Sponsors Link

13 Peran Media Dalam Humas Paling Penting

Sponsors Link

Humas atau yang lebih dikenal sebagai publik relation merupakan wajah bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Secara lebih luas humas merupakan usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang  baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. Humas merupakan kunci terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi. Sebab, humas atau publik relation merupakan bagian yang harus menghubungkan antara mereka yang berada di luar organisasi dengan apa yang ada di dalam organisasi sebagaimana penyebab kecemasan organisasi dalam komunikasi .

ads

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, dimana masyarakat atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan, maka peran humas sangat penting sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di perusahaan, pemerintahan maupun organisasi lainnya, dengan cara yang baik dan benar agar dapat diterima publik sebagaimana dalam macam-macam komunikasi kelompok . Keberadaan humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra dan komunikasi mutual benefit relationship.

Untuk berkomunikasi dengan publik, Humas juga mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial ataupun dengan menyediakan informasi mengenai perkembangan organisasi terkini sebagaimana tujuan media dalam komunikasi massa . Tidak hanya itu, Humas perlu juga menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin menyampaikan keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan organisasi. Berikut akan di rangkum mengenai 13 Peran Media Dalam Humas paling penting.

1. Sebagai Penyampai Informasi yang Efektif

Media dapat membantu huma untuk menyampaikan informasi dengan lebih efektif. Misalnya dengan penggunaan media sosial maka seorang humas akan dapat menyampaikam info dalam skala yang lebih luas sebagaimana media komunikasi modern . Sehingga informasi akan sampai kepada lebih banyak  orang. Dengan begitu hal ini sekaligus dapat membantu mengurangi biaya operasional . Tentunya memberikan informasi melalui media sosial akan lebi efektif serta dampak yang ditimbulkan juga semakin besar.

2. Menjadikan Informasi Lebih Kreatif

Banyak orang yang merasa ridak tertarik terhadap ingormasi yang baik bentuk ataupun kata-kata yang digunakan sudah umum atau bisa dibilang biasa saja. Oleh sebab itu, media hadir untuk bisa membuat informasi yang humas sampaikan menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan membuatnya berbeda dengan apa yang sudah ada secara umum. Untuk itu, anda diharuskan untuk dapat melakukannya dengan kreatif inilah yang kemudian akan menjadi nilai tambah anda sebagai humas.

3. Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat

Humas memiliki tugas utama untuk membuat masyarakat tertarik kepada informasi mengenai perusahaan atau organisasi. Dalam hal ini, media membantu humas untuk dapat menarik pehatian masyarakat mengenai informasi organisasi atau perusahaan dalam komunikasi kepemimpinan . Sehingga tentunya jika mereka tertarik maka akan bernilai positif bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan atau organisasi.

4. Menyampaikan Informasi Secara Lebih Luas

Sebagaimana dijelaskan dalam poin sebelumnya. Media yang digunakan oleh humas akan membantu dalam menyebarkan informasi dalam skala yang lebih luas dalam rangka penyebab keberhasilan dalam komunikasi  . Sehinga tentunya penyebaran informasi juga akan semakin luas. Tentunya hal ini akan membuat semakin banyak orang yang tahu dengan waktu yang relatif singkat.

5. Forum Promosi Paling Praktis

Media merupakan tempat para humas untuk dapat menonjolkan citra perusahaan atau organisasi. Salah satunya adalah dengan promosi jenis atau produk yang dihasilkan. Promosi yang paling efektif sekaligus murah dapat dilakukan melalui media masaa seperti juga media sosial. Dengan semakin banyak dan bervariasinya jenis media sosial yang ada maka anda akan memiliki pilihan yang lebih luas dalam menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Sponsors Link

6. Murah, Praktis dan Efisien

Media merupakan sesuatu yang dinilai lebih murah praktis dan efisien ketimbang iklan atau baliho yang dipasang. Bahkan penggunaan media terutama media massa dan media sosial dapat memberikan kontribusi bagi citra humas sebagai bagian dari proses komunikasi efektif . Seiring dengan perkembangan zaman maka tidak efektif lagi menggunakan brosur atau postur. Namun, orang-orang lebih suka berselancar melalui internet sehingga inilah yang harus diikuti.

7. Menyajikan Fakta dengan lebih Menarik

Informasi yang lebih menarik akan bisa membuat orang-orang menjadi lebih tertarik bahkan hanya untuk sekedar membacanya. Sebab, dalam dunia kehumasan menarik perhatian masyarakat merupakan sesuatu yang sulit didapatkan. Oleh sebab itu, media memegang perang pentinh dalam membantu humas untuk menjadikan informasi menjadi lebih menarik dalam pola komunikasi organisasi  . Dengan demikian maka anda bisa menaruk minat sekaligus daya tari mereka untuk masuk dan lebih mengenai mengenai organisasi atau perusahan yang humas wakili.

8. Mengembangkan Kreatifitas

Humas dituntut untuk mengedepankan kreatifitasnya. Sebab inilah yang membuat citra dan nama perusahaan berbeda. Semakin kreatif maka hasilnya juga akan semakin unik, tentunya inilah yang menjadi nilai jual dan nilai tambah bagi citra positif pwrusahaan atau organisasi. Media memberikan ruang yang seluas luasnya bagi para humas dalam mengembangkan kretifitasnya dengan demikian mereka akan bisa menghasilkan informasi yang bisa menciptakan cintra baru yang lebih positif dan kuat.

9. Menjadikan Info Lebih Berkualitas

Perusahaan atau organisasi yang besar biasanya memiliki tenaga ahli humas yang berkualitas . Hal ini berkaitan dengan kualitas informasi yang dihasilkan dalam komunikasi organisasi  . Pastinya media juga memegang peran untuk bisa melatih kulaitas informasi yang disampaikan oleh humas. Sebagai bagian dari perusahaan dan merupakan wakil dari perusahaan secara fungsinya media dan hukas bersinergi dalam menciptakan informasi yang berkualitas.

ads

10. Lebih Terlihat Profesional

Media membuat humas terlihat lebih profesional. Sebab, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi pengguasaan terhadap media membuat kinerja humas lebih efisien dalam proses komunikasi dalam organisasi . Mereka tidak perlu lagi melakukan promosi jadul seperti menyebar flayer atau brosur. Kini cukup melalui jaringan internet anda sudah bisa membuat iklan yang menarik. Selain itu, biaya yang dipatokpun tidak sebesar ketika anda memakai jasa iklan seperti di televisi. Tentunya hal ini akan sangat memberi trend positif terhadap kinerja humas.

11. Sarana Publikasi

Humas memiliki tugas dalam mempublikasikan seluruh informasi yang dapat menaikkan citra perusahaan atau organisasi. Dalam hal ini, kinerja humas dibantu oleh adanya media dalam contoh komunikasi tidak efektif . Dengan adanya media maka publikasi akan berlangsung dengan lebih efektif sekaligus juga lebih efisien. Media juga menjadi sara publikasi yang paling murah dan tentunya menarik perhatian banyak orang.

12. Menciptakan Citra Positif

Media akan membantu humas untuk melakukan tugasnya dengan baik. Dimana tugas utamanya humas adalah menciptakan citra positif bagi perusahaan atau organisasi. Tentunya dengan adanya media maka tugas humas akan menjadi lebih mudah dan efektif. Sebab dengan adanya media maka humas akan lebih dimudahkan dalam pekerjaannya.

13. Mengembangkan Bisnis

Sebuah perusahaan atau organisasi tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan usaha atau organisasinya sebagai cara berkomunikasi dengan baik . Oleh sebab itu, salah satu cara dalam mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengggunakan media sebagai alat yang digunakan humas untuk dapat mengembangkan bisnis yang digeluti perusahaan atau organisasi. Pastinya hal ini memberikan hasil dan trend yang positif bagi perkembangan perusahaan.

13 Peran Media Dalam Humas paling penting. Tentunya dapat mencover atau membantu dalam memeprmudah pekerjaan utama para publik relation. Sehingga tujuan kegiatan humas akan bisa tercapai dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi