Sponsors Link

5 Contoh Penerapan Humas Internasional Secara Umum

Sponsors Link

Pada dasarkan humas internasional timbul disebabkan karena adanya perkembangan kehidupan masyarakat yang begitu cepat di berbagai macam aspek kehidupan. Perkembangan tersebutlah yang kemudian mengarahkan pada terjadinya hubungan yang melibatkan satu negara dengan negara lain. Untuk menjaga hubungan yang terjalin agar tetap baik dan sesuai dengan tujuannya, maka diperlukan humas internasional.

ads

Selain bahasa sebagai alat komunikasi, media komunikasi yang banyak digunakan dalam humas internasional sendiri diantaranya seperti media massa, pers, konferensi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, humas internasional memiliki peranan yang cukup penting dalam segala aspek kehidupan masyarakat secara internasional. Lantas apa saja contoh penerapannya? Berikut ini ada 5 contoh penerapan humas internasional yang paling umum:

1. Dalam bidang politik

Contoh penerapan humas internasional yang pertama dapat dilihat dari bidang politik. Dimana humas internasional banyak berperan dalam kegiatan-kegiatan konferensi tingkat dunia yang melibatkan banyak negara didalamnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan konferensi tersebut maupun untuk menjaga hubungan baik antar negara dalam bidang politik, maka humas internasional diperlukan didalamnya baik sebagai media maupun untuk negosiasi. Tanpa adanya humas internasional, maka peran komunikasi politik dalam hubungan internasional maupun tujuan politik masing-masing negara dalam menjalankan hubungan dengan negara lain akan sulit tersampaikan.

Baca juga :

2. Dalam bidang pariwisata dan budaya

Bidang pariwisata juga menjadi salah satu aspek yang menjanjikan bagi masyarakat internasional. Tidak hanya bidang pariwisata saja, namun juga dilengkapi dengan bidang budaya, mengingat terdapat kaitan antara komunikasi dan budaya.

Dimana saat ini juga banyak kegiatan-kegiatan pertukaran pertunjukan budaya antar negara. Hal ini tentunya juga tidak dapat lepas dari peranan humas internasional didalamnya. Budaya juga menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata suatu negara, oleh sebab itu kedua bidang ini berkaitan erat satu sama lain.

3. Dalam bidang pendidikan

Selain bidang pariwisata dan budaya, humas internasional juga berperan dalam bidang pendidikan. Perannya sendiri dapat dilihat dari kegiatan seperti pertukaran pelajar, pertukaran tenaga ahli antara satu negara dengan negara lain, dan masih banyak kegiatan pendidikan lainnya.

Bahkan saat ini juga banyak kegiatan konferensi mahasiswa internasional yang diselenggarakan di berbagai negara secara bergantian. Oleh sebab itu, menjaga hubungan antar negara tetap dalam kondisi baik penting dilakukan terutama juga atas peran humas internasional.

4. Dalam bidang ekonomi

Humas internasional juga berperan penting dalam bidang ekonomi, seperti adanya kegiatan ekspor dan impor. Tanpa adanya humas internasional maka kegiatan pertukaran baran maupun jasa antar negara akan sulit terlaksana.

Mengapa demikian? Karena ketika tidak terdapat humas internasional maka kerjasama antar negara juga tidak bisa terjalin. Ketika tidak ada kerjasama antar negara maka tidak ada hubungan maupun kegiatan yang dapat dilakukan bersama. Hal ini juga erat kaitannya dengan fungsi humas dalam komunikasi pemasaran antar negara.

Baca juga :

5. Dalam bidang komunikasi

Contoh penerapan humas internasional yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah dalam bidang komunikasi. Perkembangan komunikasi yang semakin maju dalam waktu yang cukup singkat menjadikan komunikasi antar negara menjadi lebih mudah dilakukan.

Bahkan hal ini juga berpengaruh terhadap batas-batas negara. Oleh sebab itu, humas internasional juga berperan penting dalam komunikasi internasional agar tetap dalam batas-batas negara maupun aturan-aturan setiap negara.

Itulah dia 5 contoh penerapan humas internasional. Dari beberapa contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa humas internasional berperan aktif dalam berbagai macam aspek kehidupan yang menyangkut masyarakat internasional. Selain itu juga berperan dalam menjaga hubungan baik antar negara. Demikian informasi terkait peranan humas secara umum, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Public Relations