lembaga pendidikan, sehingga lingkungan pendidikan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Komunikasi pembangunan dalam lingkungan pendidikan juga tidak lepas dari adanya perubahan dalam lingkungan kebudayaan melalui berbagai bentuk interaksi dalam lingkungan budaya. Hal ini disebabkan karena setiap pendidikan biasanya akan mengarah pada adanya suatu perubahan sikap dan mental yang pastinya tidak dapat dilepaskan dari adanya pengaruh lingkungan kebudayaan.

Dalam proses komunikasi pembangunan sendiri juga terdapat setidaknya tiga sistem komunikasi dalam pembangunan yang didasarkan pada fungsi komunikasi. Ketiga sistem komunikasi dalam pembangunan tersebut adalah:

  • Sub Sistem Organisasi
  • Sub Sistem Komunikasi
  • Sub Sistem Tujuan Perubahan

Berlangsungnya sistem komunikasi dalam pembangunan dapat dipahami melalui ketiga sistem tersebut. Dimana sub sistem organisasi berperan sebagai suatu bentuk ikatan yang dapat berperan dalam pembentukan hubungan komunikasi dan lain sebagainya, sehingga keberadaannya juga penting adanya.

Kemudian melalui suatu sub sistem komunikasi, pesan maupun hubungan yang dibangun akan diolah demi tercapainya suatu sub sistem tujuan perubahan. Dengan kata lain bahwa sub sistem tujuan pembangunan merupakan output dari sistem komunikasi dalam pembangunan.

Dari mekanisme sistem komunikasi dalam pembangunan tersebut juga dapat disimpulkan bahwa output dari komunikasi pembangunan sangat bergantung dari bagaimana proses sub sistem komunikasi berlangsung, dimana pesan dan hubungan yang dibangun diolah.

Selain itu, sistem komunikasi dalam pembangunan juga harus juga melihat bahwa tidak hanya perubahan melalui sistem komunikasi modern saja, tetapi juga terdapat suatu sistem komunikasi tradisional.

Dimana sistem komunikasi tradisional tersebut juga dapat berperan dalam komunikasi pembangunan, seperti adanya landasan komunikasi first-step flow dan second-step flow. Kedua landasan komunikasi tradisional tersebut mengarah pada pentingnya suatu pendapat dari seorang pemimpin dalam upaya melakukan perubahan melalui komunikasi pembangunan.

Penjelasan diatas menandakan bahwa setiap sistem komunikasi baik didalam pembangunan, maupun kegiatan lainnya memang penting adanya. Oleh sebab itulah, sistem komunikasi perlu dibangun dengan baik. Demikian ulasan mengenai sistem komunikasi dalam pembangunan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi