Sponsors Link

6 Kaitan Antara Komunikasi dan Budaya

Sponsors Link

Komunikasi dan budaya merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Ibarat sekeping mata uang logam komunikasi dan budaya masing-masing berada pada kedua sisi uang logam dimana keduanya saling mempengaruhi dan tidak bisa dipisahkan.

ads

Sebelum melihat lebih lanjut mengenai kaitan atau hubungan antara keduanya mari kita lihat dulu apa itu yang disebut dengan komunikasi dan apa pula yang dimaksud dengan budaya.

Kebanyakan orang pasti sudah sering mendengar kedua istilah ini berikut dengan pengertiannya. Ada begitu banyak pendapat dan definisi mengenai kedua hal ini .

Kita dapat memahami komunikasi sebagai bentuk hubungan dan penyampaian informasi baik antar perorangan ataupun kelompok. Komunikasi akan menghubungkan individu satu dengan lainnya sehingga terjadi perpindahan informasi. Jika apa yang ingin disampaikan si A dapat dipahami dengan baik oleh si B maka telah terjadi komunikasi yang baik antara keduanya.

Sementara budaya menunjukkan hasil cipta, pemikiran, perasaan, dan karsa yang bersifat kompleks dan mencakup berbagai sendi kehidupan seperti keyakinan, pengetahuan, kebiasaan, dan lain sebagainya.

Apa yang anda yakini, apa yang anda anggap baik atau salah, bagaimana cara anda menjalankan kehidupan merupakan bentuk kebudayaan. Misalnya budaya orang minang dimana garis keturunan diambil dari pihak ibu sementara budaya orang jawa justru mengambil garis keturunan dari pihak ayah.

Lalu apa dan bagaimana kaitan antara komunikasi dan budaya? Berikut 6 kaitan antara komunikasi dan budaya yang perlu anda ketahui:

1. Saling mempengaruhi satu sama lain

Budaya dipengaruhi oleh komunikasi dan sebaliknya komunikasi juga terpengaruh oleh budaya. Lihat saja bagaimana kita dapat dengan mudah menebak daerah asal seseorang dari caranya berkomunikasi.

Misalnya logat yang digunakan dimana logat orang minang dapat dengan mudah dibedakan dengan logat orang batak. Meskipun mereka menggunakan bahasa Indonesia baku sekalipun kita dapat dengan mudah membedakannya.

2. Komunikasi sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya ke ranah yang lebih luas

Kaitan antara budaya dan komunikasi selanjutnya adalah peran penting komunikasi dalam memperkenalkan suatu kebudayaan ke ranah yang lebih luas.

Dengan ini suatu kebudayaan dapat dikenal oleh masyarakat lain yang berbeda budaya. Tanpa adanya komunikasi bagaimana mungkin kita dapat mengenalkan budaya kita pada kelompok masyarakat lainnya yang berbeda budaya.

3. Komunikasi akan membantu melestarikan suatu kebudayaan

Dengan diperkenalkannya suatu kebudayaan ke ranah yang lebih luas akan turut memelihara kelestarian budaya tersebut. Akan lebih banyak orang yang mengenal dan tertarik mempelajarinya. Tidak jarang suatu budaya harus punah dan menghilang karena kurang dikenal sehingga ketika warganya tidak sanggup beradaptasi maka kebudayaan tersebut ikut punah atau hilang.

Sponsors Link

4. Budaya merupakan sarana orang-orang untuk belajar berkomunikasi

Perbedaan budaya antara seseorang dan yang lainnya mendorong orang-orang untuk saling berkomunikasi. Bagaimana mereka saling memahami dan mengenal budaya yang berbeda mulai dari cara hidup, filosofi kehidupan, bahasa, dan lain sebagainya.

5. Budaya menentukan bagaimana cara dan pola komunikasi

Budaya yang berbeda akan menciptakan pola komunikasi yang berbeda pula sehingga anda dapat dengan mudah mengetahui budaya seseorang dari cara ia berkomunikasi. Baik pola komunikasi pribadi maupun pola komunikasi dalam komunitas. Mulai dari bahasa yang digunakan, logat, dan lain sebagainya.

6. Komunikasi sebagai sarana untuk menyesuaikan diri dengan budaya lain

Komunikasi juga berkaitan erat dengan budaya dimana berperan sebagai sarana untuk menyesuaikan diri dengan budaya lain. Melalui komunikasilah kita dapat mengenal dan menyesuaikan diri dengan orang-orang yang berbeda budaya. Bagaimana cara menyapa, apa yang dianggap sopan dan apa yang tidak, dan lain sebagainya.

Dapat kita lihat bahwa ada kaitan yang erat antara budaya dan komunikasi dimana keduanya tidak bisa dipisahkan dan saling mempengaruhi. Budaya menentukan bagaimana komunikasi sementara komunikasi menjadi sarana untuk memperkenalkan, mewariskan, dan melestarikan kebudayaan. Selain itu komunikasi juga menjadi sarana untuk mengenal budaya lain.

Sponsors Link
, , , ,