Sponsors Link

Makna Interaksi dalam Lembaga Pendidikan Secara Umum

Sponsors Link

Makhluk sosial memang tidak dapat terlepas dari proses interaksi sosial. Hal ini dikarenakan setiap manusia pasti membutuhkan manusia lainnya untuk bertahan hidup, salah satunya adalah dengan melalui interaksi sosial.

ads

Dimana untuk mengetahui bagaimana cara berinteraksi atau berkomunikasi dengan benar biasanya perlu melalui proses pembelajaran. Salah satunya melalui adanya pendidikan yang dapat membantu pula dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup akan ilmu pengetahuan.

Didalam dunia pendidikan sendiri terdapat lembaga pendidikan yang membantu berlangsungnya proses interaksi belajar mengajar. Lalu apa makna interaksi dalam lembaga pendidikan? Setidaknya ada 5 makna interaksi dalam lembaga pendidikan seperti yang akan dibahas dalam ulasan berikut ini.

Interaksi merupakan suatu hubungan atau komunikasi yang berlangsung antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dengan kelompok. Dimana terdapat suatu hubungan timbal balik didalamnya. interaksi juga berlangsung dalam suatu lembaga pendidikan, dimana terdapat makna interaksi dalam lembaga pendidikan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Interaksi Belajar

Makna interaksi dalam lembaga pendidikan yang pertama adalah mengenai interaksi belajar. Lembaga pendidikan memang berperan penting dalam pengadaan kegiatan pendidikan, salah satunya adanya penciptaan prosedur interaksi belajar.

Artinya adalah interaksi dalam lembaga pendidikan tidak hanya semata sesuai dengan apa yang diharapkan oleh individu saja tetapi harus disesuaikan atau bahkan didesain dan direncanakan dalam mencapai suatu tujuan belajar. Kondisi tersebut sama dengan fungsi komunikasi dalam manajemen pendidikan.

  1. Memiliki Tujuan

Sama seperti proses interaksi atau proses komunikasi yang umumnya berlangsung dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Makna interaksi dalam lembaga pendidikan juga memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu peserta didik mendapatkan pendidikan maupun proses pembelajaran yang sesuai demi perkembangan pola pikir dan tingkah lakunya. Hal ini juga dilakukan melalui suatu interaksi belajar tertentu.

  1. Interaksi Berbatas Waktu

Makna interaksi dalam lembaga pendidikan yang selanjutnya adalah adanya suatu interaksi berbatas waktu. Artinya melalui interaksi didalam lembaga pendidikan dapat tercipta suatu prosedur dimana proses interaksi belajar mengajar harus ditempuh dalam waktu tertentu. Tujuan yang dibentuk pula biasanya harus dapat dicapai dalam waktu tempuh tersebut.

  1. Berhubungan dengan Kedisiplinan

Peran interaksi dalam menyelesaikan masalah kedisiplinan kerja juga berlaku dalam makna interaksi dalam lembaga pendidikan. Dimana interaksi dalam lembaga pendidikan juga berhubungan dengan adanya kedisiplinan yang berlangsung didalamnya.

Artinya bahwa memang dibutuhkan suatu kedisiplinan melalui langkah-langkah tertentu yang harus pula sesuai dengan prosedur tertentu yang telah dibuat.

  1. Peran dalam Interaksi

Makna interaksi dalam lembaga pendidikan yang terakhir adalah bahwa interaksi yang berlangsung dalam lembaga pendidikan memberikan peranan masing-masing terhadap pelaku interaksi. Seperti halnya guru sebagai bagian dalam lembaga pendidikan memiliki peran sebagai pembimbing dalam proses interaksi yang dilakukannya.

Dimana proses interaksi yang dilakukan dapat melalui berbagai macam metode maupun teknik dalam upaya untuk mengarahkan para peserta didik dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Itulah beberapa makna interaksi dalam lembaga pendidikan. Seperti yang telah diketahui bahwa proses interaksi merupakan hubungan sosial yang tidak dapat lepas dalam kehidupan setiap manusia. Oleh sebab itulah makna interaksi dalam lembaga pendidikan juga penting adanya.

Sponsors Link
, , , ,