Sponsors Link

5 Contoh Penerapan Humas Sosial Dalam Masyarakat

Sponsors Link

Humas merupakan singkatan dari hubungan masyarakat dimana diartikan sebagai sesuai proses dalam menciptakan pengertian publik yang lebih baik. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat memperdalam kepercayaan publik baik bagi individu maupun suatu organisasi melalui pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat.

ads

Tujuan dari humas sendiri adalah untuk menciptakan, mempertahankan, memperluas, hingga juga melindungi citra maupun reputasi dari suatu organisasi atau perusahaan. Selain itu humas juga berperan dalam menampilkan cita-cita maupun dalam proses pencapaian tujuan dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

Memiliki tujuan maupun peran yang penting, terdapat pula berbagai macam jenis humas. Salah satu macamnya yang akan dibahas dalam ulasan kali ini adalah Humas Sosial. Humas sosial sendiri merupakan humas yang dibentuk terutama pada berbagai macam organisasi-organisasi sosial yang hadir dalam masyarakat. Biasanya organisasi sosial tersebut juga memiliki peranannya yang signifikan dalam hubungannya dengan masyarakat. Lantas apa saja contoh penerapan humas sosial dalam organisasi sosial tersebut? berikut ini 5 contoh diantaranya:

1 . Humas Penegak Hukum

Contoh penerapan yang pertama adalah adanya humas penegak hukum. Dalam prosesnya, humas penegak hukum memiliki fungsi dan peran untuk mendengarkan dan juga tanggap terhadap kepentingan umum, sehingga para penegak hukum dapat membantu masyarakat dengan baik. Ini juga merupakan bagian dari fungsi humas dalam lembaga pemerintahan. Bahkan dalam menjalankan perannya, humas penegak hukum juga banyak bekerja sama dengan penasihat warga Negara maupun media massa.

Baca juga :

2. Humas Organisasi Keagamaan

Jika diperhatikan, banyak sekali organisasi-organisasi keagamaan yang dibentuk dalam lingkungan masyarakat. Humas organisasi keagamaan memiliki fungsi dan peran yang penting, diantaranya seperti mengurus publikasi, pengumpulan data, hingga juga mengadakan berbagai macam acara dalam masyarakat. Terlebih lagi organisasi-organisasi keagamaan juga mulai menyadari akan pentingnya hubungan atau peran media dalam humas, dimana dapat menjadi jalan dalam mencapai para jamaahnya untuk mempropagandakan doktrin-doktrin dari organisasi keagamaan tersebut.

3. Humas dalam Kepolisian

Humas dalam kepolisian juga merupakan salah satu contoh penerapan dari humas sosial, dimana sebenarnya juga merupakan bagian dari humas penegak hukum. Hal ini disebabkan karena kepolisian selalu menjadi perhatian masyarakat, dimana memiliki hubungan yang erat perannya dengan kaum-kaum minoritas, hak warga Negara, ketertiban umum, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu humas dalam kepolisian memiliki peranan yang cukup signifikan terhadap terciptanya kepercayaan dalam masyarakat terhadap penegak hukum dalam suatu negara sesuai dengan tujuan maupun fungsi dari humas secara umum.

4. Humas Organisasi Sukarela

Selain organisasi keagamaan, banyak juga ditemui organisasi sukarela dalam masyarakat. Peran humas didalam organisasi sukarela sendiri sangatlah penting, dimana berperan dalam menjaga citra dan mencapai tujuan dari organisasi. Beroperasinya suatu organisasi sukarela tidak lepas dari adanya pengumpulan dana, dimana hal ini akan sangat berkaitan dengan citra organisasi dan publikasi dari organisasi itu sendiri.

Oleh sebab itu sama halnya dengan fungsi humas dalam komunikasi pemasaran, peran humas sangat dibutuhkan demi keberhasilan maupun kesuksesan organisasi sukarela dalam masyarakat terutama dalam memasarkan atau mempromosikan organisasinya.

Baca juga :

5. Humas Profesi

Contoh penerapan humas sosial yang terakhir adalah humas profesi. Humas profesi sendiri berkaitan dengan profesi seseorang maupun individu dalam masyarakat. Penerapan humas sosial pada humas profesi sendiri adalah untuk mendapat pengakuan, publikasi, maupun keprofesionalan yang berhubungan dengan apa yang telah dilakukan dan berhubungan dengan kepentingan umum.

Itulah 5 contoh penerapan humas sosial didalam kehidupan suatu organisasi dalam masyarakat. Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa peranan humas lebih mengarah pada adanya publikasi maupun pencapaian kepentingan yang berhubungan dengan publik, demi tercapainya kepercayaan maupun hubungan yang baik dengan masyarakat. Hal ini juga sesuai dengan tujuan komunikasi dalam hubungan masyarakat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Public Relations